Ide Bisnis Online untuk Pelajar Tanpa Modal – Memulai bisnis di usia pelajar adalah pilihan terbaik mendapatkan pengalaman bisnis lebih dini. Jika kamu seorang pelajar dan mencari ide bisnis online untuk pelajar yang mudah dan tanpa modal, kamu ada di tempat yang tepat.

10 Ide Bisnis Online untuk Pelajar Tanpa Modal dan Mudah

Berikut ini adalah 10 ide bisnis online yang bisa kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan passion kamu dalam memilih sebuah bisnis secara online, antara lain :

1. Reseller

Ide bisnis online untuk pemula yang paling sederhana adalah membeli dan menjual produk secara online. Namun pastikan kamu membeli produk dari supplier dengan harga yang rendah sehingga bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

Untuk menjadi reseller, kamu harus benar-benar hati-hati untuk menghindari persediaan yang akhirnya sulit terjual.

2. Freelancer

Kamu memiliki keahlian dan pengetahuan seperti desain situs web, desain grafis, SEO, atau yang lainnya? Jika iya, maka bisnis freelancing yang memang menuntut keterampilan khusus ini cocok untuk kamu.

Contoh situs web yang menawarkan pekerjaan freelancer yaitu Freelancer Indonesia, Projects.co.id, Sribulancer, Fiverr, dan sebagainya. Bahkan ada situs yang memiliki lebih dari seribu kategori pekerjaan yang bisa kamu pilih.

3. Bisnis Dropshipper

Berbeda dengan reseller, dropshipper bisa menjadi bisnis untuk pelajar tanpa modal. Untuk menjadi dropshipper, kamu tidak perlu membeli atau repot menjaga inventaris dan mengirim produk.

Kamu hanya perlu menjual produk kemudian meneruskan pesanan ke pemasok dan pemasok yang akan mengirimkan produk. Tugas kamu hanya menjual.

4. Photografer

Kamu salah satu pelajar yang hobi mengabadikan momen indah dalam foto yang berkualitas? Kenapa tidak dijadikan uang? Kamu bisa menjualnya di situs jual foto seperti Shutterstock, 500px Prime, SmugMug Pro, iStockphoto, Etsy, dan lain-lain.

Tidak hanya situs, beberapa aplikasi lain juga bisa menjadi tempat bagi kamu untuk menjual foto. Seperti Twenty20, EyeEm, Snapwire, Foap, Scoopshot, Adobe Stock, Dreamstime, dan FreeDigitalPhotos.net.

5. Blogger

Blogging bisa menjadi salah satu ide bisnis untuk pelajar SMP, SMA maupun mahasiswa. Kamu bisa memulai menulis blog sesuai dengan niche kamu. Contohnya seperti teknologi, traveler, keuangan, pendidikan, atau tutorial.

Dengan blogging, kamu bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari iklan saat blog menjadi populer dan menghasilkan lalu lintas.

6. Youtuber

Hampir sama dengan blogger. Untuk menjadi seorang youtuber, kamu juga perlu menentukan topik yang kamu kuasai. Bedanya, di saluran youtube, kamu menyampaikannya melalui video kreatif lalu diposting.

Saat saluran youtube kamu dikenal dan disukai banyak orang, daftarkan untuk program Mitra Saluran Youtube. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan jika sudah memenuhi syarat.

7. Pemasaran Afiliasi (Affiliate Marketing)

Daftar ide bisnis online modal kecil dan bahkan tanpa modal selanjutnya yaitu dengan mendaftar program afiliasi. Tugas kamu adalah menjual atau mempromosikan layanan atau produk perusahaan tempat kamu mendaftar afiliasi.

Uang yang kamu dapatkan merupakan komisi dari hasil penjualan yang datang dari akun afiliasi kamu.

8. Jasa Penulis Lepas

Kamu sangat baik dengan kata-kata dan merasa memiliki bakat dalam menulis, maka kamu bisa memulai layanan menulis lepas. Tugas menulis yang akan kamu tangani meliputi, posting blog, siaran pers, proposal bisnis, artikel, dan sebagainya.

Jika kamu ahli dalam bidang tersebut, beberapa situs web akan sangat membantu. Seperti, Linkedln, Mediabistro, Contently, IDN Times, UC News, Geotimes, Voxpop, dan banyak lagi.

9. Manajer Sosial Media

Selain sebagai media promosi, media sosial juga bisa menjadi tempat bagi kamu untuk berbisnis. Salah satu contoh bisnis online untuk pelajar di instagram dan platform lainnya yaitu menjadi manajer media sosial.

Layanan periklanan media sosial yang berharga ini bisa kamu tawarkan kepada para pemilik bisnis.

10. Iklan PTC (Pay to Click)

Cara mudah menghasilkan uang dari internet adalah dengan mendaftar di situs web PTC yang sah. Contohnya seperti Planetclix, Duitbux, Ojooo, Prize Label, DimondClix, Clixsense, dan Neobux.

Kemudian mulai bekerja dengan mengklik iklan atau menontonnya selama satu atau dua jam setiap hari.

Penutup

Itulah 10 daftar ide bisnis online untuk pelajar dari Kurotekno di atas bisa kamu kelola sendiri dengan memanfaatkan smartphone atau PC yang kamu miliki. Sekarang, pilih peluang bisnis berdasarkan keahlian dan waktu yang kamu butuhkan untuk terus konsisten.