Kurotekno.com – Inovasi selalu dihadirkan untuk menciptakan teknologi terbaru seperti pada Samsung Galaxy Z Fold2. Smartphone lipat yang penuh dengan inovasi ini diluncurkan pada bulan September 2020 lalu. Sama dengan generasi lamanya, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 cukup banyak.

Hanya saja beberapa kekurangan sudah banyak yang dikurangi dan hadir dengan beragam fitur terbaru serta build quality yang nyaris sempurna untuk versi yang kedua ini. Nah, agar lebih jelas mari simak Review HP Samsung Galaxy Z Fold2 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold2

Sebelum membahas Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2. Berikut informasi spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold2:

  • Dimensions:
    Unfolded: 159.2 x 128.2 x 6.9 mm
    Folded: 159.2 x 68 x 16.8 mm
  • Weight: 282 g (9.95 oz)
  • Build: Glass front (folded), plastic front (unfolded), glass back, aluminum frame
  • SIM: Nano-SIM and/or eSIM
  • Type: Foldable Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+
  • Size: 7.6 inches, 180.8 cm2 (~88.6% screen-to-body ratio)
  • Resolution: 1768 x 2208 pixels (~373 ppi density)
  • Cover display: 6.23″, Super AMOLED, 816 x 2260 pixels (25:9), Corning Gorilla Glass Victus
  • OS: Android 10, upgradable to Android 11, One UI 3.0
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×3.09 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Memory Card slot: –
  • Memory Internal: 256GB 12GB RAM, UFS 3.1
  • Main Camera: Triple
    12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS
    12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
    12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide), 1.12µm
  • Selfie Camera: Single 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
  • Cover Camera: 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE, aptX HD
  • GPS: Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • NFC: Yes
  • Radio: –
  • USB: USB Type-C 3.2
  • Battery: Li-Po 4500 mAh, non-removable
  • Harga Baru : Rp 13.699.000Rp 33.888.000
  • Harga Second : Rp 11.000.000Rp 16.000.000

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Selain hadir dengan spesifikasi mumpuni dan memiliki banyak kelebihan, Hp lipat ini juga tak luput dari kekurangan. Pada ulasan selanjutnya akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2. Berikut ini beberapa kelebihannya secara menyeluruh:

1. Teknologi Hp Lipat

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2 yang paling ketara adalah teknologi Hp lipat. Konsep Hp lipat sendiri sangat jarang dijumpai di pasaran, sehingga persaingannya tidak begitu ketat. Hp ini mampu memberikan kemudahan baik dari segi produktivitas ataupun hanya sekedar hiburan.

Dengan produk ini, pengguna bisa memakai mode lipat jika ingin melakukan beberapa aktivitas di layar cover-nya sebagai smartphone biasa. Namun jika ingin memakainya sebagai tablet, maka tinggal membuka perangkat untuk menampilkan layar yang cukup besar.

2. Layar Cover Ukuran Besar

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Tak hanya layar utama, Samsung telah melengkapi perangkat ini dengan layar kedua atau yang dinamakan dengan Cover. Meskipun hanya sebagai layar tambahan, ukuran yang disuguhkan dalam cover ini terbilang lebar. Ini sebenarnya menjadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold2.

Mengusung layar cover dengan ukuran 6,23 inch dan panel Super AMOLED, perangkat ini menjadi jauh lebih baik dibandingkan seri Galaxy Z Fold lainnya. Tapi banyak juga pengguna yang kurang nyaman ketika melihat video menggunakan layar cover yang lebih besar.

3. Flex Mode Sangat Praktis

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Flex Mode merupakan kondisi dimana smartphone dapat dibuka di beberapa sudut. Jadi selain 180 derajat, bisa juga dibuka pada sudut 90 derajat yang membuat Hp tampak mempunyai dual screen.

Dual screen tersebut sangat berguna ketika melakukan pemotretan ataupun menonton video. Video dapat ditampilkan pada layar bagian atas, sementara untuk bagian bawah khusus memberikan tampilan media control seperti pause, putar, berhenti, dan lain sebagainya.

4. Refresh Rate 120 Hz

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Smartphone besutan Samsung ini menyuguhkan laju penyegaran hingga 120 Hz. Pastinya layar bisa sering melakukan refresh, sehingga untuk pergerakannya akan menjadi semakin mulus. Kemulusan layar makin meningkat hingga dua kali lipat daripada refresh rate 60 Hz biasa.

Refresh rate 120 Hz juga termasuk dalam kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold. Hal ini karena bisa membuat baterai cepat habis, tapi masih bisa disetting dengan mudah. Laju penyegaran ini disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan supaya tidak berhenti dalam mode 120 Hz, terutama ketika layarnya statis.

5. Teknologi Chipset Terbaru

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Rasanya akan kurang jika ponsel yang sangat inovatif ini tidak dilengkapi dengan teknologi chipset terbaru. Samsung telah menyematkan chipset terbaru dan terbaik dari Qualcomm untuk ponsel ini, yaitu Snapdragon 865+.

Dengan adanya chipset ini, pengguna akan merasakan performa gaming yang gahar. Bahkan bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas dengan super kencang tanpa takut gangguan lag.

6. Software Multitasking

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold2

Samsung juga sudah membenahi software smartphone ini dengan menambahkan beragam fitur unik, seperti Mode Fleksibel. Mode Fleksibel yang dikombinasikan dengan App Continuity dapat mendukung kinerja hingga 4 aplikasi sekaligus. Apalagi juga sudah dilengkapi Jendela Multi Aktif di dalamnya.

7. Audio yang Canggih

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2

Beralih ke bagian audio, perangkat ini dibekali dengan speaker stereo yang memiliki tingkat kejernihan suara paling bagus. Speakernya sendiri terletak di tepi atas dan bagian bawah. Ketika speakernya mengeluarkan suara, efek stereonya dijamin sangat jernih dan tentunya enak di dengar.

8. RAM Penyimpanan Jumbo

Samsung Galaxy Z Fold2 menawarkan ruang penyimpanan yang super jumbo. Untuk memori internalnya terdiri dari dua varian yaitu 256GB dan 512GB. Ruang penyimpanan jumbo ini tentu sudah cukup memadai untuk kebutuhan penyimpanan video maupun foto.

Sedangkan untuk gaming ataupun kebutuhan multitasking juga sangat sangat memadai, karena RAM yang dibawa oleh Hp lipat yang satu ini memiliki kapasitas 12GB.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2

Pada review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 berikutnya hanya fokus pada kekurangannya saja, yaitu:

1. Tidak Memiliki IP Rating

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 lainnya ada pada IP Rating. Galaxy Fold sendiri merupakan smartphone Samsung high class, sehingga sudah seharusnya dibekali dengan perlindungan yang baik terhadap debu ataupun debu.

Rupanya generasi ini sama dengan pendahulunya yang tidak menyuguhkan IP68. Padahal, IP68 sangat penting karena merupakan rating tertinggi dalam suatu smartphone yang menunjukkan bahwa mampu bertahan cukup lama di air dengan kedalaman 1,5 meter tanpa menimbulkan kerusakan.

2. Berat Body

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2

Meskipun memiliki ukuran yang standar, Samsung ini masih belum bisa mengecilkan bobot bodinya. Ya, produk Samsung yang satu ini memiliki berat sekitar 282 gram, sebuah angka yang terlampau besar untuk sekelas smartphone.

Ukuran tersebut tentu membuatnya terasa lebih berat, ini sangat mempengaruhi kenyamanan ketika menggunakan Hp untuk bermain game ataupun sekedar mengetik. Bahkan akan merasa cepat pegal meski digunakan sebentar.

3. Fast Charging Tidak Begitu Memuaskan

Hadir dengan kapasitas baterai 4.500 mAh, ketahanan baterainya sudah pasti sangat baik. Tapi yang menjadi masalah, Hp lipat dengan harga mahal ini masih belum memiliki kemampuan fast charging yang memadai.

Kemampuan fast charging Samsung ini hanya 25W saja. Ini termasuk dalam daya yang sangat rendah untuk smartphone di kisaran harga high end. Proses pengisian daya mulai dari 0% hingga penuh 100% membutuhkan waktu sekitar 84 menit, atau selama 1 jam lebih.

4. Harga Sangat Mahal

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2

Produk ini memang termasuk dalam kategori kelas atas, sehingga harganya sangat fantastis. Bahkan harganya melebihi harga komputer atau laptop biasanya, yang mencapai sekitar Rp30 jutaan di pasar Indonesia.

Dengan harga yang selangit, tak jarang banyak pengguna yang bertanya-tanya apakah fitur yang disuguhkan sebanding dengan harga yang dimiliki. Namun berbicara mengenai harga, ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 yang cukup relatif.

5. Kemampuan Kamera kurang Mumpuni

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 yang perlu dipertimbangkan ada pada bagian kameranya. Perangkat ini menawarkan sebanyak 5 buah kamera yaitu kamera depan di bagian cover, satunya lagi untuk kamera depan ketika Hp tak dilipat, sedangkan 3 kamera nya berada di punggung.

Hp ini mengandalkan kamera belakang yang memiliki resolusi 12 MP, yang masing-masing memiliki fungsi telefoto, wide dan ultrawide. Resolusi tersebut tentu terbilang sangat rendah dan tak mampu bersaing. Bahkan kemampuan zoom optik yang dimiliki tak sebagus Note 20 Ultra.

Akhir Kata

Itu dia review dari Kurotekno tentang beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 yang mengalami banyak perubahan dibandingkan generasi lamanya. Perangkat ini memang sangat cocok untuk yang memiliki smartphone canggih dan praktis dengan dua layar.