Komputer Mac Milik Steve Jobs Dilelang Seharga Rp 4,6 Miliar

Komputer Mac Milik Steve Jobs Dilelang Seharga Rp 4,6 Miliar

Kurotekno.com – Jakarta – Sebuah Macintosh (Mac) asli yang pernah dipakai oleh Steve Jobs kabarnya akan dilelang pekan depan, dengan perkiraan harga fantastis.

Walau masih belum ada label harga, disebutkan Mac milik Steve Jobs itu akan dibuka mulai dari USD 300.000 atau sekitar Rp 4,6 miliar.

Enam+

Dilansir iMore, Selasa (18/10/2022), Macintosh SE asli ini kabarnya dipakai Steve Jobs selama bekerja di NeXT, sebelum akhirnya dibeli Apple.

Dalam teks yang merinci Macintosh SE ini, rumah lelang Bonhams mengatakan komputer itu terpasang di kantor Steve Jobs dari 1988 hingga 1944.

Walau beberapa data pribadi milik pendiri Apple telah dihapus, masih ada informasi menarik bagi pembeli yang tersimpan di dalam komputer itu.

Adapun informasi tersebut, antara lain tugas mingguan, jadwal perjalanan, dan pertemuan yang terlewatkan dengan Raja Charles III (kala itu masih Pangeran Wales) di hard drive-nya.

Selain dipakai Steve, Bonhams juga mengklaim Macintosh tersebut pernah digunakan juga oleh putri Jobs, yaitu Lisa Brennan-Jobs.

“Ada bukti, Lisa pakai Macintosh SE ini selama kunjungannya ke kantor. Ini karena email dan Microsoft Word di komputer terdaftar atas namanya,” ujar juru bicara Bonhams.

Informasi, Macintosh SE terakhir digunakan untuk proyek pemasaran pada 1994, kata Bonhams, dan kemudian diserahkan ke pemilik saat ini pada akhir tahun itu.

Menariknya, pendiri Apple itu dikabarkan pernah memberi tahu pemilik saat ini dengan menyebutkan, “Macintosh SE ini mungkin akan berharga suatu hari nanti.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Prototipe Komputer Apple-1 Milik Steve Jobs Dilelang

PerbesarPrototipe komputer Apple-1 milik Steve Jobs dilelang dan diprediksi akan terjual dengan harga lebih dari Rp 7,5 miliar. (Doc: RR Auction)

Prototipe komputer Apple-1 milik Steve Jobs dilelang dan diprediksi akan terjual dengan harga lebih dari Rp 7,5 miliar. (Doc: RR Auction)

Sebuah prototipe komputer Apple-1 milik Steve Jobs akan dilelang hari ini, dan diperkirakan bakal terjual seharga lebih dari USD 500.000 atau sekitar Rp 7,5 miliar.

Informasi, Apple-1 ini adalah komputer pertama yang dibuat dan disolder manual oleh Steve Wozniak pada 1976.

Kala itu, prototipe komputer ini dipakai Steve Jobs untuk mendemonstrasikan Apple-1 kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop di Mountain View, California.

Diketahui, The Byte Shop adalah pengecer pertama Apple-1 setelah Steve Jobs sukses meyakinkan Terrel hingga memesan 50 mesin rakitan lengkap dan menjualnya masing-masing seharga USD 666.66.

Adapun prototpe komputer Apple-1 yang akan dilelang ini telah dicocokkan dengan foto yang diambil oleh Terrel pada 1976, menunjukkan prototipe itu saat digunakan.

Dilansir Apple Insider, Jumat (22/7/2022), mesin ini terdaftar sebagai mesin nomor dua di Apple-1 Registry dan dianggap hilang hingga diautentikasi oleh pakar, yakni Corey Cohen.

Seperti yang dijelaskan oleh RR Auctions, situs hosting penjualan, ada beberapa kerusakan pada papan.

Pihak rumah lelang itu menjelaskan, prototipe ini berada di properti ‘Apple Garage’ bertahun-tahun sebelum diberikan oleh Steve Jobs kepada pemiliknya saat ini sekitar 30 tahun yang lalu.

Karena kelangkaan prototipenya, RR Auction berharap bisa mendapatkan harga tinggi di lelang meskipun ada kerusakan di prototpe komputer Apple-1.

Enam+

Prototipe Bukan Barang yang Harus Diabadikan

PerbesarSteve Jobs (Foto: JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Berdasarkan sudut pandang Jobs, sebuah prototipe bukan sebagai sesuatu yang harus diabadikan, tetapi sebagai sesuatu yang harus digunakan kembali.

Beberapa IC telah dicabut dari soketnya, seperti halnya mikroprosesor dan komponen lainnya, mungkin untuk digunakan pada Apple-1 produksi awal.

Papan tampaknya telah rusak oleh tekanan di kanan atas, mengakibatkannya retak membentang dari dekat area catu daya di atas D12 ke bawah melalui bagian bawah papan di sebelah kanan A15.

Potongan yang hilang dianggap telah dibuang, tetapi dapat ditata ulang berkat foto-foto Paul Terrell.

Salah satu fitur yang membedakan dari prototipe “Apple Computer A” adalah penggunaan tiga kapasitor Atom Sprague oranye, daripada kapasitor ‘Big Blue’ yang biasa digunakan pada produksi Apple Computer 1.

Dibandingkan dengan mesin produksi Apple-1, prototipe memiliki kata-kata bertuliskan “Apple Computer A,” dengan prosesor berbeda, dan tidak memiliki lapisan pelindung hijau pada komputer Apple-1 yang khas.

Enam+

Apple Bakal Rilis iPhone 14 Tanpa Kartu SIM

PerbesariPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Di sisi lain, Apple dikabarkan mulai mengadopsi standar eSim atau tanpa slot kartu SIM untuk deretan iPhone yang bakal diluncurkan.

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, Rabu (20/7/2022), Apple bakal merilis versi iPhone 14 hanya eSIM (tanpa slot kartu SIM) di beberapa negara.

Perusahaan berbasis di Cupertino, AS, tersebut juga disebutkan belum sepenuhnya beralih dari kartu SIM ke eSIM sepenuhnya dalam waktu dekat ini.

Apple berencana untuk mengadopsi model iPhone 14 eSIM di seluruh perangkatnya secara bertahap, sejalan dengan peluncuran produk baru.

Diketahui, perusahaan bentukan Steve Jobs itu juga sudah mengabarkan sejumlah operator seluler di AS untuk mempersiapkan iPhone khusus eSIM pada musim gugur ini.

Apa yang menjadi kelebihan eSIM? Dari sisi perusahaan, Apple dapat menambah komponen lain ke dalam ponsel bilamana slot kartu SIM sudah dicabut.

Bagi konsumen, pengguna akan mendapatkan update keamanan ke jutaan pengguna di seluruh dunia secara bersamaan.

(Ysl/Dam)

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: