Cara Setting Router TP-Link WR840N Seluruh Mode
Cara Setting Router TP-Link WR840N Seluruh Mode

Cara Setting Router TP-Link WR840N – Perkembangan dunia teknologi pastinya tidak akan lepas dengan yang namanya internet. Salah satu hal yang paling banyak dibicarakan saat ini yaitu sebuah jaringan nirkabel ataupun wireless yang merupakan salah satu teknologi yang sangat populer dan biasanya digunakan untuk membuat sebuah jaringan lokal atau wlan disuatu wilayah.

Salah satu contoh produk yang saat ini sedang mengalami peningkatan dan sangat terkenal akan merknya yaitu bernama TP-Link yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah jaringan dirumahan, sekolah, pemerintahan dan lainnya. Selain konfigurasi yang cukup mudah dan bisa digunakan oleh banyak orang, juga harga untuk produknya terbilang cukup murah.
Selain itu didalam produk dengan merk TP-Link WR840N tersebut terdapat berbagai macam mode yang bisa anda gunakan dalam kehidupan anda yaitu mulai dari
  • WISP
  • Router
  • Range Exterder 
  • Access Point
Anda bisa mendapatkan produk tersebut di toko online loh dengan harga yang murah dan sangat disarankan untuk membeli di halaman official tp-link.

Cara Setting Router TP-Link WR840N Seluruh Mode

Sesuai dengan judul artikel kita kali ini, disini kami Calon Siswa akan memberikan beberapa tutorial dalam melakukan konfigurasi untuk produk TP-Link WR840N yang bisa anda terapkan untuk membuat sebuah jaringan lokal.

1. Sebagai Access Point (AP)

Apabila anda ingin melakukan konfigurasi sebagai access point dimana untuk konfigurasi ini berarti ada ingin menyebar luaskan sinyal yang berasal dari server contohnya seperti Hospot dan jaringan lainnya dengan menggunakan kabel LAN.
Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai access point di router TP-Link WR840N, sebagai berikut :
  1. Silahkan koneksikan router dengan laptop/hp anda menggunakan jaringan WiFi TP-Link WR840N, untuk passwordnya dapat ditemukan tepat dibelakang router.
  2. Kemudian, masuk ke browser dengan mengetikan halaman 192.168.0.1 untuk masuk kehalaman konfigurasi > Login dengan menggunakan user: admin dan password: admin. Selanjutnya klik tombol Login.

  3. Setelah itu, klik Next pada halaman Quick Setup > pilih Operation Mode sebagai Access Point.

  4. Kemudian, pada bagian Wireless anda isi nama SSID/WiFi beserta Password sesuai yang anda inginkan > klik tombol Next.
  5. Pada bagian Networking Setting silahkan anda sesuaikan dengan keterangan dibawah ini. Kemudian klik tombol Next apabila sudah.

    LAN Type : Anda sesuaikan sesuai kebutuhan, apabila anda ingin secara otomatis bisa memilih DHCP, atau bisa memilih Static IP apabila diisi secara manual.
    IP Address : Isilah dengan menggunakan IP Jaringan lokal anda.
    Subnet Mask : Isi sesuai dengan segmen IP yaitu 255.255.255.0 untuk segmen /24
    DHCP Server : Bisa kita disable untuk mendapatkan ip langsung dari modem/router utama.

  6. Terakhir klik tombol Finish untuk menyelesaikan konfigurasi dan tunggu hingga proses selesai.

2. Sebagai Router

Selanjutnya disini kita akan melakukan konfigurasi sebagai router, dimana mode tersebut memungkinkan kita dalam memiliki segment jaringan LAN yang berbeda dari jaringan utama, atau bisa kita sebut dengan jalur yang berbeda dari modem utama.
Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai router di modem TP-Link WR840N, sebagai berikut :
  1. Silahkan koneksikan kabel LAN dari modem utama ke port WAN pada modem TP-Link WR840N sebelum melakukan konfigurasi.
  2. Kemudian, login seperti tutorial sebelumnya dan klik mode Wireless Router pada halaman Quick Setup.

  3. Pilih Dynamic IP pada bagian halaman WAN Connection Type (Karena nantinya kita akan mendapatkan IP DHCP dari modem utama)
  4. Nanti bakal muncul notifikasi yang berisi Mac Clone, silahkan pilih “No, I do not need …“.

  5. Selanjutnya, pada bagian Wireless anda isi nama SSID/WiFi beserta Password sesuai yang anda inginkan > klik tombol Next.
  6. Kemudian klik tombol Save untuk menyimpan settingan yang telah anda konfigurasi sebelumnya.

3. Sebagai Range Extender

Range Extender adalah sebuah mode yang menjadikan access point sebagai titik penguat sinyal utama, jadi bisa dibilang mode ini adalah mode sebagai penangkap sinyal yang sudah ada. Mode ini bisa anda gunakan didalam satu rumah yang cukup besar dan bisa digunakan tanpa menggunakan kabel.
Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai range extender di modem TP-Link WR840N, sebagai berikut :
  1. Pergi ke menu Quick Setup > dan pilih Range Extender.
  2. Nantinya bakal muncul AP List yang berisikan sinyal-sinyal terdekat yang bisa anda koneksikan pada jaringan WiFi, kemudian klik Connect disebelah jaringan tersebut.

  3. Selanjutnya, pada bagian Wireless anda isi nama SSID/WiFi beserta Password sesuai yang anda inginkan atau anda bisa Customize sendiri sesuai kebutuhan > klik tombol Next.
  4. Pada bagian Network Setting, anda pilih Static IP atau bisa DHCP Smart IP, Anda masukkan IP Sesuai yang anda mau apabila memilih Static IP dan klik tombol Next.

  5. Terakhir klik tombol Finish untuk menyelesaikan konfigurasi dan tunggu hingga proses selesai.

4. Sebagai WISP  (Wireless Internet Service Provider)

WISP atau singkatan dari  (Wireless Internet Service Provider) merupakan salah satu mode yang bisa anda gunakan dalam melakukan penerimaan jaringan yang biasanya digunakan ketika di jaringan Wireless. Jadi, mode ini bisa digunakan sebagai penerima tanpa harus menggunakan kabel jaringan.
Lalu, untuk langkah-langkah dalam melakukan settingan sebagai WISP di modem TP-Link WR840N, sebagai berikut :
  1. Pilih mode WISP pada halaman Quick Setup > klik tombol Next.
  2. Pilih Dynamic IP pada bagian halaman WAN Connection Type (Karena nantinya kita akan mendapatkan IP DHCP dari modem utama).
  3. Nantinya bakal muncul sebuah halaman AP List seperti tutorial sebelumnya, nantinya anda akan disuruh untuk memilih jaringan yang ingin anda tangkap dan klik tombol Connect.

  4. Selanjutnya, pada bagian Wireless masukkan password WISP beserta nama yang anda inginkan untuk membuat jaringan lokal tersebut dan klik tombol Next.
  5. Apabila seluruh settingan telah selesai, klik tombol Finish untuk menyelesaikan settingan. Tunggu hingga proses reboting selesai.
  6. Selesai

Penutup

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Setting Router TP-Link WR840N Seluruh Mode lengkap beserta penjelasannya, apabila anda memiliki pertanyaan dan permasalahan seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini, sekian dan terima kasih.
Terima kasih sudah berkunjung di website Calonsiswa.id.