Di era sekarang orang berlomba-lomba untuk mencoba menunjukkan dan memperlihatkan kepada dunia tentang apa yang ia miliki. Selain itu mereka juga ingin mengajak orang lain untuk mengikuti atau sekedar  melihat produk maupun berbagai hal yang disampaikan. Karena itulah banyak orang yang mulai mencari cara membuat spanduk di Photoshop.

Ada orang yang ingin dibeli dagangannya, ada orang yang ingin menaikkan nilai sebagai pemimpin, ada juga orang yang mengkampanyekan lingkungan sehat. Spanduk merupakan salah satu media yang dapat masyarakat pakai untuk menyampaikan hal-hal tersebut. Spanduk bersifat persuasi atau mengajak.

Sebenarnya banyak media yang bisa berfungsi untuk mendistribusikan iklan, namun spanduk memiliki berbagai kelebihan tertentu bagi penggunanya.

Ciri-ciri Spanduk di Photoshop

Spanduk memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan media lain. Spanduk memiliki ukuran cukup besar yang biasanya melebihi satu meter. Spanduk terbuat dari bahan kain dan pada dasarnya hampir semua spanduk memiliki bentuk persegi panjang. 

Cara membuat spanduk di Photoshop mengandung kalimat pendek dengan tulisan yang besar guna menjangkau banyak orang. Biasanya kalimat-kalimat yang ada tidak bertele-tele dan menggunakan slogan atau jargon tertentu dengan tujuan untuk menyampaikan ide.

Pada cara membuat spanduk di Photoshop, umumnya spanduk menggunakan warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk mudah dalam menarik perhatian dan tidak terlepas dari pandangan orang-orang.

Kelebihan Spanduk sebagai Media Iklan atau Informasi

Ciri dan kelebihan spanduk
Sumber gambar: Pixabay

Spanduk memiliki beberapa keunggulan dalam penyampaian informasi. Salah satu kelebihannya adalah dari proses pembuatannya tidak rumit. Dengan pembuatan yang tidak rumit dan sulit, maka kamu bisa memilih spanduk sebagai media terbaik dalam menyampaikan suatu ide.

Selanjutnya kelebihan spanduk yang lain adalah ukurannya yang besar, berkisar satu meter lebih. Dengan ukuran ini, spanduk mampu menjangkau lebih banyak orang.

Selain itu spanduk dapat dilihat secara berulang. Spanduk bukan media yang hanya dapat dilihat satu kali saja. Maka, dengan begitu frekuensi orang untuk melihat spanduk dapat mencapai angka yang tinggi.

Kemudian spanduk tidak sulit menarik perhatian orang-orang karena biasanya spanduk terdiri atas gambar dengan warna mencolok dan kalimat-kalimat slogan sederhana. Karena ini pula lah banyak orang mencari tutorial cara membuat spanduk di Photoshop untuk membantu pemasarannya.

Hal-hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Spanduk di Photoshop

Kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal sebelum memahami cara membuat spanduk di photoshop.

Hal-hal yang harus kamu perhatikan antara lain mengenai ukuran spanduk. Ukuran dari spanduk yang akan kita buat tidak boleh terlalu besar maupun terlalu kecil. Ukuran yang tidak sesuai dapat mengakibatkan orang-orang malas untuk sekadar melirik spanduk tersebut.

Bukan hanya ukuran saja, gambar desain serta foto pun tidak boleh luput dari perhatian kita. Gambar desain dan foto yang ada pada spanduk pun harus relevan dengan apa yang ingin disampaikan. 

Hal lainnya adalah pemilihan huruf. Seperti sepele, namun pemilihan huruf memiliki peran penting dalam menentukan orang-orang mau melihat atau tidak spanduk yang telah kita buat.

Selain dari segi tampilan yang telah disebutkan di atas, tulisan yang terkandung pada spanduk pun harus menarik dan mudah melekat serta tidak menjurus ke arah yang buruk. Gambar menarik tanpa tulisan yang unik dan jelas tidak akan ada maknanya dan tidak akan mampu menyampaikan informasi secara menyeluruh.

Cara Membuat Spanduk di Photoshop

Proses pembuatan spanduk menggunakan photoshop
sumber gambar: youtube.com

Setelah mengetahui apa itu spanduk, ciri-cirinya, serta kelebihannya maka sampailah kita di tutorial cara membuat spanduk di Photoshop dengan mudah dan praktis.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat spanduk di photoshop:

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Photoshop. Klik File kemudian New, atau dengan tekan CTRL+N. Selanjutnya pilih Custom

Catata: sesuaikan ukuran serta ubah satuan menjadi centimeters. Setelah itu ubah color mode menjadi CMYK dan klik ok.

  1. Masukkan gambar yang akan jadi latar belakang.

Catatan: jika kamu ingin membuat desain latar belakang terlebih dahulu, maka tidak ada salahnya juga. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu dalam membuat desain spanduk.

  1. Jika ingin menambahkan foto maupun logo, caranya sama dengan memasukkan background.
  2. Tahap berikutnya adalah memasukkan text. Caranya adalah klik toolsl dengan ikon “T” lalu klik pada background. Setelah itu ketik judul pada spanduk lalu atur ukurannya. 

Catatan: kamu bisa menduplikat teks tersebut dengan format yang serupa dan ubah tulisannya. Untuk mengubah font, pilih font yang ada di sebelah kiri atas, lalu sesuaikan ukurannya.

  1. Kemudian untuk mengubah warna, tekan fx lalu Color Overlay dan klik pada warna yang kamu inginkan. Jangan lupa perhatikan juga konten tulisan yang dimuat, harus menarik dan tidak bertele-tele.
  2. Langkah selanjutnya adalah Selective Color. Hal ini dilakukan agar menyesuaikan warna agar sesuai serta menarik perhatian. Caranya klik image kemudian pilih Selective Color, pilih warna yang akan kamu tingkatkan dan atur ukurannya. 
  3. Tahap terakhir adalah Save Project. Tekan CTRL+Shift+E untuk menggabungkan semua layer. 
  4. Tekan CTRL+ALT+I untuk mengubah ukuran gambar, lalu sesuaikan. Periksa melalui Actual Pixels untuk memastikan gambar tidak pecah. Kemudian simpan menggunakan CTRL+SHIFT+S. Beri nama dan pilih format.

Itulah beberapa langkah untuk cara membuat spanduk di photoshop dengan mudah dan praktis dari Kurotekno. Cara tersebut cocok untuk pemula yang baru belajar maupun untuk mengefisienkan waktu dalam membuat sebuah spanduk bagi desainer profesional. Kamu bisa melakukan proses pembuatan spanduk ini di versi Photoshop mana pun.