Kurotekno.com – Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L3110. Printer yang terkenal dengan kelebihan multifungsinya ini memiliki banyak sekali kelebihan di dalamnya. Namun tak bisa dipungkiri, sesempurna apapun sesuatu pasti memiliki kekurangan juga.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L3110

Printer Epson L3110 merupakan printer dengan kegunaan mencetak, memindai, maupun menyalin. Dengan sistem percetakan bebas kartid, printer ini sangat populer pada berbagai kalangan. Berikut ini berbagai kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110.

1. Desain Printer

Printer ini memiliki desain simpel dan minimalis sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Pada umumnya tangki tinta printer berada di samping. Namun printer Epson L3110 meletakkan tangki printer menyatu di bagian depan printer.

Letak tangki printer akan memudahkan pengguna dalam proses pengisian tinta serta mencegah dari kemungkinan tumpah. Peletakan printer ini sangat cocok di rumah, ruang kerja, maupun ruang belajar karena desainnya yang mampu membuat suasana minimalis.

2. Cetakan Cepat dan Tajam

Bahasan mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110 berikutnya adalah mengenai kecepatan mencetaknya. Printer ini mampu mencetak halaman berwarna hitam dengan kecepatan 10 ipm dan cetak berwarna hanya butuh 5 ipm saja. Tentunya hal ini sangat menghemat waktu.

Hasil cetakan dari Epson L3110 juga sangat tajam. Resolusi maksimal printer ini mencapai 5760 x 1440 dpi. Maka dari itu printer ini bisa dikatakan cocok untuk mencetak gambar dengan ketajaman super tinggi.

3. Kemampuan Scan dan Copy

Kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110 berikutnya adalah mengenai kemampuan scan dan copy dari printer ini. Tidak dapat diragukan lagi, kemampuan scan Epson L3110 bisa memberi hasil maksimal dengan resolusi maksimal 600 x 1200 dpi dan maksimal area 216 x 297 yang dimilikinya.

Untuk kemampuan copy Epson ukuran maksimal kertas adalah A4. Meski begitu printer ini mampu mengkopi hingga 20 lembar banyaknya. Maka dari itu kemampuan multifungsi Epson L3110 ini menjadi keunggulan utama dari produknya.

4. Tabung Warna

Selain bahasan di atas, tabung warna menjadi poin penting dalam mengulas kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110 ini. Pasalnya, printer ini hanya memiliki 4 tabung warna, yaitu hitam, cyan, magenta, dan kuning.

Tinta harus menggunakan tinta premium yang harus diisi ulang agar bisa menghasilkan cetakan sejumlah 4500 halaman hitam dan 7500 halaman berwarna. Jumlah halaman yang bisa diprint merupakan kelebihan printer ini, namun jumlah tabung warna bisa menjadi kekurangannya.

5. Kebutuhan Resetter

Saat printer mulai bermasalah, pengguna harus melakukan reset untuk mengembalikan pengaturan printer. Hal ini harus dibahas dalam kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110. Bagaimana tidak, printer ini memiliki ambang batas cetakan.

Saat ambang batas tercapai, printer ini akan berhenti bekerja. Untuk mengatasinya, pengguna harus melakukan reset dengan menggunakan software resetter yang tentu saja membutuhkan waktu dan usaha lebih untuk melakukannya.

6. Paper Jam

Saat membahas mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110, kejadian paper jam menjadi kekurangan tersendiri. Paper jam merupakan kondisi dimana kertas tersangkut saat proses pencetakan.

Kejadian ini dinilai tidak sering terjadi dan hanya saat mencetak menggunakan kertas tebal. Solusinya adalah dibutuhkan bantuan dorongan tangan pada printer agar bisa mengeluarkan kertas dan mengatasi adanya paper jam.

Itu dia pembahasan yang telah Kurotekno sajikan mengenai kelebihan dan kekurangan printer Epson L3110 yang bisa menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin membeli printer. Penting juga bagi kalian untuk memperhatikan cara membersihkan printer epson l3110 agar tidak terjadi masalah saat melakukan proses print. Dari bahasan di atas bisa dikatakan Epson L3110 lebih banyak memiliki kelebihan dibanding kekurangan pada perangkatnya.