Bingung Memilih Menu Sahur saat WFH? Ini 5 Pilihan Untukmu

Bingung Memilih Menu Sahur saat WFH? Ini 5 Pilihan Untukmu

Kurotekno.com – Menu sahur saat WFH mungkin akan berbeda dengan menu-menu yang biasanya kamu makan sehari-hari.

Saat sahur, kamu mungkin masih sedikit mengantuk untuk memasak. Di sisi lain, kamu butuh asupan makanan yang cukup saat sahur, sehingga tetap bisa menjaga pola makan saat WFH.

Nah, Glints memberikan pilihan makanan yang cocok untuk menu sahur saat WFH.

1. Tumis Sayur-sayuran

© Freepik

Salah satu menu yang mudah dan bisa kamu kreasikan sebagai menu sahur saat WFH adalah tumisan sayur.

Kamu tinggal memilih sayur apa yang ingin kamu tumis. Misalnya, sayuran hijau atau taoge.

Sesuaikan bumbu dengan preferensimu, atau ikuti resep-resep yang tersedia di YouTube. Contoh resepnya adalah resep capcay dari Chef William Gozali.

Dilansir dari Alodokter, sayur yang kaya serat akan membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu lebih tahan lapar selama berpuasa sehari saat kerja di rumah.

Untuk mempermudahmu menambah asupan protein, kamu bisa menambahkan tumisan sayurmu dengan bakso atau daging ayam.

2. Kreasi Telur

© Unsplash

Telur adalah salah satu protein yang sangat mudah diolah, mudah disimpan, dan murah. Oleh karena itu, pilih telur sebagai alternatif menu mudah sahur.

Jik kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu sahur saat WFH, kamu bisa melakukan apapun dengan telur. Telur bisa digoreng dan ditambah kecap, direbus, diolah menjadi omelette, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa membuat kombinasi menu telur dengan sumber protein mudah dan murah lainnya, seperti tahu.

Kontestan MasterChef Indonesia sekaligus ibu rumah tangga penulis buku resep, Devina Hermawan, memiliki resep olahan tahu dan telur yang sangat mudah kamu olah di rumah

3. Pilih Makanan Berkuah

© Unsplash

Beberapa orang merasa bahwa jam sahur di Indonesia terlalu pagi. Oleh karena itu, saat sahur, nafsu makan mereka tidak tinggi.

Kalau kamu adalah salah satunya, coba pilih menu sahur berkuah saat WFH.

Makan makanan berkuah yang tinggi kandungan air, dapat membantumu mengunyah dan menelan meski nafsu makanmu sedang rendah.

Makanan berkuah tak melulu sayur. Dikutip dari Hai Bunda, kamu bisa mengolah protein menjadi makanan berkuah, misalnya salmon kuah asam.

Kamu juga bisa memilih masakan nusantara seperti soto atau bakso.

Selain memudahkanmu makan, makanan berkuah juga lebih mudah dihangatkan. Kamu bisa memasak malam sebelum kamu tidur, dan hanya tinggal merebus kembali masakanmu saat bangun untuk sahur.

4. Menu dari Rice Cooker

© Unsplash

Kalau kamu tinggal di kos sendirian, mungkin sulit untuk memasak pagi-pagi sebelum sahur. Memasak menggunakan rice cooker adalah solusinya.

Kamu bisa memasak beragam menu olahan nasi. Kamu bisa menambahkan daging dan bumbu-bumbu sebagai tambahan lauk dan rasa.

Chef Yuda Bustara memiliki resep nasi ayam rice cooker. Resep ini sudah terdiri dari nasi, protein, dan sayuran, sehingga kamu tidak perlu memasak lauk dan sayur secara terpisah.

Dilansir dari Popmama, selain nasi, kamu juga bisa memanfaatkan rice cooker untuk membuat sup atau makanan berkuah lainnya.

5. Manfaatkan Stock Freezer

© Pexels

Menu sahur saat WFH tentu harus praktis, karena kamu baru saja bangun tidur selepas kerja kemarin.

Nah, kamu bisa memilih untuk mengolah makanan siap masak, seperti frozen chicken nuggets, sayur-sayuran beku, dan lain-lain.

Kalau kamu ingin masak untuk WFH sendiri, kamu bisa membuat stok makanan beku sendiri saat memiliki banyak waktu. Misalnya, saat akhir pekan.

Masaklah makanan siap kukus atau goreng, lalu simpan di freezer untuk seminggu. Saat sahur, kamu tinggal mengukus atau menggorengnya.

Itu dia 5 tips untuk menyiapkan menu sahur saat WFH. Jika kamu mau berbagi tips-tips berpuasa saat WFH dengan sesama profesional soal lainnya, kamu bisa bergabung dengan Komunitas Glints. Yuk, daftar sekarang!

Sumber

    Menu Sahur: Salmon Kuah Asam, Segarnya Bikin Lahap Makan

    5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain untuk Memasak Nasi

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: