Kurotekno – Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah nomor IMEI, apalagi jika kamu akrab di dunia smartphone. Namun, apa IMEI sebenarnya dan bagaimana cara cek nomor IMEI HP dan iPhone terdaftar atau tidak? Pada artikel kali ini kurotekno akan memberikan ulasannya.

Pengertian Nomor IMEI HP dan iPhone

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang ada pada sebuah smartphone. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 yang berguna untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya.

Urutan nomor tersebut dapat kamu gunakan untuk memberikan berbagai informasi HP atau iPhone yang kamu miliki. Mulai dari mana asal HP, nomor model HP, sampai pabrikannya. Ringkasnya, IMEI merupakan identitas resmi pada HP kamu.

Nomor IMEI juga digunakan oleh suatu jaringan GSM dengan tujuan mengidentifikasi perangkat, namun bisa juga untuk memblokir HP yang telah hilang atau tercuri supaya tidak tersambung ke jaringan GSM lagi.

Fungsi Nomor IMEI HP dan iPhone

Di Indonesia nomor IMEI dapat digunakan untuk mencegah penggunaan ponsel black market (BM) yang biasanya terimpor secara ilegal. Berikut fungsi nomor IMEI HP dan iPhone lainnya.

  • Mengecek Garansi

Fungsi nomor IMEI pertama yaitu untuk mengecek garansi yang ada pada HP atau iPhone milikmu. Hal ini sangat penting karena berpengaruh pada pembelian HP baik online atau offline. Dengan adanya nomor ini, kamu dapat mengecek dulu apakah HP dalam kondisi baru atau tidak.

  • Mengetahui Identitas HP dan iPhone

Selanjutnya, dengan nomor IMEI ini bisa mengetahui identitas HP dan iPhone. Kamu bisa memanfaatkan nomor ini untuk mencari penjelasan lengkap mengenai informasi perangkat seluler. Untuk mengetahui lengkap identitas ponsel kamu bisa mengunjungi situs www.imei.info.

  • Melacak HP atau iPhone Hilang

Selain kedua hal di atas, nomor IMEI juga bisa kamu fungsikan untuk melacak keberadaan HP atau iPhone milikmu. Namun, hal ini mungkin tidak dapat kamu lakukan sendiri melainkan menghubungi dulu pihak provider kartu SIM yang kamu gunakan untuk memblokir nomor HP yang hilang melalui nomor IMEI tersebut.

Cara Cek Nomor IMEI HP dan iPhone

Setelah mengetahui pengertian dan garis besar fungsi dari nomor IMEI, kamu mungkin ingin memeriksa nomor IMEI pada HP atau iPhone milikmu bukan? baiklah, cara cek nomor IMEI HP dan iPhone tidak sulit, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :

Cara Cek Nomor IMEI di HP Android

Pertama, kamu dapat memeriksa nomor IMEI pada HP Android dengan cara berikut ini:

  1. Masuk ke menu Setting atau pengaturan HP Android.
  2. Cari menu About Phone atau About. Biasanya, menu ini di bagian bawah halaman pengaturan.
  3. Buka About Pilih Status/Phone Status.
  4. Pilih IMEI Information dan kamu dapat menemukan nomor IMEI HP Android.

Cara Cek Nomor IMEI di iPhone

Untuk penggunaan iPhone, kamu juga dapat menemukan nomor IMEI dengan mudah. Caranya :

  1. Buka menu Setting pada iPhone.
  2. Klik General (umum).
  3. Setelah masuk pada menu General, pilih About (Tentang Ponsel).
  4. Pada halaman about tersebut, kamu akan menemukan nomor IMEI iPhone.

Cara Cek Nomor IMEI di Phone Dialer

Phone Dialer yaitu fitur ponsel yang berguna untuk menghubungi berbagai nomor. Baik menghubungi nomor orang lain sampai mengecek USSB untuk komunikasi dengan layanan seluler. Berikut ini cara cek IMEI di Phone Dialer :

  1. Buka fitur Phone Dialer.
  2. Masukkan kode *#06#.
  3. Tekan Dial atau gambar telepon.
  4. Nomor IMEI HP kamu akan muncul.

Cara Cek Nomor IMEI di Hardware HP

Jika kamu tidak dapat membuka HP namun membutuhkan nomor IMEI, kamu juga dapat mengeceknya melalui hardwarenya. Caranya yaitu :

  1. Buka bagian belakang HP.
  2. Cabut baterai HP.
  3. Nomor IMEI biasanya tertera pada bagian bawah baterai atau slot SIM Card.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga dapat mengecek nomor IMEI melalui box HP ketika kamu membelinya.

Cara Cara Cek Status Nomor IMEI HP dan iPhone

Setelah kamu mengetahui nomor IMEI HP atau iPhone milikmu, kamu dapat melanjutkan cek status nomor IMEI tersebut secara online melalui situs https://imei.kemenperin.go.id/. Berikut beberapa langkahnya :

  1. Buka situs https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Masukkan nomor IMEI HP atau iPhone kamu, klik Search.
  3. Tunggu sampai muncul informasi mengenai status HP atau iPhone kamu terdaftar atau tidak di database Kemenperin.

Struktur Nomor IMEI HP dan iPhone

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya siapa yang membuat nomor IMEI ini bukan? Jawabannya yaitu suatu lembaga internasional yang bernama GSMA.

GSMA atau Global System for Mobile Communications Associations yang membuat struktur nomor IMEI kepada seluruh pabrik pembuatan HP sebagai aturan dasar yang harus terpatuhi.

Adapun struktur IMEI yang digunakan saat ini yaitu :

  1. AA : Terdiri dari dua digit awal pengidentifikasian badan pelaporan, sekaligus menunjukkan pabrik yang GSMA setujui untuk mengalokasikan TAC (Kode Alokasi Tipe) pada perangkat selulernya.
  2. BBBBBB : Sisa TAC.
  3. CCCCCC : Urutan seri model perangkat.
  4. verifikasi untuk memeriksa ulang seluruh digit yang datang sebelumnya.

Penutup

Itulah cara cek nomor IMEI HP dan iPhone terdaftar atau tidak. Setelah mengetahui pentingnya nomor ini, pastikan perangkat seluler yang kamu gunakan juga memiliki nomor IMEI terdaftar ya? Kalau belum yakin, kamu dapat mencoba mengeceknya melalui cara di atas.