Cara Instal Printer Epson L120


Cara Instal Printer Epson L120 – Memiliki printer sendiri di rumah memang lebih memudahkan siapapun untuk mencetak data tulisan atau gambar miliknya. Hanya saja, jika kamu membeli printer baru tentu harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya hingga mengatur agar terkoneksi pada PC atau laptop milikmu. Cara instal printer Epson L120 tidaklah sulit jika printer yang kamu miliki berjenis Epson L120.

Sebenarnya, dalam dus printer baru kamu akan menemukan panduan cara instalasi dan memasang printer. Bagi kamu yang belum paham bisa mengikuti panduan pada artikel ini yang akan dijelaskan dengan lengkap. Ikuti langkah demi langkah dengan benar agar proses pemasangan hingga install printer Epson L120 berjalan lancar dan sukses.

Mempersiapkan Printer Sebelum Install Driver

Sebelum menginstall driver, tentunya kamu harus mempersiapkannya terlebih dahulu apalagi jika printer tersebut baru saja dibeli. Biasanya, saat membeli printer baru kamu akan mendapatkan 1 buah printer, buku panduan, CD Driver dan kelengkapan lain. Untuk proses persiapan sebelum menempuh cara instal printer Epson L120 lebih jelasnya, simak langkah berikut:

  • Buka kardus printer dan keluarkan printer beserta kelengkapan lainnya seperti kabel USB, dan lain-lain.

  • Printer baru akan penuh dengan perekat yang melekat pada covernya. Kamu bisa melepaskannya terlebih dahulu dan pastikan semuanya telah terlepas.

  • Selanjutnya, tinta yang tersedia dapat dimasukkan ke dalam wadah di printer. Ujung dari botol tinta dapat dipatahkan agar lubang keluarnya tinta akan terlihat sehingga tinta bisa dituangkan.

  • Saatnya untuk menyambungkan kabel printer pada listrik rumah kamu agar dapat menyala. Tekan tombol power dan tunggu lampu tidak berkedip lagi.

  • Agar tinta printer terdeteksi, tekan tombol panah ke bawah 3 detik dan tunggulah hingga lampu power tidak lagi berkedip-kedip. Artinya, pengisian tinta telah selesai. Pengisian tinta yang sukses juga dapat ditandai dengan printer yang tidak lagi berbunyi.

  • Setelah printer siap, proses install driver siap dilakukan. Kamu bisa menggunakan cara instal printer Epson L120 ke laptop dengan CD atau menggunakan soft file dari driver printer Epson L120 yang bisa diunduh.

Cara Instal Printer Epson L120 Menggunakan CD

Jika printer sudah siap, saatnya untuk melakukan cara instal printer Epson L120 pada laptop atau komputer milikmu. Pada kali ini akan menggunakan CD Driver yang sudah disediakan oleh perusahaan printer tersebut. Jika tidak ada CD Room pada perangkat kamu, kamu bisa menggunakan CD Room eksternal. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan CD Driver yang sudah satu paket dengan printernya.

  2. Cara instal printer Epson L120 dengan CD yang pertama, kamu bisa memasukkan CD Drivernya pada perangkat lalu tunggu hingga muncul di layar.

  3. Setelah driver instalasi tersedia, silakan klik lalu klik lagi pada “Install Navi” dan tekan “Next”.

  4. Tunggu laptop atau PC melakukan instalasi driver tersebut hingga selesai.

  5. Saat proses instalasi masih berjalan, kamu akan diperintahkan untuk mengkoneksikan antara perangkat dan printer melalui kabel USB. Ambillah kabel USB dalam kardus printer tadi dan sambungkan keduanya.

  6. Tekan “Next” lagi hingga proses dapat berjalan sampai selesai.

  7. Untuk memastikan install driver sudah sukses, kamu dapat mencari icon printer Epson pada bar menu kanan bawah. Driver tersebut akan berstatus online dan menyatakan instalasi driver berhasil dilakukan.

  8. Jika masih belum yakin apakah printer sudah terinstall dengan benar, kamu dapat mencoba print satu dokumen menggunakan printer L120 tersebut. Hasil print yang keluar secara sempurna menandakan instalasi sukses.

Cara Instal Printer Epson L120 Tanpa Menggunakan CD

Kadangkala, CD Driver yang diperoleh dalam kardus rusak atau error. Jika kamu menghadapi masalah tersebut, jangan dulu panik dan selesaikan dengan cara instal printer Epson L120 tanpa CD berikut ini. Tentunya untuk mendapatkan drivernya, kamu harus mengunduh drivernya terlebih dahulu. Ikuti cara berikut ini untuk pengunduhan driver dan cara instalasi tanpa CD:

  1. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara instal printer Epson L120 kamu bisa mengunduh driver Epson L120 terlebih dahulu melalui situs resmi Epson yakni epson.co.id.

  2. Pada situs tersebut kamu bisa mencari menu untuk melakukan pengunduhan. Pastikan untuk menyesuaikan Operating System milikmu dengan data yang diminta sebelum download dimulai.

  3. Jika file driver telah terunduh, klik dua kali pada file tersebut.

  4. Lakukan pengaturan dengan memilih Printer Model “Epson L120 Series” dan tandai sebagai Default dan klik pada “Automatically Update Software”. Selesaikan dengan menekan “Ok”.

  5. Kamu bisa memilih bahasa yang ingin digunakan lalu tekan “Ok”. Banyak pengaturan yang lebih dimengerti dengan bahasa Inggris, pilihlah “English” sebagai bahasa yang akan digunakan.

  6. Cara instal printer Epson L120 ke laptop selanjutnya, kamu bisa masuk ke menu Epson Eula dan klik pada “Agree” dan tekanlah tombol “Ok”.

  7. Nyalakan printer dan sambungkan kabel USBnya pada perangkat kamu.

  8. Dengan begitu printer Epson L120 sudah bisa digunakan.

Akhir Kata

Itulah cara instal printer Epson L120 pada perangkat komputer maupun laptop kamu baik dengan menggunakan CD Driver ataupun melalui Driver unduhan. Cara instal printer Epson L120 di notebook juga bisa dilakukan jika kamu memiliki CD Room eksternal karena biasanya, notebook tidak dilengkapi perangkat ini.

Jika ada terjadi eror pada printer Epson L120 kamu, silahkan cek penyebab eror dan pelajari bagaimana cara reset printer epson L120 secara manual ataupun otomatis menggunakan Resetter. Sampai jumpa di postingan berikutnya.