Kurotekno – BSU singkatan dari bantuan subsidi upah. Bantuan sebesar Rp600.000 ini resmi disalurkan ke masyarakat pada tanggal 12 September 2022 oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Bagaimana cara cek penerima BSU Kemnaker Rp600.000 dan syarat pengajuannya?

Perlu kamu ketahui, BSU merupakan salah satu program bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan kemampuan ekonomi buruh atau pekerja. Program ini berjalan dari tahun 2020 sampai sekarang.

Bantuan akan langsung tersalurkan pada beberapa bank penyalur yaitu rekening Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh) dan BSU 2022 akan langsung pemerintah transfer ke rekening kamu.

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dana BSU Kemnaker 2022 sebesar Rp 600.000 tersebut akan berlangsung secara bertahap ke seluruh kelompok masyarakat yang berhak dan memenuhi kriteria penerima bantuan. Lalu, siapa saja yang berhak mendapatkan BSU?

Cara Cek Penerima BSU Kemnaker Rp600.000

Penerima BSU 2022 ialah mereka yang memenuhi syarat Kemanker. Dikutip dari laman bsu.kemnaker.go.id berikut langkah cara cek penerima BSU Kemnaker Rp600.000 :

  1. Mengunjungi website kemnaker.go.id.
  2. Selanjutnya daftar akun. Apabila kamu belum memiliki akun, lakukan dulu pendaftaran dengan melengkapi pendaftaran akun dan aktivasi akun menggunakan kode OTP yang akan terkirim melalui nomor handphone yang telah kamu masukkan pada saat pendaftaran.
  3. Tahan ketiga yaitu login ke akun kamu.
  4. Melengkapi profil seperti biodata diri berupa foto, status pernikahan, lokasi dan lain-lain.
  5. Terakhir cek notifikasi. Apabila kamu terdaftar sebagai penerima bantuan, setidaknya ada tiga jenis notifikasi yang akan muncul yaitu :
  6. Tahap 1 Terdaftar

Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila sudah terdaftar sebagai calon penerima BSU (Bantuan Subsidi Upah) sesuai dengan penyerahaan data calon dari BPJS kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

  • Tahap 2 Ditetapkan

Kamu juga akan mendapatkan notifikasi apabila sudah ditetapkan sebagai penerima BSU.

  • Tahap 3 Tersalurkan ke Rekening

Jenis notifikasi terakhir yaitu jika dana telah tersalurkan ke rekening BRI, Mandiri, BTN, BNI atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh). Penyaluran melalui PT Pos Indonesia melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana.

Syarat Penerima BSU Kemnaker Rp600.000

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta aktif pada program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2022.
  3. Gaji paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja yang bekerja pada wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta.
  4. Bukan PNS, TNI dan Polri.
  5. Belum menerima program kartu prakerja, program harapan, dan bantuan produktif usaha mikro.

Cek Bantuan Pemerintah Cair September 2022

Selain BSU, bulan September 2022 ini pemerintah juga menggelontorkan sejumlah bantuan lainnya kepada masyarakat. Bantuan-bantuan ini pemerintah harapkan dapat meringankan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi dan gejolak perekonomian Indonesia. Berikut ini ke 2 bantuan lainnya yang cair pada September 2022 :

1. BLT Masyarakat

BLT atau bantuan langsung tunai diberikan kepada sekitar 20,65 juta kelompok masyarakat. Bantuan sebesar Rp150.000 yang akan diberikan sebanyak empat kali melalui berbagai saluran kantor Pos Indonesia.

Cek Penerima BLT Masyarakat

  1. Buka laman cekbansos.kmensos.go.id.
  2. Masukkan daerah kamu yaitu desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.
  4. Masukkan 8 kode yang terpisah sampai tertera pada kotak kode.
  5. Apabila huruf kodenya kurang terlihat jelas, kamu dapat mengklik icon captcha di bagian kanan untuk mendapatkan huruf kode baru.
  6. Klik cari data.

Syarat Penerima BLT Masyarakat

  1. Warga miskin atau rentan miskin.
  2. Bukan PNS, TNI atau Polri.
  3. Terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kemensos.
  4. Warga dengan gaji dibawah 3,5 juta dan terkena kenaikan BBM.

2. Kartu Prakerja

Bantuan lainnya yaitu Program Kartu Prakerja yang saat ini sudah masuk pada gelombang 43. Peserta yang lolos pada seleksi Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp2.400.000.

Cara Daftar Program Kartu Prakerja

  1. Buka laman prakerja.go.id/daftar.
  2. Masukkan data diri yaitu email, nama, dan kata sandi.
  3. Pilih daftar.
  4. Verifkasi dengan membuka notifikasi pada email yang kamu daftarkan.
  5. Apabila sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang sudah kamu daftarkan pada laman prakerja.go.id.
  6. Masuk dashboard, lalu verifikasi KK dan KTP.
  7. Lengkapi data dengan mengunggah foto KTP dan swafoto.
  8. Verifikasi nomor telepon, dan kirim
  9. Sebelum mengikuti tes isi deklarasi survei terlebih dahulu.
  10. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar agar bisa mengikuti seleksi gelombang hingga menunggu hasil pengumumannya.

Syarat Program Kartu Prakerja

  1. Warga Negara Indonesia usia tidak kurang dari 18 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari pekerjaan, buruh yang terkena PHK, atau pekerja yang menginginkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya.
  5. Bukan PNS, Pejabat Negara, Pimpinan, ASN, TNI, Anggota DPRD, Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Direksi Pengawas BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang dapat menerima kartu prakerja.

Penutup

Itulah cara cek penerima BSU kemnaker Rp600.000 dan syarat pengajuannya. Program bantuan lainnya yang cair di bulan September 2022 yaitu BLT, BLT UMKM, Bantuan Pokok Nontunai, dan BLT Dana Desa. Kamu dapat mengecek masuk atau tidaknya sebagai penerima bantuan pada website masing-masing bantuan tersebut.