Mobile Banking dan Internet Banking, Apa Bedanya?

Mobile Banking dan Internet Banking, Apa Bedanya?

Kurotekno.com – Tahukah kamu perbedaan mobile banking dan internet banking? Kedua fasilitas layanan yang disediakan oleh hampir setiap bank ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu.

Setiap hari, kamu tentunya menggunakan mobile banking atau internet banking untuk melakukan transaksi.

Terlepas dari itu, apa saja perbedaan keduanya? Simak penjelasan Glints berikut.

Mobile Banking

© Rawpixel.com

Mobile banking adalah salah satu layanan yang ditawarkan bank kepada nasabahnya untuk memudahkan transaksi. Seperti namanya, layanan ini dapat diakses dengan mudah melalui handphone kamu.

Beberapa transaksi yang dapat kamu lakukan melalui mobile banking di antaranya cek saldo, mutasi rekening, transfer, pembayaran, hingga pembelian.

Bahkan, beberapa bank menyediakan layanan tarik tunai menggunakan mobile banking.

Melalui layanan ini, kamu hanya perlu menggunakan kode yang disediakan melalui mobile banking untuk menarik uang tunai melalui ATM. Sayangnya, layanan ini baru tersedia untuk beberapa ATM tertentu saja.

Dilansir dari Jaringan Prima, terdapat lima manfaat menggunakan mobile banking.

    Kamu dapat menghemat waktu untuk melakukan transaksi langsung dari handphone-mu.

    Melakukan transaksi lebih praktis karena hanya menggunakan aplikasi saja.

    Kamu dapat memantau saldo rekening dan transaksimu setiap saat.

    Mobile banking biasanya tidak dikenakan biaya administrasi apapun dari bank.

    Untuk menggunakan berbagai fitur dari mobile banking, kamu akan diminta untuk menggunakan kode verifikasi, PIN, ataupun sistem keamanan lain yang telah distandardisasi oleh bank.

Untuk dapat menggunakan mobile banking, kamu hanya perlu men-download aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank tempat kamu menjadi nasabah.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan aplikasi tersebut. Untuk melakukan aktivasi, kamu biasanya hanya membutuhkan nomor kartu debit saja serta jaringan internet yang memadai.

Setelah aktivasi, kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh layanan mobile banking. Pada setiap transaksi, kamu akan mendapatkan notifikasi yang bisa dilihat langsung melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga: Ketahui 5 Fungsi Dana Darurat yang Perlu Kamu Siapkan Sejak Dini

Internet Banking

© Freepik.com

Internet banking adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.

Penggunaan internet banking saat ini diatur oleh Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.

Berbeda dengan mobile banking yang harus menggunakan aplikasi, internet banking dapat diakses langsung melalui browser kamu.

Untuk menggunakan fitur dari internet banking ini, kamu membutuhkan user id, password, token atau one time password (OTP) terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan user id, password, dan token, kamu bisa mendatangi bank terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu bisa menggunakan internet banking dengan leluasa.

Seperti mobile banking, internet banking juga memiliki fitur yang hampir sama, yakni informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, informasi mutasi rekening, transfer dana, hingga fitur pembayaran tagihan dan pembelian.

Fitur lainnya yang disediakan layanan internet banking adalah notifikasi email untuk setiap transaksi.

Beberapa bank bahkan memberikan layanan rekapitulasi transaksi setiap bulan yang langsung dikirimkan melalui email.

Hal itu membuatmu tidak perlu repot-repot ke bank hanya untuk melakukan pengecekan saldo.

Baca Juga: Ingin Mulai Menabung? Kenali Dulu 10 Istilah dalam Dunia Perbankan Berikut Ini!

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking

Perbedaan mobile banking dan internet banking terletak pada akses dan cara penggunaanya.

Mobile banking hanya dapat diakses melalui aplikasi yang telah disediakan oleh bank. Sementara itu, internet banking dapat diakses langsung melalui browser.

Terlepas dari itu, baik mobile banking maupun internet banking memiliki fitur yang hampir sama. Oleh karena itu, kamu bisa memilih menggunakan layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mobile banking dapat kamu gunakan untuk kebutuhan transaksi yang mendesak dan cepat. Sebaliknya, internet banking dapat kamu gunakan untuk transaksi lainnya ketika kamu tidak ingin datang ke bank.

Baca Juga: Serba-serbi Tabungan Pensiun yang Wajib Disiapkan sejak Dini

Nah, setelah mengetahui perbedaan mobile banking dan internet banking, kamu bisa memilih layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain penjelasan tadi, kamu juga bisa lho, mendapatkan berbagai tips dan informasi seputar pengelolaan keuangan pribadi dari Glints.

Kamu hanya perlu berlangganan newsletter Glints dan setiap minggunya kamu akan mendapatkan berbagai informasi terkini seputar karier, dunia kerja, dan keuangan langsung melalui email kamu.

Tunggu apa lagi? Yuk, sign up!

Sumber

    5 MANFAAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING

    Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: