Kurotekno – Para pengguna lama pasti akan selalu menganggap, bahwa cara mengisi tinta warna printer Canon sangat mudah. Karena sudah sering melakukan dan hafal terhadap setiap langkah-langkahnya, membuat individu tidak menemukan kesulitan dalam mengganti maupun isi ulang cartridge.

Hal yang Bisa Terpengaruh Akibat Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon Salah

Apabila sedang terburu-buru untuk menyelesaikan cetak dokumen, namun printer sudah kehabisan tinta. Maka tetap harus berhati-hati dalam melakukan pengisian, karena jika sampai terjadi kesalahan pada posisi tinta warna canon dan cara mengisi tinta warna printer Canon akan mempengaruhi beberapa hal berikut ini:

1. Tinta Akan Bercampur Menjadi Satu

Tinta yang seharusnya memiliki warna biru berubah menjadi hijau, karena sudah tercampur dengan tinta kuning akibat dari salah pengisian ulang. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil cetak dokumen, misalkan seperti tulisan atau gambar yang tidak dapat dibaca dengan jelas.

2. Hasil Print Tidak Sesuai Warna

Ketika kamu salah melakukan cara mengisi tinta warna printer Canon, hasil print yang diperoleh juga tidak akan sesuai dengan file dalam laptop atau komputer. Lalu membuat pengguna harus melakukan proses pencetakan ulang, atau menggunakan mesin lain ketika belum sempat membersihkan cartridge.

3. Sulit untuk Dibersihkan

Membersihkan cartridge yang salah dalam cara mengisi tinta warna printer Canon juga sangat sulit dan merugikan, pasti terbuang serta membuat kotor lingkungan sekitar mesin. Bahkan harus menggunakan banyak tisu dalam prosesnya, sebab jika memakai air akan mengurangi kualitas operasi alat cetak.

4. Membuat Cartridge Rusak

Cartridge juga akan cepat rusak, jika tidak digunakan sesuai fungsinya. Apalagi ketika sudah terjadi kesalahan cara mengisi tinta warna printer Canon berkali-kali, dapat membuat lebih sulit mencetak dokumen dengan sempurna. Hal ini tentu merugikan pengguna, dan menambah biaya untuk perbaikan.

5. Menunda Proses Cetak Dokumen

Proses cetak dokumen yang kamu lakukan tentu akan terhambat, karena harus melakukan pembersihan, pengisian ulang, bahkan bisa membeli lagi jika sudah habis tercampur dengan warna berbeda-beda. Apalagi, ketika toko tinta berada jauh dari rumah atau kantor.

Panduan Mengisi Tinta Warna Printer Canon yang Benar

Sebelum melakukan cara mengisi tinta warna printer Canon, kamu tentu harus memperhatikan beberapa hal dari yang terkecil. Karena meskipun hanya terjadi sedikit masalah, sudah bisa berakibat fatal dan membuat dokumen tidak sesuai. Beberapa faktor itu misalkan seperti:

  • Membeli refill tinta yang sesuai dengan merek printer dan memiliki kekentalan tinggi
  • Menyiapkan jarum suntikan dan benda tumpul sejenisnya untuk melubangi cartridge
  • Mengetahui posisi tinta warna printer Canon dengan benar
  • Memiliki kain lap atau tisu untuk membersihkan tinta
  • Menggunakan laptop yang masih berfungsi dengan baik
  • Memastikan colokan listrik sudah menyala

Jika sudah selesai memastikan beberapa hal di atas, selanjutnya kamu bisa menyalakan printer sampai lampu indikator berhenti berkedip. Kemudian membuka kap penutup, setelah membuka stiker pada cartridge bisa langsung menyuntikan jarum yang berisi tinta secara perlahan supaya tidak tumpah.

Apabila sudah selesai melakukan pengisian, kembalikan cartridge sesuai dengan posisi awal dan tutup kap printer. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu dengan melakukan satu kali print dokumen, kemudian lihat terlebih dahulu hasilnya apakah sudah sesuai serta berkualitas.

Jika kamu sudah terbiasa dan menyimak betul artikel dari kurotekno di atas, maka juga akan menganggap bahwa cara mengisi tinta warna printer Canon sangat mudah. Bisa melakukannya sendiri dengan cepat, dan tidak menunda proses penyelesaian cetak dokumen dalam jumlah yang banyak.