5 Rekomendasi Buku Mindfulness yang Bantu Kamu Lebih Bahagia

5 Rekomendasi Buku Mindfulness yang Bantu Kamu Lebih Bahagia

Kurotekno.com – Saat ini, mindfulness merupakan salah satu topik buku nonfiksi paling populer. Berbagai buku memang dapat menjadi panduan jika kamu ingin mulai mempraktikkan gaya hidup tersebut.

Istilah mindfulness menjadi sangat populer karena berkaitan dengan kesehatan mental. Kesadaran semacam itu memang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk urusan kerja.

Nah, jika kamu tertarik kepadanya, berikut lima rekomendasi buku tentang mindfulness dari Glints.

Rekomendasi Buku Mindfulness

1. Filosofi Teras (2018): Henry Manampiring

© Kompas.id

Filosofi Teras adalah salah satu buku yang mendapatkan penghargaan Book of The Year pada Indonesia International Book Fair 2019.

Ditulis oleh Henry Manampiring, buku ini menjelaskan tentang stoisisme, atau yang dalam buku ini diistilahkan sebagai filosofi teras.

Stoisisme adalah salah satu bentuk filsafat asal Yunani yang memfokuskan pada kehidupan yang selaras dengan alam.

Melalui buku ini, Henry menjelaskan bagaimana cara menjalani hidup berdasarkan prinsip-prinsip sotisisme.

Bahasa yang digunakan Henry dalam buku ini sangat mudah dipahami, sehingga kamu dapat dengan mudah menerapkan prinsip-prinsip tersebut.

2. Zen Habits: Handbook For Life (2008): Leo Babauta

© Shiramedia.com

Zen Habits awalnya adalah sebuah blog yang dikelola oleh Leo Babauta, seorang penulis asal California. Melalui blog tersebut, Babauta membagikan berbagai pengalamannya seputar mindfulness.

Pengalaman tersebut kemudian ia satukan menjadi sebuah buku yang diberi judul Zen Habits: Handbook For Life.

Buku ini cukup tipis, hanya sekitar 140 halaman. Dalam buku tersebut, Leo memberikan berbagai tips dan trik untuk menjalani hidup secara mindfulness.

3. 10% Happier: How I Tamed the Voice in My Head, Reduced Stress Without Losing My Edge, and Found Self-Help That Actually Works (2014): Dan Harris

© Tenpercent.com

Dan Harris adalah seorang presenter yang dikenal sebagai pemandu acara Good Morning America. Harris juga memandu podcast yang diberi nama yang sama dengan bukunya, 10% Happier Podcast.

Melalui buku 10% Happier, Harris membagikan pengalamannya dalam memahami dan mempraktikkan mindfulness.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Harris dalam memahami mindfulness setelah mengalami serangan panik saat siaran langsung untuk acara yang dipandunya.

Kamu akan menemukan buku ini sangat mirip dengan apa yang kamu alami dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini karena Harris bukanlah seorang ahli mindfulness, sehingga apa yang ditulisnya merupakan pengalaman pribadi yang mungkin juga dialami oleh orang lain.

4. Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi (2020): Desi Anwar

© Gramedia.com

Rekomendasi buku tentang mindfulness berikutnya adalah Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi.

Seperti namanya, buku ini membahas tentang bagaimana menjalani kehidupan di tengah banyaknya distraksi akibat teknologi.

Desi Anwar menjelaskan dalam sudut pandangnya bagaimana media dan teknologi dapat membuatmu tidak memperhatikan apa yang sedang terjadi di sekitar.

Melalui bahasanya yang sederhana, Desi mengajakmu untuk melakukan refleksi diri. Pengalaman-pengalaman yang dialami Desi dapat dijadikan bahan renungan dalam menjalani keseharian.

Buku ini sangat bermanfaat terutama untuk kamu yang ingin mulai melakukan social media detox atau sekedar mengurangi penggunaan media sosial atau smartphone.

5. Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones (2018): James Clear

© Amazon.com

Seperti judulnya, Atomic Habits berfokus pada kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat mengubah hidup kita.

Pada buku ini, James Clear memberikan berbagai panduan untuk memulai kebiasaan-kebiasaan baru serta mengurangi berbagai kebiasaan burukmu.

Melalui buku ini, Clear juga mengajarkanmu untuk mengasah kemampuan mengambil keputusan. Hal ini meliputi keputusan sederhana yang biasa kamu temukan setiap hari, hingga keputusan-keputusan besar yang mempengaruhi hidup.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melakukan self improvement, atau sekedar mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk.

Selain kelima buku di atas, sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkan mindfulness.

Secara khusus, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi seputar mindfulness dari Glints, lho.

Melalui newsletter Glints, kamu akan mendapatkan berbagai informasi terkini yang Glints pilihkan setiap minggunya langsung ke inbox-mu.

Yuk, langganan sekarang dan dapatkan beragam informasi bermanfaat untukmu!

Sumber

    Filosofi Teras-Goodreads

    Zen Habits

    10% Happier: How I Tamed the Voice in My Head, Reduced Stress Without Losing My Edge, and Found Self-Help That Actually Works-Goodreads

    Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi-Goodreads

    Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones-Goodreads

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: