Apa Itu Media Intelligence dan Mengapa Penting?

Apa Itu Media Intelligence dan Mengapa Penting?

Kurotekno.com – Bagi beberapa orang penggunaan istilah media intelligence mungkin sudah tidak asing lagi, apalagi para penggiat ilmu komunikasi seperti public relationship. Didalam perkembangan teknologi sekarang ini media intelligence memegang kunci yang cukup penting untuk memantau berbagai isu yang sedang berkembang atau menjadi tren. Kehadirannya memberikan kemudahan untuk siapa saja pihak yang ingin mengelola reputasi diri ataupun perusahaan yang sudah dimiliki. Lalu, seperti apa media intelligence tersebut dan kenapa penting?

Perlu diketahui terlebih dahulu, media monitoring sendiri merupakan sebuah proses pemindahan informasi public pada media cetak atau bisa pula media digital dengan cara mencari kata kunci atau topic pembahasan tertentu. Lebih detailnya lagi bisa dikatakan sebuah sistem yang akan digunakan sebagai proses membaca, mendengar, ataupun melihat dari berbagai sudut pandang pemberitaan media atau postingan pada sebuah sosial media. Data tersebut bisa berupa konten media yang dapat dihasilkan lalu di analisa dan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan dari topic tertentu.

Media intelligence sendiri cukup penting untuk mendukung berbagai perkembangan dalam dunia usaha bisnis. Ada beberapa pihak yang diuntungkan ketika memutuskan menggunakan metode tersebut dalam menganalisis tren saat ini. Beberapa tersebut, diantaranya:

    Para startup dan para usaha kecil menengah atau lebih dikenal dengan UKM.

    Perusahaan besar dengan manager marketing professional.

    Kelompok advokasi, asosiasi sampai dengan sektor nirlaba.

    Agen komunikasi dan humas pemerintahan serta administrasi public.

Nah, dari pengertian dan penjelasan sedikit seperti diatas tentu bisa disimpulkan seberapa penting dari media monitoring tersebut. Dimana memang memiliki peranan yang cukup penting, bukan hanya dari sektor perusahaan saja tetapi juga para pemerintahan. Karena dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan dan langkah terbaik kedepan seperti apa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan media intelligence yaitu:

1. Mengelola reputasi brand perusahaan.
Keberhasilan suatu produk di masyarakat pasti dipengaruhi oleh citra merek, tentu ini juga menjadi kunci keberhasilan atau kegagalan. Jadi media ini difungsikan sebagai pendeteksi perkembangan isu yang ada pada suatu brand produk tertentu. Dimana isu yang sangat prioritas perlu penanganan untuk meminimalisir masalah kedepan.

2. Memahami market.
Pemantauan yang dilakukan dengan media sudah pasti akan memberikan keuntungan dimana mendapatkan informasi yang jelas terkait apa yang diperlukan oleh pasar. Bagaimana perilaku konsumen sampai dengan sumber informasi seperti apa yang terpercaya.

3. Manajemen krisis.
Melalui media intelligence tersebut secara langsung bisa melacak hal tersebut dan membantu memberikan pemahaman mengenai tindak lanjut atau respon yang tepat seperti apa.

4. Memprediksi tren terkini dan masa depan.
Setelah Anda mengetahui apa informasi yang sedang tren saat ini, sudah jelas akan lebih mudah untuk memprediksi tren yang akan berkembang kedepannya. Apalagi dengan menggunakan tools yang cukup membantu segala bentuk pemantauan.

5. Menganalisis popularitas dan pengembangan produk.
Anda juga bisa lebih mengenal produk yang sedang populer seperti apa dan pengembangan produk seperti apa yang harus dilakukan. Semua itu tentu hanya memiliki satu tujuan sama, memenangkan pasar dan paham akan kebutuhan masyarakat.

Diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak alasan media intelligence itu penting untuk dilakukan. Setelah percaya akan manfaat yang didapatkan secara otomatis Anda akan lebih mudah untuk mengetahui isu yang sedang panas, trending, viral di media. Jadi pengguna bisa dengan memasukkan keyword saja untuk mendapatkan pencarian yang sesuai dengan topic yang berkembang. Secara singkat akan memberikan gambaran dari situasi yang dialami pada pasar saat ini.

KOMPASIANA ARENA

    Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 100 Ragam Batik Nusantara

Survei Pembaca Kompasiana 2022 Berhadiah 1 Juta Rupiah!

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 100 Ragam Batik Nusantara

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: