Kurotekno — Zaman terus berkembang dan era digital sudah menghampiri beberapa tahun belakangan. Kebutuhan akan akses internet dan barang digital jadi hal yang penting. Bahkan, pada sebuah bisnis kamu memerlukan akses media sosial yang membutuhkan banyak konten seperti tulisan dan desain. Untuk bagian desain, Coreldraw adalah salah satu aplikasi rekomendasinya. Bagaimana cara belajar Coreldraw untuk pemula?

Perlu kamu ketahui bahwa kebutuhan desain seperti banner, poster, dan lain sebagainya selalu meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini sering orang gunakan untuk melakukan promosi, terutama bagi pengusaha. Tidak sampai di situ, desain seperti ini juga orang pelajari untuk membuka jasa atau menjual produknya seperti template hingga terjun sebagai konten kreator.

Mengenal Apa Itu Coreldraw Secara Umum

Software ini merupakan salah satu aplikasi yang cocok jadi pilihan utama bagi kamu jika ingin tahu cara belajar Coreldraw untuk pemula. Coreldraw adalah aplikasi yang bergerak dalam bidang editing grafik vektor milik pengembang ternama, Corel. Corel sendiri adalah sebuah perusahaan yang berpusat di kawasan Ottawa, Kanada.

Versi terbaru dari perangkat lunak ini sudah ada di X8. Pihak pengembang Coreldraw membuat aplikasi ini khusus untuk sistem operasi Windows 2000 hingga generasi terbaru. Sampai sekarang, aplikasi ini masih sering orang pakai untuk berbagai desain digital karena memiliki spesifikasi yang sangat ringan.

Kelebihan Cara Belajar Coreldraw Untuk Pemula

sumber gambar: bimainstitute.com

Bukan tanpa alasan, Coreldraw cocok bagi para pemula karena beberapa hal. Selain soal spesifikasi yang ringan, perangkat lunak ini juga memiliki banyak kelebihan lain. Baik bagi pemula maupun profesional, kelebihan dari Coreldraw akan sangat membantu proses mendesain. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang Corel miliki untuk proses desain.

  1. Tampilan yang mudah dan simpel, terutama bagi pemula
  2. Pengguna bisa lebih terbiasa menggunakan Corel untuk proses editing. Bahkan, para profesional sudah merekomendasikan aplikasi ini untuk belajar bagi pemula
  3. Mendukung banyak format baik keperluan impor dan ekspor
  4. Mendukung format ai sehingga bisa kamu buka file ekspor di Adobe Illustrator
  5. Menghasilkan gambar dengan resolusi dan kualitas tinggi, jadi gambar tidak akan pecah
  6. Memiliki banyak alat, seperti selection, move, coloring, dan masih banyak lagi

Pahami Fitur Dasar CorelDraw

Sebagai proses awal dari cara belajar Coreldraw untuk pemula, kamu bisa memahami fitur dasarnya terlebih dahulu. Fitur dasar akan membuat perkembangan belajar desainmu menjadi lebih mudah. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dalam menemukan cara desain pribadi. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam memahami setiap fitur dan alatnya.

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki laptop dengan spesifikasi cukup. Paling tidak, gunakan perangkat desktop dengan Windows 7 atau lebih, prosesor intel i3 / AMD ryzen 3 atau lebih dengan sokongan 4GB RAM. Kemudian, ikuti beberapa langkah utama dalam belajar Coreldrow di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Coreldraw di perangkat kamu (laptop / komputer)
  2. Buat lembar kerja baru dengan mengklik bagian “new document”
  3. Pilih “create a new document” untuk membuat dokumen baru

Catatan: pada bagian ini kamu bisa mengatur ukuran dokumen serta beberapa pengaturan lain. Atur sesuai keinginan serta kebutuhan kamu.

  1. Selesai, lembar kerja baru akan terbuat dan kamu siap untuk ke tahap berikutnya

Pada lembar baru ini, kamu akan menemukan banyak alat-alat di bagian kiri layar. Kamu juga akan melihat beberapa bar menu yang membantu proses desainmu, seperti impor, ekspor, serta menyimpan hasil desain ke perangkat. Untuk fitur dasar, berikut adalah beberapa poin yang harus kamu pahami.

macam-macam tools coreldraw
sumber gambar: 4winmobile.com

Fitur Menu Bar

Fitur pertama adalah beberapa hal yang ada di menu bar. Pada bagian ini kamu akan menemukan banyak poin utama, seperti membuka file, membuat baru, segenap fitur editing dan pengaturan lainnya.

Property Bar Sebagai Cara Belajar Coreldraw untuk Pemula

Sekilas, property bar memang terdengar sangat complicated untuk pemula, tetapi nyatanya tidaklah sesulit ini. bagian ini hanya berisi perintah tertentu yang berguna untuk mengatur objek lebih detail lagi.

Palet Warna (Color palette)

Sesuai dengan namanya, fitur ini Corel sediakan sebagai cara belajar Coreldraw untuk pemula untuk mengatur warna. Ada banyak pilihan warna, bahkan kamu bisa mengaturnya sendiri dengan mengatur kecerahan dan saturasi.

Fitur Docker

Kemudian ada fitur docker yang memiliki fungsi untuk mengatur fitur secara relevan. Fitur ini hanya akan berfungsi untuk beberapa tools saja yang memiliki pengaturan lebih di dalamnya.

Cara Belajar Toolbox Coreldraw Untuk Pemula 

Toolbox adalah istilah dalam cara belajar Coreldraw untuk pemula yang merujuk pada sekumpulan alat-alat desain. Berikut ini adalah beberapa alat yang ada di Coreldraw.

Fitur Pick Tool

Pick Tool adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menyeleksi serta mengatur objek. 

  1. Freehand pick = untuk seleksi bebas
  2. Free Transform = untuk mengubah bentuk objek

Shape Tool

Alat ini biasa orang gunakan untuk membentuk objek dan garis. Desainer menggunakan fitur ini untuk membuat bentuk tertentu sebagai bagian dari desain.

Crop Tool

Sesuai dengan namanya, alat ini berguna untuk memotong objek yang tidak perlu.

Fitur Zoom Tool

Selanjutnya ada fitur zoom untuk memperbesar dan memperkecil gambar. Memperbesar gambar cocok untuk membuat hal detail dalam desain.

Freehand Tool

Freehand Tool kamu pakai untuk membuat objek garis dengan bebas. Cocok untuk membuat garis dasar sebagai patokan atau bahkan outline desain.

Fitur Artistic Media Tool

Fitur ini digunakan untuk membuat garis artistik, seperti kaligrafi atau sejenisnya.

Rectangle, Ellipse, dan Polygon Tool

Ketiga tool ini sama-sama menggunakan beberapa titik sebagai poin utama dalam membuat bentuk.

Text Tool

Dalam cara belajar Coreldraw untuk pemula, kamu wajib memahami text tool. Fitur ini berguna untuk memasukkan teks ke dalam desain. Seluruh desainer selalu melakukan hal tersebut, terutama 

Itulah penjelasan tentang cara belajar Coreldraw untuk pemula dari Kurotekno. Sebenarnya masih ada tools lain yang ada, tapi beberapa alat di atas sudah cukup untuk pemula. Kamu bisa eksplorasi untuk memahami fungsi lengkapnya.