Kurotekno.com – Membuat watermark di word sangat mudah asalkan tahu langkah-langkahnya. Pengguna word penting sekali memahami hal ini supaya banyak hal yang bisa dibuat dari aplikasi MS word. Tersedia beberapa tipe watermark pada tab Page Layout untuk word 2010 dan tab Design di word 2013. 

Tipe Watermark di Word 

Membuat watermark di word bisa memilih jenis yang diinginkan. Terdapat 4 tipe secara umum untuk diaplikasikan di word. Tanda air ini disediakan default sehingga pengguna tidak perlu lagi memikirkan teks apa yang akan dicantumkan. Jika pilihan yang tersedia tidak sesuai kebutuhan, bisa menggantinya melalui fitur Custom.

1. Tipe Confidential

Tipe confidential merupakan tanda air bersifat rahasia atau do not copy. Pengguna dapat langsung menemukan tipe ini saat menekan ikon Watermark. Cocok sekali digunakan pada dokumen penting agar tidak dilakukan duplikasi secara sembarangan. 

Misalnya novel atau buku yang sengaja dibuat dalam bentuk e-book oleh pemiliknya. Dewasa ini, masyarakat lebih suka membaca e-book karena praktis dan lebih murah harganya. Penulis perlu sekali menerapkan watermark untuk melindungi karya dari duplikasi gratis. 

2. Tipe Disclaimers

Tipe ini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan Confidential, namun yang disisipkan tanda air disclaimer menandakan bahwa dokumen tersebut bukan yang utama atau hanya prototipe. Karena itu, bisa disisipkan pada dokumen contoh atau draft. 

Artinya, tipe disclaimers hanya dan digunakan saat pengguna ingin menjadikan dokumen sebagai penanda saja. Cara membuat watermark di word tipe ini sangat mudah sama dengan pilihan teks SAMPLE atau DRAFT. Posisi untuk ada dua yaitu bentuk miring (diagonal) dan (mendatar) horizontal.

3. Tipe Urgent 

Watermark tipe urgent biasa digunakan untuk dokumen pada sebuah perusahaan. Artinya, dokumen ini hanya bisa dilihat oleh orang dengan jabatan tertentu saja sebab bersifat sangat penting. Guru atau dosen juga dapat menyisipkannya pada dokumen penting agar tidak disalahgunakan. 

Cara memasukkan watermark di word tipe urgent sangat mudah, sama seperti tipe lainnya. Hanya saja pilihan tipe yang digunakan berbeda. Bentuk teks tanda air tipe urgent ada dua yaitu ASAP dan Urgent. Posisi penataannya terbagi dua juga yaitu diagonal (miring) dan horizontal (mendatar). 

4. Tipe Custom

Tipe terakhir yang dimiliki adalah watermark custom. Pengguna yang merasa tipe default yang disediakan word tidak sesuai kebutuhan, bisa memilih Custom. Memungkinkan pengguna memilih teks dan gambar sesuai keinginan.

Custom menghasilkan tanda air yang bersifat personal dan unik. Tingkat keamanan karya dan dokumen lebih tinggi sebab tidak bisa dimodifikasi oleh orang lain. Cara menyisipkan tanda air custom ini sedikit berbeda dengan ketiga tipe sebelumnya. 

Pentingnya Membuat Watermark di Word

Penggunaan tanda air sangat penting pada konten sebagai perlindungan. Kamu  pasti pernah memposting foto, video, dokumen ataupun konten dalam bentuk GIF. Tanda air pada konten bertujuan untuk menunjukkan ciri khas dan sejumlah alasan penting berikut ini. 

1. Melindungi Hak Cipta 

Konten atau dokumen yang berisi tanda air menunjukkan adanya hak cipta di dalamnya. Tidak semua orang dapat melakukan jiplakan ataupun plagiasi. Karena itu, saat ini banyak sekali konten yang memiliki watermark. 

Seperti buku dan novel memang sudah dari dulu diberitahukan di halaman depannya, bahwa karya bersangkutan memiliki hak cipta. Dilarang mengcopy, memperbanyak tanpa seizin penerbit dan pemiliknya. Artinya ada hak kepemilikan pada konten yang dicantumkan tanda air.

2. Fingerprinting

Artinya tanda air berguna untuk mengidentifikasi segala bentuk penyebaran konten baik itu buku, novel, gambar maupun video. Ini penting sekali diperhatikan agar pemilik mengetahui untuk apa saja konten tersebut digunakan oleh orang lain. 

Fungsi fingerprinting hampir mirip dengan serial number. Orang lain tidak berani menyalahkan gunakan konten Kamu  tanpa sepengetahuan Kamu . Harus meminta izin dulu atau tanpa menghilangkan tanda air saat konten disebarluaskan. 

3. Branding 

Adanya watermark juga salah satu branding diri, produk atau bisnis yang sedang dikembangkan. Membuat watermark di word untuk karya tertentu dengan menampilkan nama sendiri atau akun media sosial berguna mengenalkan atau mempromosikan kepada banyak orang. 

Karena hal inilah, sangat disarankan mencantumkan tanda air pada karya dan konten. Saat masyarakat media sosial melihatnya, bisa langsung tahu karya itu milik Kamu . Watermark yang disisipkan di sini tidak mudah berubah meskipun konten dibagikan ke media sosial yang lain. 

Cara Membuat Watermark di Word Tipe Confidential

Membuat watermark tipe Confidential untuk dokumen yang bersifat rahasia. Teks watermark ini seperti Do Not Copy atau boleh juga menuliskan Confidential langsung. Cara membuatnya adalah sebagai berikut. 

  • Buka dokumen word. 
  • Klik tab Design yang berada di bagian atas dari layar word. 
  • Klik ikon Watermark yang berada di sebelah kanan atas. 
  • Muncu beberapa tipe watermark yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya.
  • Klik opsi Watermark Confidential. 
  • Proses selesai, word secara otomatis akan menampilkan watermark Confidential pada dokumen. 

Cara Membuat Watermark di Word Tipe Disclaimers

Watermark tipe Disclaimers merupakan model tanda air dengan Draft dan Sample. Caranya tidak jauh berbeda dengan langkah pembuatan watermark tipe Confidential. Pengguna dapat mengikuti cara membuat watermark word berikut tipe Disclaimers di dokumen. 

  • Buka dokumen word. 
  • Bawa kursor ke tab Design, posisinya di samping tab Page Layout. 
  • Terdapat ikon Watermark di grup Page Background. Klik ikon tersebut.
  • Muncul beberapa pilihan tipe watermark.
  • Pilih opsi Disclaimers dengan klik pada salah satu dari 4 pilihan yang diberikan. 
  • Selanjutnya watermark tipe ini langsung muncul di dokumen. 

Itulah penjelasan tentang tipe dan cara membuat watermark di word dari Kurotekno yang perlu diketahui. Pengguna dapat memilih tipe sesuai kebutuhan dan mempraktikkan cara di atas. Tidak sulit langkah-langkahnya hanya beberapa poin saja.