Cara Mengatur Margin di Excel

Cara Mengatur Margin di Excel

Kurotekno.com – Mencetak dokumen dari Microsoft Excel memang cenderung lebih sulit dibandingkan Word. Salah mengatur malah bikin hasil cetak jadi berantakan. Supaya bisa menghasilkan dokumen yang rapi saat dicetak, kamu perlu mengetahui cara mengatur margin di Excel.

Tabel yang kamu buat di Excel mungkin saja melebihi ukuran kertas atau margin sehingga terpotong saat dicetak. Oleh karena itu, kamu perlu memahami berbagai pengaturan margin di aplikasi pengolah data yang satu ini. Simak sampai akhir untuk dapatkan info lengkapnya.

3 Cara Mengatur Margin di Excel Agar Hasil Print Bagus

Setidaknya ada 3 cara berbeda yang bisa kamu praktikkan untuk mengatur ukuran tepi atau margin dalam Microsoft Excel. Ketiga cara tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini. Simak dengan baik, ya.

1. Atur Print Area

Cara mengatur margin yang pertama adalah menyesuaikan print area. Dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak apa itu print area.

Seluruh tabel, cell, dan data yang masuk ke dalam print area akan terlihat ketika dokumen dicetak. Sementara yang ada di luar batas print area tidak akan terlihat di hard copy hasil cetak dokumen. Untuk mengaturnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik tab Page Layout yang ada di bagian atas halaman Microsoft Excel.
  2. Selanjutnya, klik pada tombol Print Area untuk menampilkan opsi.
  3. Klik pada opsi Set Print Area.
  4. Berikutnya, kamu akan melihat layout worksheet berubah. Print area ditandai dengan garis biru putus-putus.
  5. Dokumen mungkin akan terbagi ke dalam beberapa halaman karena jumlah data yang banyak. Apabila kamu ingin menggabungkan seluruh halaman ke dalam satu lembar cetak, geser garis biru putus-putus menyesuaikan panjang dan lebar dokumen.
  6. Untuk melihat print preview, kamu dapat mengeklik menu File. Selanjutnya, pilih Print. Nanti di sisi kanan akan muncul pratinjau dari dokumen yang hendak dicetak.

2. Cara Setting Margin di Excel

Margin merupakan jarak yang kosong antara tepian kertas dengan tulisan atau tabel Excel. Bagian ini bisa kamu atur dan sesuaikan untuk menghasilkan dokumen cetak yang bagus, terbaca dengan mudah, serta tidak ada bagian yang terpotong.

Apabila kamu ingin mengatur margin di Excel, perhatikan tutorial berikut ini.

  1. Klik tab menu Page Layout.
  2. Selanjutnya, perhatikan grup menu Page Setup.
  3. Klik menu Margin untuk menampilkan beberapa pilihan jenis margin yang ingin diaplikasikan.
  4. Supaya kamu dapat mengatur margin dengan lebih leluasa, klik pada opsi Custom Margins.
  5. Berikutnya akan muncul sebuah window kecil untuk melakukan pengaturan lebih lanjut.
  6. Sesuaikan ukuran margin bagian kiri, atas, kanan, dan bawah sesuai dengan keperluan.
  7. Dokumen akan terlihat lebih simetris apabila hasil cetaknya ada di bagian tengah kertas. Oleh karena itu, kamu tak boleh lupa memberi centang di Center of page, baik horizontally maupun vertically.
  8. Klik OK jika pengaturannya dirasa sudah cukup.

3. Atur Skala 

Satu lagi cara mengatur margin di Excel adalah memanfaatkan tool bernama scale atau skala. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memperkecil maupun memperbesar tampilan dokumen terhadap kertas yang dipakai untuk mencetaknya.

Kamu bisa mengatur tampilan tabel-tabelnya menjadi lebih rapat maupun renggang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Di bawah ini adalah cara-cara mudah untuk mengatur skala pada dokumen Excel.

  1. Klik pada menu File kemudian pilih opsi Print.
  2. Kamu juga dapat menggunakan jenis shortcut CTRL yang ditekan bersamaan dengan huruf P.
  3. Klik pada tombol No Scaling.
  4. Selanjutnya, pilih salah satu pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Setiap opsinya sudah diberi ilustrasi yang baik dan mudah dipahami. Kamu hanya perlu memilih salah satunya.

Penjelasan Lengkap Page Setup Dokumen di Excel

Berbicara soal cara mengatur margin di Excel pasti tidak bisa jauh-jauh dari penjelasan tentang Page Setup. Kali ini akan dijelaskan mengenai menu-menu yang ada di tab Page Setup tersebut.

1. Page

Menu ini mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan orientasi kertas dokumen, scalling, serta pemilihan ukuran kertas yang akan dipakai. Perhatikan detail berikut untuk mengetahui setiap sub menunya.

  1. Orientation: dipakai untuk mengubah posisi hasil cetakan apakah akan berbentuk horizontal (landscape) maupun vertikal (potrait).
  2. Scalling: digunakan untuk menyesuaikan ukuran sheet dengan kertas yang akan dipakai untuk mencetak.
  3. Paper size: dari namanya saja sudah jelas bahwa menu ini dipakai untuk memilih ukuran kertas yang akan dipakai.

2. Margins

Beralih ke pembahasan soal margins, kamu mungkin sudah mengetahui cara mengatur margin di Excel, namun apa fungsinya?

Fungsinya sendiri sudah sangat jelas yaitu menjadi pembatas antara konten atau data dengan dinding di sekitarnya. Saat akan mengatur margins, kamu akan dihadapkan pada istilah di bawah ini.

  1. Left: dipakai menentukan margin di sisi kiri.
  2. Top: batas dokumen bagian atas.
  3. Left: mengatur ukuran tepian yang ada di sisi kiri.
  4. Right: mengatur ukuran terpisah sisa kerja yang ada di sisi kanan.

3. Header/Footer

Header merupakan elemen yang ada di bagian atas sebuah halaman. Sementara footer memiliki isi berupa identitas penulis, dan nomor halaman. Ukuran space antara header/footer dan dokumen dapat kamu simak melalui pembahasan cara mengatur margin di Excel tadi.

Header atau footer yang sudah pernah diatur akan tampil di setiap halaman hasil cetak Excel. Untuk kamu yang senang memberikan footer dan header, atur saja melalui menu Custom Footer dan Custom Header.

Berdasarkan penjelasan dari Kurotekno di atas, ternyata ada banyak cara mengatur margin di Excel. Jika sudah paham ilmunya, kamu tentu dapat mengatur margin dan elemen lainnya dengan lebih mudah.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: