Ada banyak aplikasi edit untuk mengedit foto di Android yang bisa kamu unduh. Tentunya beberapa aplikasi tersebut kadang memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berfungsi untuk mengatur tone, desain, hingga campuran keduanya. Kemudian ada salah satu aplikasi edit foto gratis bernama Picsay. Bagaimana cara mengedit foto di Picsay untuk belajar bagi pemula?

Mengenal Aplikasi Picsay Untuk Edit Foto

Sebelum masuk ke cara mengedit foto untuk pemula, tidak ada salahnya untuk memahami Picsay terlebih dahulu. Picsay adalah aplikasi edit foto Android yang terkenal di kalangan editor foto. Di Indonesia, program ini cukup populer di kalangan pembuat logo, komik strip simpel, atau sejenisnya. Shinycore merilis editor ini di Google Play Store dan terakhir kali update pada tanggal 13 Januari 2017.

Menurut pengguna yang telah memberikan ulasannya, aplikasi ini cukup mudah bagi pengguna. Menurut dari keterangan yang ada, kamu bisa mengunduh aplikasi ini dengan spesifikasi rendah. Bahkan, pihak perilis memberikan informasi bahwa Picsay bisa kamu pasang meskipun smartphone hanya memiliki sistem operasi Android 4.0. Beberapa orang juga mengaku bahwa kualitas foto dari aplikasi ini cukup bagus. Berikut ini adalah beberapa cara mengedit foto di Picsay untuk pemula.

Cara Mengedit Foto di Picsay Dengan Mudah

Picsay merupakan aplikasi mudah yang cocok untuk editing simpel. Contohnya adalah untuk kebutuhan foto di Facebook, Instagram, Whatsapp, dan media sosial lain. Sebagai bahan untuk belajar di awal, cobalah untuk melakukan tutorial yang satu ini. Kamu bisa mengikutinya melalui smartphone secara langsung agar lebih paham lagi.

Cara Mengedit Foto di Picsay efek

cara membuat efek picsay
Sumber gambar: otosection.com

Efek adalah salah satu fitur utama yang Picsay miliki. Banyak orang menggunakan efek ini untuk mempercantik foto mereka. Fitur ini juga jadi pilihan untuk menjadikan foto lebih berwarna, baik dari segi saturasi, kontras, dan masih banyak lagi. Berikut adalah cara muda untuk menerapkan efek di aplikasi Picsay.

  1. Buka aplikasi Picsay atau Picsay Pro di smartphone kamu

Catatan: kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Play Store atau bursa aplikasi sejenis. Jika ingin fitur yang lebih banyak lagi, kamu bisa membeli versi pro dengan harga murah. Meskipun membayar, kamu tidak akan menyesal karena Picsay Pro memiliki fitur yang lebih bagus lagi, mulai dari stiker hingga fitur lainnya.

  1. Pilih opsi “get a picture” untuk membuka opsi foto
  2. Pilih foto atau gambar yang ingin kamu edit
  3. Di sini, kalian akan memiliki banyak pengaturan, klik “effects” untuk menambahkan efek
  4. Pilih salah satu jenis efek yang ingin kamu gunakan
  5. Selesai

Membuat Logo Menggunakan Picsay

cara membuat logo picsay

Selain untuk menambahkan efek, kamu juga bisa membuat logo menggunakan aplikasi Picsay. Cara mengedit foto di Picsay memang sangat berguna dalam proses pembuatan logo. Dengan mengedit foto mentah, kamu bisa memiliki ikon otentik untuk produk atau brandmu. Banyak orang mencari tahu bagaimana cara membuat logo dengan mudah. Salah satunya menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan dari membuat logo di Picsay ini adalah lebih mudah untuk digunakan. Sudah ada beberapa bentuk untuk kamu pakai, hanya perlu mengeditnya dengan sedikit sentuhan saja. Selain itu, kamu juga bisa memberikan sisipan media lain, entah itu teks, gambar baru, hingga stiker. Berikut ini adalah contoh dari langkah-langkah membuat logo menggunakan aplikasi Picsay.

  1. Buka aplikasi Picsay atau Picsay Pro yang sudah terpasang di perangkat kamu
  2. Klik “get a picture”
  3. Ketika muncul tiga pilihan pengaturan, pilih “new blank picture”

Catatan: opsi ini bisa kamu gunakan karena memberikan halaman yang kosong tanpa ada objek apa pun. Jadi, sangat cocok untuk pembuatan logo yang memerlukan latar belakang transparan. Jika kamu menggunakan pilihan lainnya, maka gambar tersebut akan jadi latar belakang foto. Jadi, cara ini akan sedikit berbeda dari cara mengedit foto di Picsay sebelumnya.

  1. Atur warna latar belakang menjadi transparan, pilihannya ada di bagian background color
  2. Atur ukuran kanvas sesuai dengan yang kamu butuhkan
  3. Ketika kanvas telah terbuka, kamu klik pada opsi “sticker” yang ada di bagian bawah
  4. Pilih bagian “basic shapes”
  5. Pilih salah satu bentuk dasar dari logo yang kamu inginkan, entah itu lingkaran, kotak, atau apa pun
  6. Atur dan sesuaikan bentuk yang sudah kamu pilih tadi

Catatan: Kamu bisa mengatur warna, ketebalan garis, hingga berbagai gaya bentuk lainnya. Kamu bisa menyesuaikan setiap peraturan tersebut sesuai kebutuhan. Hal ini juga berlaku pada penyisipan bentuk pada cara mengedit foto di Picsay. 

  1. Atur ukuran dari bentuk yang kamu pilih menggunakan ikon yang ada di sampingnya. Kamu bisa mengatur ukuran dan rotasi dari bentuk, sesuaikan dengan kebutuhan kamu
  2. Klik fitur “effects” yang ada di bagian bawah
  3. Pilih opsi “object effect”
  4. Kemudian kamu klik pilihan “blend with background”

Catatan: langkah ini kamu perlukan untuk menggabungkan objek tadi dengan latar belakang. Tidak seperti cara mengedit foto di Picsay sebelumnya, kamu per melakukan ini agar gambar tidak tercecer. 

  1. Masukkan bentuk lainnya untuk membuat desain baru, sesuaikan hingga terasa menjadi kombinasi yang cocok. 
  2. Jika kamu ingin memasukkan teks, kamu bisa menggunakan fitur “sticker”
  3. Kemudian pilih bagian “title”
  4. Atur huruf, ukuran, serta kata yang ingin kamu masukkan
  5. Klik tombol “checklist” jika sudah 
  6. Sesuaikan dengan bentuk yang tadi agar gambar sesuai dan pas
  7. Simpan gambar ke galeri
  8. Selesai

Simpelnya, seperti itulah cara mengedit foto di Picsay dari Kurotekno. Kamu bisa mengatur beberapa pilihan lainnya untuk meningkatkan kemampuan editing kamu. Contohnya adalah menerapkan efek glow, membuat gambar transparan, dan masih banyak lagi.