Erick Thohir sebut santri harus jadi bagian pondasi kemajuan Indonesia

Erick Thohir sebut santri harus jadi bagian pondasi kemajuan Indonesia

Kurotekno.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut santri harus menjadi bagian pondasi untuk kemajuan Indonesia ke depannya, khususnya dalam bidang ekonomi keislaman.

“Sudah waktunya bagaimana hari santri menjadi kebangkitan ekonomi umat yang didasari tentu keislaman dan didorong tentunya oleh para santri dan pemimpin muda,” ujar Erick saat membuka puncak peringatan Hari Santri di Jakarta, Sabtu.

Erick mengatakan tema Hari Santri 2022 yakni Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan memuat arti dan pesan yang mendalam. Menurutnya, Indonesia sudah lama hanya menjadi ‘buih’ bukan sebagai ‘ombak’ dalam perekonomian dunia.

Padahal, dengan penduduk mayoritas Muslim seharusnya Indonesia bisa berdaya dan menjadi kekuatan ekonomi terbesar khususnya pada bidang industri produk halal. Ia ingin Indonesia merebut pasar global dan menjadi aktor utama dalam industri produk halal.

“Benar kita nomor satu di dunia industri halal untuk konsumtif, tetapi bukan untuk produktifnya. Kita tidak masuk 10 besar dunia, yang masuk adalah China, Amerika, Brazil, Taiwan, yang bukan negara Muslim. Artinya ada yang salah,” kata dia.

Maka dari itu, ia mengajak santri untuk bisa menjadi tonggak kemajuan industri halal, agar Indonesia dapat menjadi pelaku utama di pasar global.

Menurutnya, sinergi antara pemerintah pusat, daerah, BUMN, dan swasta diperlukan guna menjadikan ekonomi keislaman sebagai bagian pondasi kemajuan Indonesia ke depan.

“Karena itu, penting sekali di era dunia yang sedang berubah saat ini, kita harus memberanikan diri, melangkah, berlari, bahkan terbang. Bagaimana kita bisa menjadi ombak, bukan penonton, tapi melakukan perubahan ekonomi Indonesia,” kata dia.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: