Berencana Terbang ke Turki? Intip Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Khasnya Berikut Ini

Berencana Terbang ke Turki? Intip Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Khasnya Berikut Ini

Kurotekno.com – Sampai saat ini Turki masih menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia. Bukan tanpa alasan mengingat Turki memiliki paket wisata komplet mulai dari keindahan panorama alam, wisata sejarah dan budaya, sampai kuliner yang menggugah selera.

Meski Turki sempat menutup kunjungan dari wisatawan internasional akibat pandemi COVID-19, kini Turki telah bersedia menerima turis asing, termasuk turis dari Indonesia.

Sebelum menyusun jadwal perjalanan, baca dulu rekomendasi tempat wisata dan makanan khas populer yang ada di Turki berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Turki

Sambil mencari maskapai penerbangan yang pas, simak deretan objek wisata populer Turki di bawah.

1. Cappadocia

Penasaran dengan sensasi terbang di langit Turki menggunakan balon udara? Kalau iya, Anda bisa memasukkan Cappadocia ke daftar tempat yang wajib dikunjungi. Cappadocia memang terkenal dengan atraksi balon udaranya. Saking banyaknya balon udara yang beterbangan di langit Cappadocia, pemandangan di kota ini pun terasa unik sekaligus memesona.

Tak hanya tentang balon udara, Cappadocia juga memiliki ciri khas lain yaitu pesona lanskap bebatuannya yang mampu menimbulkan decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Pemandangan cantik inilah yang akan Anda nikmati ketika terbang dengan balon udara.

2. Gunung Nemrut

Objek wisata unik di Turki selanjutnya adalah Gunung Nemrut yang berlokasi di Provinsi Adiyaman. Tak jarang, puncak Gunung Nemrut ini disebut sebagai salah satu kawasan paling ikonik di Turki. Lalu, apa yang membuat popularitas Gunung Nemrut begitu tersohor di kalangan wisatawan?

Sejak 1987, Gunung Nemrut terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pada puncak Gunung Nemrut Anda akan melihat reruntuhan patung yang mayoritas menampilkan bagian kepala. Konon patung-patung yang ada di sini merupakan gambaran dewa-dewa yang disembah selama Dinasti Commagene di bawah pimpinan Raja Antiochus I.

Satu hal yang sering dilakukan wisatawan ketika mengunjungi Gunung Nemrut adalah berburu sunrise. Ya, pemandangan matahari terbit di kawasan ini memang tiada duanya.

3. Taksim Square dan Jalan Istiklal

Jika ingin merasakan bagaimana hiruk pikuk kota Istanbul, Turki, Anda bisa pergi ke Taksim Square. Bisa dibilang bahwa kawasan ini merupakan pusat perpaduan budaya dari jutaan pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia.

Tak jauh dari Taksim Square, Anda akan menemukan Jalan Istiklal sebagai jalan paling legendaris di Istanbul. Deretan bangunan bergaya Eropa Klasik menjadi daya tarik utama dari Jalan Istiklal.

Meski bangunan di Jalan Istiklal sudah ada sejak abad ke 20, namun sampai sekarang kondisinya masih terawat bahkan telah beralih fungsi sebagai restoran dan pertokoan. Menariknya lagi, jalan ini juga dilintasi oleh jalur trem sehingga semakin menambah kesan klasik.

4. Grand Bazaar

Jalan-jalan ke Turki, tak lengkap dong kalau tidak membawa oleh-oleh saat pulang. Kalau ingin berburu pernak-pernik khas Turki, satu lokasi yang tidak bisa dilewatkan adalah Grand Bazaar.

Grand Bazaar disebut sebagai pasar tertua di dunia karena usianya lebih dari 500 tahun. Kabarnya, pernak-pernik yang dijual di lokasi ini memiliki harga yang terjangkau dengan pilihan barang yang beraneka ragam.

Ada hiasan keramik, lukisan, karpet khas Turki, barang antik, sulaman, sampai rempah-rempah pun bisa Anda temukan di sini. Tinggal pilih deh, kira-kira benda mana yang pas untuk dijadikan buah tangan.

5. Kota Selcuk

Rekomendasi tempat wisata di Turki yang terakhir adalah Kota Selcuk. Di kota ini, wisatawan akan menemukan banyak situs bersejarah yang menarik untuk dieksplorasi. Di antaranya adalah Grand Theater Ephesus, Kuil Artemis, dan situs Perpustakaan Celcus yang akan mengajak Anda melihat kembali kondisi di Zaman Romawi.

Selain itu, kota ini juga menampilkan situs bersejarah yang berkaitan erat dengan keagamaan seperti Meryem Ana Evi. Rumah bergaya Romawi ini diyakini sebagai rumah terakhir Bunda Maria—ibunda dari Yesus.

Untuk wisatawan muslim, Anda bisa melakukan tur ke Masjid Isa Bey yang menjadi masjid tertua di Turki.

Kuliner Khas Turki yang Wajib Dicicipi

Di samping mengunjungi tempat-tempat di atas, Anda juga bisa berburu kuliner khas Turki seperti:

1. Baklava

Baklava merupakan kuliner pastry khas Turki yang terbuat dari campuran tepung terigu dan campuran kacang seperti almond, kacang kenari, dan pistachio. Untuk menambah rasa manis pada kue, Baklava kemudian ditambahkan dengan sirop, madu, serta gula bubuk.

Perpaduan tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih sekaligus manis membuat Baklava begitu nikmat ketika disantap.

2. Kunefe

Masih bicara mengenai camilan manis, Turki juga punya sajian lain bernama Kunefe. Ketika dimakan Kunefe akan memberikan rasa legit dari sirop dan gurih dari lelehan keju yang keluar ketika roti dipotong. Untuk menyempurnakan rasa, Kunefe biasanya disajikan bersama topping berupa krim, potongan kacang pistachio, atau es krim.

3. Boza

Kalau Indonesia punya Wedang Ronde, Turki memiliki Boza sebagai minuman yang mampu menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba. Boza merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari campuran nasi, gula, bulgur, air, ragi, dan malt. Sebelum disajikan, Boza akan ditambahkan buncis panggang dan bubuk kayu manis untuk menambah cita rasa.

4. Kofte

Pilihan kuliner yang terakhir adalah Kofte. Kofte sendiri terbuat dari campuran daging kambing dan sapi yang digiling dan diolah kembali menjadi sate, bola-bola daging, atau patty untuk isian burger.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: