Photoshop menjadi salah satu aplikasi edit foto yang paling banyak orang pakai di seluruh dunia. Photoshop memungkinkan kamu untuk mengedit dari skala ringan hingga lanjutan. Aplikasi ini memberikan pengalaman mengedit super lengkap dengan berbagai fitur yang ada. Salah satu fiturnya adalah undo. Bagaimana cara undo di Photoshop?

Pengertian Undo dan Redo dalam Photoshop

Dalam bidang editing, undo adalah sebuah istilah yang sudah sering orang dengar. Istilah ini orang pakai untuk sebutan dari membatalkan sebuah perintah di aplikasi. Sebagai contohnya adalah pada Photoshop. Di Photoshop, jika kamu salah melakukan tindakan, kamu hanya perlu undo untuk kembali ke langkah sebelumnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk redo. Dalam tutorial cara undo di photoshop, redo adalah fitur yang sepasang dengannya. Redo memungkinkan kamu untuk mengembalikan kembali sebuah perintah yang tertunda. Redo hanya bisa bekerja ketika kamu melakukan undo sebelumnya.

Pengertian Copy dan Paste di Photoshop

Dari pengertian di atas, tentu kamu sudah bisa mengerti mengapa dua fitur ini begitu penting dalam dunia editing. Karena itulah kamu harus memahami bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Selain itu ada juga istilah yang berbunyi copy dan paste. Dua poin ini sering digunakan oleh para desainer untuk menggandakan objek ataupun layer.

Copy atau salin adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyalin objek, layer, atau sejenisnya ke dalam clipboard. Kemudian, kamu bisa menempel objek tersalin tadi menggunakan fitur paste atau tempel. Dalam desain, dua fitur ini cukup penting untuk menggandakan objek selain menggunakan fitur duplikat.

Cara Undo di Photoshop Menggunakan 3 Cara

Melakukan kesalahan pada sesi edit foto memanglah menyebalkan. Selama kamu bisa menyadari kesalahan dengan cepat dan tidak terlalu banyak melakukan tindakan, gunakanlah fitur undo menggunakan tiga cara berikut ini.

Cara Undo di Photoshop via Menu

sumber gambar: leskompi.com

Di bawah ini adalah tutorial cara undo di Photoshop paling mudah yang bahkan bisa siapa pun lakukan. Kamu tidak perlu memahami shortcut atau sejenisnya. Berikut adakah langkah demi langkahnya.

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop di perangkat desktop kamu, baik itu laptop maupun PC
  2. Masukkan gambar, foto, atau apa pun itu
  3. Klik menu edit” pada bar navigasi bagian kiri atas
  4. Lalu klik pilihan “undo move”

Catatan: kamu juga bisa melakukan cara ini dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL + Z di sistem operasi Windows. Keterangan ini juga tercantum di sebelah kanan pada opsi “undo move” di nomor langkah nomor 4.

Catatan: cara undo di photoshop ini juga hanya berlaku satu kali saja. Selanjutnya, kamu akan membuka fitur redo untuk mengembalikan hal yang batal tadi.

Menggunakan Fitur Step Backward

sumber gambar: leskompi.com

Selanjutnya ada cara membatalkan langkah dengan menggunakan fitur step backward. Berikut adalah cara untuk melakukannya yang hampir sama dengan di atas.

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop dengan proyek baru atau yang sedang berjalan
  2. Masukkan foto atau apa pun itu (kecuali jika kamu memiliki proyek yang masih bekerja)
  3. Klik “edit” pada bagian bar navigasi di kiri atas
  4. Pilih opsi “step backward”

Catatan: step backward bisa kamu gunakan sebanyak 20 kali paling banyak. Kamu bisa pakai fitur ini jika memiliki banyak kesalahan. Gunakan kombinasi tombol Alt + CTRL + Z sebagai shortcut.

Cara Undo di Photoshop Menggunakan Panel History

sumber gambar: leskompi.com

Panel histori merupakan satu panel yang menyimpan seluruh proses tindakan kamu selama mengedit. Sebagai salah satu fitur dari Photoshop, panel histori sangat bisa jadi pilihan sebagai cara undo di Photoshop yang kompleks. Berikut adalah tutorial langkah-langkah menggunakan panel history.

  1. Pastikan kamu sudah membuka Adobe Photoshop yang memiliki proyek
  2. Klik menu “window” pada bagian bar navigasi di sebelah kiri atas
  3. Pilih opsi “history”
  4. Begitu sudah muncul tanda centang di kiri opsi tadi, maka panel berisikan histori pengeditan akan muncul di sebelah kanan
  5. Klik bagian di panel histori yang ingin kamu batalkan
  6. Klik ikon “delete” atau tempat sampah
  7. Selesai
sumber gambar: leskompi.com

Catatan: kelebihan dari cara ini adalah kamu bisa melakukan banyak undo sehingga cocok untuk memperbaiki kesalahan yang berdampak kompleks.

Cara Redo di Photoshop Menggunakan 2 Cara

Selain undo, redo juga bisa kamu lakukan dengan 2 cara yang sudah ada sebagai fitur resmi photoshop. Berikut ini adalah penjelasan dari 3 cara redo di photoshop dengan mudah.

Cara Redo di Photoshop Melalui Menu

sumber gambar: leskompi.com

Sama seperti fitur undo, redo juga bisa kamu lakukan melalui menu yang tersedia. Berikut adalah caranya.

  1. Pastikan kamu sudah memiliki proyek di Adobe Photoshop yang sedang berjalan
  2. Klik menu “edit” pada bar navigasi di kiri atas
  3. Pilih opsi “redo delete states”

Catatan: fitur redo ini baru akan terbuka ketika kamu melakukan undo sebelumnya. Sama seperti undo, redo menggunakan metode ini juga hanya bisa kamu lakukan selama satu kali. Kamu juga bisa melakukan ini menggunakan CTRL + Z sebagai shortcut.

Redo Menggunakan Fitur Step Forward

cara redo photoshop
sumber gambar: leskompi.com

Selain step backward, ada juga fitur bernama step forward. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan redo selama beberapa langkah ke depan. Cara untuk mengaplikasikan langkah ini tidaklah rumit. Hampir sama seperti menggunakan fitur step backward.

  1. Pada Adobe Photoshop, klik tombol “edit” di bar navigasi
  2. Pilih opsi “step forward”

Catatan: sama seperti step backward, fitur cara redo di photoshop menggunakan step forward juga memiliki batas sebanyak 20 kali penggunaan. Untuk kombinasi shortcut via keyboard, kamu bisa menggukana Shift + CTRL + Z.

Cara Copy Paste di Photoshop Dengan Lebih Mudah Menggunakan Duplikat Objek

Selain cara undo dan redo pada Photoshop, kamu juga bisa melakukan copy dan paste pada objek. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menggandakan objek agar berjumlah lebih banyak. Umumnya, orang akan menggunakan fitur copy dan paste secara langsung. Tetapi, ada satu cara yang lebih simpel, yakni menggunakan duplikat.

Duplikat memberikan cara yang lebih mudah karena lebih sedikit menggunakan tombol dan aksi. Berikut adalah tutorialnya.

  1. Seleksi objek menggunakan alat untuk menyeleksi, contohnya adalah rectangular marque tool. Kamu bisa memilih tool tersebut dengan mengklik pada bagian kiri berbentuk persegi panjang dengan garis putus-putus
  2. Seleksi objek yang ingin kamu gandakan
cara copy paste photoshop
sumber gambar: index.my.id

Catatan: cara copy paste di photoshop menggunakan duplikat ini ada satu hal yang harus kamu perhatikan. Ketika menyeleksi, pastikan objek tidak memiliki latar belakang (karena latar belakang bisa ikut mengganda). kamu bisa menghilangkan latar belakang terlebih dahulu dengan membuatnya tidak terlihat. Atau bisa juga langsung dari layernya.

  1. Duplikat gambar tersebut menggunakan CTRL + J 
  2. Ubah format layer baru menjadi smart object
  3. Atur ukuran dan settingan lainnya pada gambar yang barusan kamu duplikat menggunakan CTRL + T
  4. Sesuaikan dengan kebutuhan
  5. Selesai

Catatan: duplikat adalah fitur yang memungkinakn kamu untuk melakukan penggandaan pada objek. Jadi, tahapan copy paste bisa lebih ringkas dan cepat.

Itulah penjelasan tentang cara undo di photoshop, redo, dan copy paste duplikat objek dari Kurotekno. Cara tersebut berlaku untuk semua jenis photoshop. Hanya saja ada kemungkinan untuk terjadi sedikit perbedaan.