Seluruh bidang usaha pasti memerlukan promosi untuk memperkenalkan produknya. Promosi memiliki banyak tujuan, seperti untuk branding, menjangkau konsumen baru, memperkenalkan suatu produk atau jasa, dan lain-lain. Salah satu media promosi yang sering pebisnis pakai untuk promosi adalah brosur. Karena itulah banyak orang mencari tahu cara membuat brosur di Photoshop.

Brosur memiliki ciri khas yang singkat, padat, dan jelas. Media ini terdiri dari informasi ringkas mengenai suatu usaha. Sebuah brosur atau pamflet berkualitas baik apabila informasi yang ada di dalamnya dapat konsumen pahami dengan mudah.

Desain brosur yang baik juga mempengaruhi penerimaan konsumen. Desain kreatif dan informatif jadi poin yang bisa menarik minat konsumen. Untuk membuat brosur sendiri, sekarang sudah ada banyak media yang bisa kamu pakai, seperti Photoshop. Perangkat lunak ini sering jadi kepercayaan oleh para desainer grafis profesional untuk proses desain.

Kelebihan Brosur Sebagai Media Promosi 

Kelebihan brosur

Brosur memiliki kelebihan yang tidak ada di media periklanan lainnya. Kelebihan tersebut berupa sifatnya yang informatif dan dapat dipahami dalam waktu singkat. Penggunaan brosur juga fleksibel karena bisa kamu cetak atau bisa juga dalam bentuk digital untuk penyebarannya. Aspek fleksibel ini juga terdapat pada cara membuat brosur di Photoshop.

Brosur juga tidak memiliki masa kadaluarsa dan dapat dilihat berulang kali. Perusahaan juga tidak perlu merencanakan budget untuk membuat desain promosi baru, karena inilah brosur jadi pilihan pelaku UMKM. Di mata konsumen, media ini juga bergerak sebagai wadah promosi yang efektif untuk mengetahui informasi mengenai suatu perusahaan.

Brosur memiliki ciri khusus dalam desainnya yaitu dalam satu desain terbagi menjadi 3 bagian. Bagian tersebut umumnya saling berkaitan dan memperkuat informasi dari bagian sebelumnya. Kelebihan ini lah yang membuat brosur dalam bentuk cetak lebih mudah disimpan.

Ciri Brosur Yang Dapat Menarik Konsumen

Tips ciri brosur yang bagus

Brosur secara umum memiliki tujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk. Namun, ada beberapa kriteria khusus yang menjadikan brosur lebih menarik di mata pembaca. Hal ini perlu kamu pahami sebelum memahami cara membuat brosur di Photoshop.

Berikut ciri-ciri brosur yang dapat menarik konsumen.

  1. Desain yang menarik dan mudah audiens pahami. Pemilihan font dan warna untuk desain memiliki aspek penting dalam penilaian visualisasi. Brosur yang memiliki font tidak seragam, ukuran tidak konsisten, dan warna tulisan yang bertabrakan tentu akan membuat tidak nyaman pembaca.
  2. Informasi yang ada harus jelas dan tidak bertele-tele. Pesan pada brosur harus padat, namun mampu merangkum maksud dan tujuan dari iklan  itu sendiri.
  3. Pengelolaan dan penataan informasi di brosur harus rapi dan mudah dipahami.
  4. Ukuran brosur harus cocok dengan kebutuhan. Ukuran brosur umumnya 29,7 x 21 cm. Apabila ukuran lebih besar, maka akan menyulitkan konsumen untuk membawanya. Sedangkan ukuran brosur yang lebih kecil memiliki ruang  sempit untuk menampung informasi.
  5. Informasi penting tertulis lengkap, meliputi kelebihan produk, alamat, kontak yang dapat dihubungi serta akun media sosial atau website aktif. Informasi ini akan berguna jika calon konsumen tertarik dengan produk yang kamu.

Penjelasan di atas dapat kamu jadikan tips untuk membuat brosur yang baik sehingga bisa menarik konsumen. Terapkan tips tersebut pada cara membuat brosur di Photoshop kali ini.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Brosur di Photoshop

Sebelum membuat brosur alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan hal yang diperlukan sehingga tidak menemui kendala dalam proses pembuatan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal aplikasi photoshop di laptop atau komputer yang akan kamu gunakan.

Langkah selanjutnya adalah ringkas informasi yang akan kamu sampaikan di word, notepad, atau sejenisnya. Siapkan juga gambar yang akan kamu pasang di brosur. Terakhir, kamu harus mencari referensi yang ada di internet. Referensi ini nanti akan berguna sebagai inspirasimu dalam penataan informasi di brosur.

Pastikan juga tempat yang tenang dan bebas dari gangguan agar kamu dapat mempraktekkan cara membuat  brosur di Photoshop  dengan nyaman.

Cara Membuat Brosur Sederhana di Photosop Bagi Pemula

Cara membuat brosur di photoshop
Sumber gambar: youtube.com

Membuat brosur di photoshop tidak bisa kamu lakukan secara instan. Namun, kamu bisa mempraktekkan cara membuat brosur di photoshop dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini. 

  1. Bukalah aplikasi photoshop yang telah kamu install sebelumnya.
  2. Tambahkan lembar kerja baru dengan cara klik CTRL + N, kemudian pilih ukuran A4. 
  3. Atur color menjadi CMYK dan pilih resolusi sebesar 300 pixels.
  4. Bagilah lembar kerja menjadi 3 bagian dengan cara klik view lalu klik New Guide
  5. Buatlah garis vertikal dengan posisi 33,3% dan klik OK. 
  6. Ulangi langkah yang sama dengan posisi 66,6% untuk bagian kedua.
  7. Seleksilah bagian yang akan kamu, lalu klik Rectangular Marquee Tool pada toolbox.
  8. Tentukan warna yang akan kamu gunakan, lalu klik Set Foreground Color untuk memilih warna.
  9. Seleksi bagian yang akan kamu warnai. 

Catatan: jika di lembar kerja muncul tanda putus-putus, tandanya seleksi sedang berjalan.

  1. Klik Horizontal Type Tool pada Toolbox lalu masukkan informasi beserta gambar yang telah kamu siapkan tadi.
  2. Simpan brosur yang telah selesai kamu buat dengan cara klik CTRL + S lalu pilih nama berkas dan tempat penyimpanan.

Cara membuat brosur di Photoshop ini sangat praktis dan simpel, cocok bagi kamu yang masih pemula. Sebagai tambahan Kurotekno, kamu juga memasukkan beberapa gambar relevan dan atur layout-nya agar rapi.