Kurotekno — Kartu nama merupakan identitas penting yang harus dimiliki semua orang, khususnya para pelaku bisnis dan usaha. Berbeda dengan KTP, kartu nama adalah bentuk dari profesionalitas mereka terhadap pekerjaan yang kamu miliki. Lantas, bagaimana Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop? 

Manfaat Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop

Manfaat kartu nama

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kamu mengetahui manfaat dari menggunakan kartu nama. Tidak hanya sebagai pajangan, kartu ini akan sangat berfungsi ketika kamu ingin mengajukan kerja sama atau sejenisnya. Berikut ini adalah manfaat dari menggunakan kartu nama.

Mengenalkan Profil Diri

Fungsi cara membuat kartu nama di photoshop yang pertama adalah untuk mengenalkan profil diri secara lebih detail dan singkat. Contohnya adalah identitas, seperti nama, status pekerjaan, informasi telepon, alamat email dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mencegah apabila seseorang meragukan identitas pekerjaan Anda.

Personal Branding Secara Pribadi dan Eksklusif 

Keistimewaan lainnya adalah kamu bisa melakukan personal branding secara pribadi dan eksklusif. Yang artinya, profil diri dalam kartu nama bisa kamu tunjukkan pada konsumen, agar orang lain bisa lebih percaya dan memudahkan dalam bertransaksi atau kerja sama.

Menunjukkan Sikap Profesional

Siapa saja yang memiliki kartu nama dapat dikatakan sebagai pribadi yang profesional. Hal ini karena gambaran profil yang tercantum pada kartu nama dapat meningkatkan poin profesionalitas dalam bekerja. Pastinya, klien kamu merasa lebih nyaman ketika berbisnis nanti.

Informasi Perusahaan

Fungsi dan manfaat cara membuat kartu nama di Photoshop berikutnya yaitu sebagai informasi perusahaan. Biasanya informasi perusahaan di tempat kamu bekerja akan jadi poin penting bagi penerima kartu nama. Mereka ingin mengetahui perusahaan sekaligus jabatan yang kamu miliki di sana.

Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop, Tanpa Logo

Kartu nama tanpa logo

Selain memiliki manfaat yang besar, ternyata pembuatan kartu nama sangat mudah bagi pemula. Hanya saja semua itu tergantung pada tingkat kretivitas kamu. Bisa menggunakan logo, bisa juga tanpa menggunakan logo. Berikut ini adalah cara membuat kartu nama di Photoshop dengan mudah. 

  1. Buka Adobe Photoshop pada komputer atau laptop milik Anda
  2. Lalu, tekan Ctrl + N guna membuat lembar kerja baru
  3.  Pilih Rectangular Marquee Tool dan buat seleksi kotak dengan ukuran kartu nama sebesar 9.5 cm x 6 cm

Catatan: dalam proses cara membuat kartu nama di Photoshop,  jangan lupa untuk mengatur resolusi menjadi sekitar 200 piksel atau lebih. Semakin besar resolusinya, semakin bagus pula kualitas gambar dan ukurannya.

  1. Beri warna pada kotak kartu nama yang sudah kamu buat dengan warna polos. Bisa juga dengan memberi warna menggunakan Gradiant Tool.
  2. ada menu bar, silahkan pilih Layer > Layer Style > Drop Shadow. Lalu atur Opacity sekitar 50%,  Angle 120, Distance 5, dan Size-nya sekitar 10.
  3. Pilih Pen Tool dan buat kurva tertutup, serta beri warna, contohnya Cyan.
  4. Bila sudah, buat teks dengan Horizontal Type Tool. Setelah itu beri nama, nomor handphone, alamat lengkap, dan lain sebagainya.
  5. Simpan berkas ke dalam bentuk PSD untuk mengedit ulang. Dan PDF untuk mencetaknya..

Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop, Dengan Logo

Cara membuat kartu nama dengan logo

Berikut ini adalah tahapan cara membuat kartu nama di Photoshop beserta logonya.

  1. Buka Adobe Photoshop pada komputer atau laptop milik Anda
  2. Lalu, tekan Ctrl + N guna membuat lembar kerja baru
  3. Pilih Rectangular Marquee Tool dan buat seleksi kotak dengan ukuran kartu nama sekitar 9.5 cm x 6 cm. Setelah itu, atur resolusi sekitar 200 piksel atau lebih. Semakin besar resolusinya, semakin bagus pula kualitas gambar dan ukurannya
  4. Beri warna kotak pada kartu nama yang sudah kamu buat dengan warna polos
  5. Rancang juga di mana teks dan logo akan kamu letakkan
  6. Ukuran teks nama perusahaan harus sekitar 18-20 poin, atau lebih besar. Sedangkan untuk teks yang lain, gunakan ukuran yang lebih kecil
  7. Tambahkan pula logo perusahaan yang sudah kamu siapkan dengan Quick Selection Tool. Gunanya untuk memberi garis seleksi di sekeliling logo
  8.  Inversilah area yang diseleksi dengan Ctrl + Shift + I, serta gunakan Eraser Tool untuk menghapus latar belakang di sekeliling logo
  9. Gunakan Bevel & Emboss dengan set ukuran 2-3 guna memberikan efek kedalaman dan tajam. 
  10. Lalu, beri tambahan gambar pada latar belakang yang masih polos. Pastikan juga, gambar yang kamu tambahkan memiliki motif yang tidak terlalu meriah.
  11. Setelah puas dengan desain, simpan berkas ke dalam bentuk PSD untuk mengedit ulang. Dan PDF untuk mencetaknya.
  12. Kartu nama dengan logo pun telah selesai dibuat.

Tips Tambahan Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop

Tips membuat kartu nama
Sumber gambar: arenaponsel.com

Setelah mengetahui cara membuat kartu nama di Photoshop. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan.

Resolusi Gambar

Saat menambahkan gambar ke dalam desain kartu nama, pastikan file tersebut beresolusi tinggi. Tujuannya, agar kartu nama tampak lebih elegan dengan gambar yang berkualitas.

Pengaturan Layer

Buatlah layer baru di setiap objek yang akan kamu tambahkan ke dalam desain. Termasuk teks, logo, serta gambar tambahan. Tujuannya untuk mempermudah proses desain ketika hendak menambah lagi, ataupun bila Anda ingin menghapusnya.

Pengaturan Zoom Lembar Kerja

Dalam cara membuat kartu nama di Photoshop, usahakan untuk selalu mengerjakan desain pada perbesaran 100 persen. Tujuannya, agar kesalahan kecil bisa segera kamu hindari.

Hak Milik Gambar yang Jadi Objek

Pastikan untuk menggunakan gambar atau foto milik sendiri. Jika tidak memiliki, Anda bisa mendownload dari situs yang berbayar atau tidak berbayar, tetapi aman.

Demikianlah tips dan Cara Membuat Kartu Nama di Photoshop yang bisa Kurotekno sampaikan. Selain berpatokan pada cara tersebut, kamu juga bisa melakukan modifikasi sesuai keinginan agar dapat menciptakan kreativitas yang lebih lagi.