Kurotekno.com – Apabila penggunaan mesin sudah cukup lama, tentu saja akan mempengaruhi hasil cetak yang kurang sempurna. Cara cleaning printer Epson L3110 sangat mudah untuk dilakukan, hal ini memiliki tujuan dalam mengembalikan kualitas serta proses print menjadi lebih lancar seperti saat pertama kali dipakai.

Melakukan Cara Cleaning Printer Epson L3110 Menggunakan Laptop

Cara cleaning printer Epson L3110 memang harus kamu lakukan, supaya tidak terdapat kerusakan yang terus berlanjut dalam mesin. Setidaknya kamu juga harus mengerti cara download resetter printer epson l3110 untuk memudahkan mereset printer. Selain itu juga untuk menjaga proses cetak tetap stabil agar nantinya sesuai dengan keinginan pengguna. Bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini:

1. Menyalakan Printer

Pada saat melakukan cara cleaning printer Epson L3110, langkah paling awal adalah menyalakan mesin dengan sempurna. Mulai dari menghidupkan dengan mencolokkan kabel, menekan tombol power, sampai menunggu lampu indikator menyala dan sudah berhenti berkedip.

2. Masukkan Beberapa Kertas ke dalam Tray

Fungsi dari memasukkan kertas ke dalam tray adalah untuk melakukan percobaan di akhir langkah, supaya mengetahui bahwa cara cleaning printer Epson L3110 sudah berhasil atau belum. Tidak perlu menatanya terlalu banyak, karena bisa hanya memakai satu saja jika memang mesin telah bersih.

3. Membuka Aplikasi Printer Epson L3110

Selanjutnya kamu diharuskan untuk membuka aplikasi printer Epson L3110 pada laptop atau komputer, kemudian klik tombol tab “Utility” lalu pilih “Head Cleaning”. Setelah itu lihatlah lampu daya mesin, jika sudah mulai berkedip-kedip maka proses pembersihan sedang berjalan dengan lancar.

4. Klik Tombol “Print Nozzle Check Pattern”

Ketika lampu indikator telah berhenti berkedip, klik tombol “Print Nozzle Check Pattern” yang ada di dalam kotak dialog “Head Cleaning”. Tunggu sampai keluar kertas dari printer berisi hasil pembersihan, hal ini menunjukkan bahwa cara cleaning printer Epson L3110 telah selesai dilakukan.

Cara Cleaning Printer Epson L3110 Tanpa Memakai Alat Bantuan

Tidak hanya menggunakan laptop untuk cara cleaning printer Epson L3110, langkah yang lebih simpel adalah tanpa memakai alat bantuan. Cukup melakukan beberapa tahap, serta menunggu kurang dari satu menit sudah mendapatkan hasil pembersihan. Kamu bisa dibantu dengan penjelasan di bawah ini:

1. Matikan Lampu Tinta

Pastikan lampu tinta sudah tidak menyala lagi, karena jika belum mati menunjukkan bahwa cartridge telah kosong dan harus melakukan pengisian ulang. Hal ini akan mempengaruhi hasil akhir, sebab ada langkah yang membuat kamu menggunakan kertas untuk print hasil pembersihan.

2. Tekan dan Tahan Tombol Power

Colokkan kabel mesin terlebih dahulu, kemudian tekan dan tahan tombol power sampai lampu menyala dengan sempurna. Apabila belum berhenti berkedip, maka sebaiknya coba periksa kesalahan apa yang telah terjadi pada printer maupun laptop serta komputer pribadi kamu.

3. Tunggu Sampai Lampu Berhenti Berkedip

Langkah berikutnya adalah tekan dan tahan tombol tinta selama 3 detik, apabila lampu indikator sudah mulai berkedip-kedip berarti menandakan bahwa proses pembersihan sedang berlangsung. Kamu hanya perlu menunggu sampai tahap ini selesai, serta tidak perlu menggunakan alat bantuan lainnya.

4. Mencoba Melakukan Print

Setelah itu jangan lupa untuk mencoba melakukan print dokumen, supaya kamu mengetahui apakah hasil cetakan sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum. Tahap ini boleh diulangi beberapa kali, sambil memeriksa kestabilan mesin telah seimbang serta kembali normal lagi.

Dari kutipan yang kurotekno suguhkan bukankah cara cleaning printer Epson L3110 sangat mudah untuk dilakukan? Meskipun kamu masih pertama kali mencobanya, tidak akan menemukan kesulitan pada setiap prosesnya. Karena, telah membaca beberapa panduan yang diberikan artikel di atas.