Heboh, Pakistan Miliki ATM Tertinggi di Dunia, Tepat Diketinggian 4.693 MDPL

Heboh, Pakistan Miliki ATM Tertinggi di Dunia, Tepat Diketinggian 4.693 MDPL

Kurotekno.com – Bagi traveler, ATM adalah fasilitas yang terpenting ketika isi dompet mulai kritis. Biasanya mesin ATM dapat dengan mudah kamu temukan diberbagai keramaian pusat kota ataupun pinggir-pinggir jalan dan pusat perbelanjaan. Namun, berbeda dengan ATM yang satu ini serasa terletak diatap dunia. Bagaimana tidak, Anjungan Tunai Mandiri ini terletak diketinggian 4.693 meter diatas permukaan laut. Hebohnya berada diarea pegunungan yang biasa menjadi jalur mendaki para traveler yang ingin menikmati pegunungan Karakoam.

Lokasi ATM berada di puncak Khunjerab Pass jalur perbatasan antara Pakistan dan Thiongkok. Tingginya keberadaan ATM ini hingga mendapat rekor Guiness Worlf Record yang diterima oleh National Bank of Pakistan sebagai penyedia jaringan. Meski berada diketinggian, dan memiliki jangkauan yang sulit bagi para pengguna, namun ATM ini cukup sering digunakan para masyarakat terkedat dari kawasan Karakoam. Bahkan banyak traveler yang penasaran akan ATM ini dengan sengaja mereka mendatangi Khunjerab Pass hanya untuk melihat kondisi ATM serta menikmati indahnya pegunungan.

Salah satu traveler asal Afrika Selatan, Ayesha Baya terheran heran ketika melihat adanya ATM dan mencoba untuk mengambil uang. Takjubnya traveler ini sembari mengambil uang juga merasakan dinginnya udara sekitar hingga nyaris membeku ditengah hamparan salju. Tak menyangka dikawasan pegunungan bersalju tersedia ATM, sesuatu pemandangan yang sangat unik.

Banyak netizen yang mempertanyakan akan keberadaan ATM ini seperti bagaimana kondisi listrik untuk menghidupkannya? Bagaimana jaringan yang terkoneksi? Maka lambat laun dijawab oleh tim dari National Bank of Pakistan, bahwa ATM ini didirikan sejak 2016 dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang. ATM ini dihidupi dengan listrik yang bersumber dari panel surya dan tenaga angin yang didirikan disekitar area ATM.

Hebatnya, jaringan yang digunakan sangat bersahabat hingga ATM tiap saat bisa digunakan oleh siapapun terlebih para traveler yang berada dikawasan pegunungan Karakoam. Keamanan ATM ini tetap terjaga setiap hari karena disediakan petugas untuk menjaganya. Meski sering diterpa badai salju hingga cuaca ekstrem namun ATM ini dapat mengeluarkan uang rata-rata sekitar 5 juta rupee atau setara dengan 927 juta dalam kurun waktu dua minggu.

Menurut pengakuan petugas penjaga ATM ada beberapa kekurangan yang biasa ditemuak di ATM ini seperti gagalnya konektivitas dari satelit, cadangan listrik kadang bermasalah membuat kartu sering tersangkut. Hal paling penting dan ATM wajib dimatikan ketika cuaca ekstrem atau terjadi badai salju. Keberadaan ATM ini sangat membantu para mereka yang sedang bertugas menjaga area perbatasan sehingga dengan mudah mentransfer gaji mereka untuk keluarga tercinta tanpa harus melakukan perjalanan hingga ratusan kilometer menuruni pegunungan bersalju.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: