Kenali Profesi IT Manager Sebelum Terjun di Dalamnya

Kenali Profesi IT Manager Sebelum Terjun di Dalamnya

Kurotekno.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, perangkat teknologi menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan. Perusahaan di bidang IT pun semakin banyak sehingga kebutuhan akan IT manager meningkat.

Prospek profesi manajer IT di masa depan sangat bagus dan cemerlang. Hal ini mengingat perangkat teknologi semakin banyak dibutuhkan untuk membantu pekerjaan.

Jika kamu memiliki minat di bidang IT dan ingin memiliki profesi ini, berikut ini Glints telah menyiapkan semua informasinya untuk kamu.

Mengenal Profesi IT Manager

© Freepik

Manajer di bidang IT adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan dan memiliki peluang gaji yang tinggi.

Profesi ini merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam suatu perusahaan maupun lembaga.

Menurut Career Explorer, tugas utama IT manager adalah untuk mengawasi semua staf yang ada di departemen information technology (IT).

Orang yang bekerja di bidang ini akan berhubungan dengan banyak pihak atau departemen dalam suatu perusahaan. Mulai dari bagian keuangan, produksi, HRD, marketing, dan lain sebagainya.

Jika terjadi suatu masalah yang berkaitan dengan komputer, jaringan, dan sistem, maka manajer IT memiliki tanggung jawab untuk mencari solusi dan menyelesaikannya.

Menurut Get Smarter, posisi ini dapat ditempuh melalui pengalaman sebagai IT specialist, computer system analyst, dan sejenisnya. Jenjang berikutnya adalah IT Director lalu menjadi CTO atau CIO.

Job Description IT Manager

© Freepik

Setiap profesi dan pekerjaan tentu memiliki job description, tak terkecuali pekerjaan ini. Glints akan memberikan gambaran job description IT manager dalam suatu perusahaan, di antaranya adalah:

    bertanggung jawab melakukan pengembangan dan peningkatan sistem informasi dan teknologi dalam suatu perusahaan

    bertanggung jawab dalam keseluruhan proses yang berkaitan dengan departemen IT

    memastikan semua sistem IT berjalan lancar dan memutuskan solusi jika terjadi permasalahan

    membuat perencanaan strategi implementasi informasi teknologi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan dan memonitor seluruh pelaksanaannya

    melakukan fungsi manajerial dan controlling dalam membangun sistem dan aplikasi di bidang IT

    melakukan riset dan analisis, perencanaan, dan desain terhadap setiap sistem dan aplikasi pengembangan IT

    merekrut dan melatih administrator dan programmer

Skill yang Harus Dimiliki IT Manager

© Freepik

Profesi IT manager merupakan profesi dengan level yang tinggi dalam jenjang karier sebagai seseorang yang bekerja di bidang IT.

Selain pengalaman yang mumpuni di bidang IT, terdapat beberapa skill yang harus dimiliki dan dikuasai. Glints akan merangkumnya khusus untuk kamu yang memiliki minat di bidang ini.

Beberapa skill yang harus dimiliki, di antaranya adalah:

1. Memahami programming language

Bahasa pemrograman atau programming language merupakan komponen penting dalam mempelajari ilmu IT.

Dengan bahasa pemrograman, seorang IT dapat memahami bagaimana komputer memberikan perintah untuk mengolah data sesuai yang diinginkan.

2. Memahami sistem SAP, infrastruktur IT, konfigurasi mikrotik, dan lainnya

Seorang manager IT harus memahami keseluruhan ilmu dalam bidang IT mulai dari yang basic hingga tingkatan yang lebih rumit.

Tujuannya agar setiap terjadi masalah atau error dalam suatu sistem, manajer bisa langsung mencari solusi dan memecahkan permasalahan tersebut.

3. Memiliki analisis dan logika yang bagus

Posisi ini menjadi tumpuan utama bagi semua bawahan dan departemen yang berkaitan dengan IT. Seorang manajer diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk pengembangan sistem IT di perusahaan.

Hal itu kemampuan melakukan analisis dan riset dengan daya logika yang baik sangat penting untuk dimiliki.

4. Menguasai project management

Project management merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk mengelola semua aspek proyek dari awal hingga akhir dengan metode yang terstruktur.

Sebagai seseorang yang memiliki tugas untuk membuat perencanaan dan pengembangan IT, skill ini sangat diperlukan agar setiap rencana yang dibuat dapat berjalan dengan lancar.

Seorang manager divisi IT memiliki tanggung jawab yang besar untuk membantu mengembangkan perusahaan agar lebih besar dan sistematis.

Sistem-sistem IT yang dibangun harus mampu membuat setiap proses pekerjaan yang ada menjadi lebih efektif dan efisien.

Profesi IT manager bukan hal yang sulit untuk dicapai jika kamu sudah memiliki kemampuan yang memadai.

Jika kamu ingin menjadi IT manager, mungkin kamu harus mulai meniti karier di bidang IT. Nah, kamu bisa menemukan berbagai lowongannya di Glints. Langsung saja sign up dan temukan pekerjaan impianmu.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: