Ketika membuat suatu logo atau spanduk, umumnya terselip kata-kata yang mudah teringat. Dengan memilih font yang benar, tujuan dari hal yang kamu buat pun akan tersampaikan secara tepat. Kemudian kamu bisa membuat ciri khas tersendiri melalui font yang dipilih. Oleh karena itu, akan Kurotekno jelaskam bagaimana cara menambah font di Photoshop.

Berdasarkan sejarah, font memiliki arti karakter berbeda yang diukir dari kayu atau logam cair dalam cetakan.

Font pertama kali muncul ketika teknik pencetakan pertama berkembang di Asia. Lebih tepatnya, hal itu terjadi di daerah Asia Timur yang berlangsung di kisaran tahun 206 SM – 220 M, ketika orang-orang Cina mulai menggunakan cetakan balok kayu pada kain dan kertas.

Sekarang banyak orang yang menggunakan Photoshop untuk keperluan membuat suatu logo, melakukan edit pada foto, atau membuat spanduk. Hal ini karena Photoshop cukup efisien dan tidak memiliki kerumitan yang tinggi. Jenis font yang ada saat ini begitu banyak, kamu bisa menggunakannya setelah menyimak cara menambah font di Photoshop.

Jenis Font serta Cara Menambah Font di Photoshop

Jenis font

Selain menaruh kalimat yang menarik, tampilan dari tulisan pun harus kamu jadikan perhatian. Bentuk huruf yang ada harus sesuai dan tidak membosankan. Kamu dapat memperoleh keuntungan jika menggunakan font yang sesuai. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan antara lain produkmu lebih mudah masyarakat kenali (mudah dalam hal branding).

Saat melakukan promosi dalam bentuk spanduk atau menerapkan kata pada sebuah logo, ada sesuatu yang perlu kamu ketahui agar hal tersebut dapat berjalan lancar sekaligus sampai kepada target. Sebelum mengetahui cara menambah font di Photoshop, kamu harus mengetahui jenis-jenis font terlebih dahulu.

Font Sans Serif Photoshop

Salah satu font yang sering desainer pakai adalah Sans Serif. Font ini berstruktur tajam sehingga mudah untuk dibaca. Font Sans Serif merupakan jenis yang tidak sulit menyatu dengan gambar desain apa pun. Contoh font yang termasuk ke dalam Sans Serif adalah Arial, Futura, dan Gothic.

Jenis Font Serif

Jenis font yang kedua adalah Serif. Font Serif mempunyai garis kecil yang berdiri horizontal pada badan huruf. Contoh font yang termasuk ke dalam Serif adalah Times New Roman, Georgia, dan Garamond. Untuk contoh yang lain bisa kamu tambahkan setelah memahami cara menambah font di Photoshop.

Font Handwritten di Photoshop

Kemudian font lain adalah Handwritten. Sesuai dengan namanya, font ini mirip dengan tulisan tangan manusia. Namun penggunaan font ini cukup terbatas, umumnya hanya berguna untuk logo, poster, dan sampul buku. Contoh font yang termasuk ke dalam Handwritten adalah Neucha, Courgette, dan Cookie.

Script

Berikutnya ada font Script. Font ini biasanya orang gunakan pada tulisan singkat, seperti undangan pernikahan dan penulisan nama di sertifikat. Contoh font yang termasuk ke dalam Script adalah Vivaldi, Bromello, dan Segoe Script. Jika kamu ingin mengetahui font lain, kamu akan menemukannya setelah membaca cara menambah font di Photoshop.

Monospace

Jenis font selanjutnya adalah Monospace. Awalnya font ini diciptakan untuk mesin ketik dengan ukuran huruf melintang dan karakternya yang sama lebar secara horizontal. Contoh font yang termasuk ke dalam Monospace adalah Menlo, Monaco, dan Courier. Untuk melihat atau memiliki font lain kamu harus melihat cara menambah font di Photoshop.

Cara Mengganti Font di Photoshop

Sumber gambar: texttuts.com

Setelah mengetahui berbagai jenis font, pasti akan lebih banyak lagi font yang ingin diketahui. Selanjutnya kamu akan segera memahami cara menambah font di Photoshop. Sebelum itu, akan dijabarkan terlebih dahulu cara mengganti font di Photoshop.

  1. Tentu saja langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Photoshop.
  2. Langkah kedua buka layar kerja kamu dengan menekan CTRL+N
  3. Setelah itu, ketik huruf yang kamu inginkan dengan menekan tools “T”
  4. Lalu blok semua tulisan dengan cara menekan CTRL+A
  5. Berikutnya klik jenis font yang kamu inginkan (ada di sisi kiri atas).

Langkah-langkah cara mengganti font di Photoshop pun sudah selesai.

Namun jika kamu tidak mau merasa ‘ribet’ karena harus terus kembali ke menu jenis font, maka kamu dapat melakukan sebuah alternatif. Setelah melakukan langkah no. 4, kamu bisa menekan CTRL+C, lalu klik dua kali persis di bagian jenis font. Kemudian tekan CTRL+V. Setelah itu gunakan keyboard arah panah atas-bawah sehingga lebih mudah dalam memilih font. 

Cara Menambah Font di Photoshop 

Sumber gambar: tutorian21.com

Jika kamu ingin mencari font lain karena bosan dengan jenis font yang itu-itu saja, kamu dapat menambahnya sendiri. Hal ini tentu membuat kamu memiliki lebih banyak pilihan ketika menentukan jenis huruf apa yang akan kamu gunakan. Berikut cara menambah font di Photoshop dengan mudah:

  1. Buka browser dan kunjungi tempat untuk mengunduh berbagai macam font

Contoh: di sini kamu dapat menggunakan dafont.com. Selanjutnya akan muncul jenis font yang bisa kamu pilih. Selain itu kamu dapat mencari jenis font berdasar abjad.

  1. Klik download pada jenis font yang kamu pilih.
  2. Setelah terunduh, pergi ke File Explorer dan pilih Download. Maka font yang telah kamu unduh tadi akan muncul.
  3. Klik kanan dan klik extract file.
  4. Selanjutnya copy (salin) file.
  5. Kemudian pergi ke Local Disk, klik Window, font, lalu paste (tempel) file tersebut di sana.
  6. Buka Photoshop, lalu periksa jenis font yang telah kamu download.

Begitulah cara menambah font di Photoshop dengan langkah yang sederhana dan mudah dipahami dari Kurotekno. Jadi, jangan khawatir jika kamu hanya menggunakan font yang itu-itu saja. Sekarang kamu bisa memiliki berbagai font yang unik guna menambah kreativitas dan variasi dalam membuat suatu karya.