Panduan dan Contoh Menulis Cover Letter untuk Magang

Panduan dan Contoh Menulis Cover Letter untuk Magang

Kurotekno.com – Ada banyak cara agar pelamar bisa unggul pada saat melamar pekerjaan. Salah satunya yaitu membuat cover letter yang menarik. Nah, di sini, Glints akan membagikan contoh cover letter untuk magang.

Tidak hanya itu, Glints juga akan membagikan tips membuatnya. Untuk kamu yang ingin tahu, di sini Glints akan membagikannya secara detail.

Selain membagikan tips membuatnya, Glints juga akan membahas beberapa hal menarik lain yang berkaitan. Tujuannya, agar kamu bisa membuat jenis cover letter yang unggul di mata rekruter.

Apa Itu Cover Letter?

© Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan contoh cover letter untuk magang, Glints akan menjelaskan sedikit tentang apa itu cover letter.

Cover letter adalah surat lamaran kerja. Fungsinya untuk menarik perhatian perekrut agar kesempatan kamu kerja atau magang di perusahaan yang dipilih, semakin besar.

Artinya, cover letter bukan hanya sekedar pelengkap CV saja. Cover letter sangat penting dalam dokumen lamaran pekerjaan.

Saking pentingnya, Glints tidak menyarankan kamu untuk membuatnya dengan cara meniru mentah-mentah dari teman atau dari internet.

Khusus untuk magang, pembuatan cover letter sedikit berbeda. Meskipun demikian, dokumen itu secara garis besar tetap memiliki kesamaan dengan cover letter lainnya.

Selain melampirkannya pada dokumen lamaran, cover letter pun ada yang ditulis di badan email. Terkait hal tersebut, kamu bisa mengikuti kebijakan perusahaan.

Jika meminta dilampirkan, kirimlah beserta dokumen lainnya.

Fungsi Cover Letter

© Freepik

Cover letter memiliki status penting di dalam lamaran kerja. Surat ini wajib ada beserta dokumen lamaran lainnya. Kecuali, pada suatu perusahaan tertentu, yang memang tidak mewajibkannya.

Cover letter memiliki beberapa fungsi di dalam permohonan lamaran kerja. Untuk itu, kamu perlu meniru contoh cover letter untuk magang terbaik agar memenuhi fungsi berikut:

    menulis beberapa informasi penting yang tidak bisa ditulis di CV

    menjelaskan informasi lanjutan yang telah kamu tulis di CV

    mengenalkan dirimu kepada perekrut

    memberikan alasan yang kuat kenapa rekruter harus memilihmu

Cover letter merupakan surat pengantar atau lamaran kerja. Strukturnya berupa tulisan berbentuk paragraf. Bentuknya terdiri dari beberapa poin berikut:

    Mengenalkan diri kamu kepada perusahaan atau perekrut.

    Mendeskripsikan keahlian dan keterampilan diri sesuai posisi yang kamu butuhkan.

    Isi surat berupa informasi yang dan dapat menarik pihak perekrut untuk membacanya.

    Penutup cover letter dengan tulisan harapan, ucapan terima kasih, dan sejenisnya. Pada penutup, biasanya disertai juga dengan kalimat pendek berupa harapan agar dapat dipanggil dalam sesi wawancara.

Tips Membuat Cover Letter yang Berkualitas

© Freepik

Banyak contoh cover letter untuk magang yang bisa dicari di internet. Nah berikut ini, Glints akan menjelaskannya secara terperinci.

1. Penulisan pihak perusahaan

Dalam jenis cover letter, surat diawali dengan mencantumkan permohonan magang. Sebutkan perusahaan yang dituju, lengkap dengan alamatnya.

2. Buatlah bagian pembukaan

Selanjutnya, buatlah pembukaan cover letter. Pilihlah kalimat yang baik dan sopan. Selain itu, buatlah pembukaan secara singkat.

3. Menulis identitas diri

Perkenalkan diri Anda dengan menulis identitas secara jelas dan lengkap. Umumnya, pada contoh cover letter untuk magang, selain nama, sertakan juga nama perguruan tinggi beserta alamatnya, alamatmu, dan fakultas yang diambil.

Pada cover letter, poin ini terbilang cukup penting. Pasalnya, dari sinilah recruiter akan menilai kamu.

4. Membuat isi surat

Isi surat adalah bagian inti dalam cover letter. Di sini, kamu utarakan maksud dan tujuan, yaitu permohonan magang. Beberapa orang biasanya menyertakan juga lama waktu magang pada bagian ini.

5. Daftar lampiran

Sebutkan apa saja yang kamu lampirkan pada dokumen lamaran. Sebutkan dokumen tersebut satu per satu, mulai dari lampiran CV, foto copy kartu mahasiswa, pas foto, dan lainnya.

6. Penutup dan tanda tangan surat

Poin ini merupakan bagian akhir. Tutuplah isi cover letter Anda dengan kalimat yang sopan. Di akhir, silahkan tulis nama lengkapmu beserta tanda tangan.

7. Perhatikan tata bahasa

Sebagaimana disarankan oleh The Balance Careers, kamu harus membaca ulang dan mengedit cover letter yang akan dikirim.

Cover letter merupakan jenis surat yang formal. Pilihlah tata bahasa yang enak dan mudah dibaca. Buatlah kalimat yang sopan dan juga formal sesuai dengan fungsinya.

Baca kembali cover letter yang sudah dibuat, edit jika ada kesalahan bahasa dan typo.

Contoh Cover Letter untuk Magang

Ada beragam contoh cover letter yang bisa kamu tiru, salah satunya adalah yang sudah dibuat oleh Glints di bawah ini. Contoh tersedia dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

© Glints

© Glints

Dalam contoh tersebut, hal-hal yang perlu ditulis seperti dijelaskan sebelumnya sudah mulai terlihat.

Tak hanya itu, contoh ini juga menjelaskan secara spesifik studi yang relevan dengan lamaran magang.

Hal yang Harus Dihindari

© Freepik

Agar cover letter-mu menarik, ketahui juga apa yang tidak boleh kamu lakukan. Ada beberapa poin yang tidak kalah penting dari tips di atas.

Adapun hal yang wajib kamu hindari pada saat membuatnya, telah Glints rangkum sebagai berikut:

1. Jangan terlalu panjang

Less is more adalah kunci kesuksesan kamu menulis sebuah cover letter. Jangan terlalu panjang dalam pembuatannya. Umumnya, cover letter yang baik, cukup ditulis ke dalam tiga paragraf saja.

Jangan menggunakan deskripsi yang terlalu panjang. Langsung sampaikan apa saja yang menurutmu penting.

Cover letter yang panjang, cenderung akan membuat bosan perekrut. Jadi, perhatikan panjang penulisan cover letter-mu, ya.

2. Jangan mengulang semua informasi di CV

Banyak orang yang masih salah dalam penulisan cover letter. Kebanyakan kesalahannya yaitu mengulang informasi di CV. Hal ini membuat cover letter terkesan menjadi sebuah CV, namun dalam bentuk paragraf.

Cover letter bisa kamu fungsikan untuk menunjukkan kepribadianmu, rasa ingin tahu terhadap pekerjaan terkait, minat, dan industri perusahaan terkait.

Jika belum tahu tentang perusahaan yang kamu pilih, sebaiknya cari terlebih dahulu informasinya.

Sebagai contoh, misalnya kamu melamar pekerjaan di bidang desain. Tulislah ketertarikanmu terhadap bidang tersebut. Tulis bahwa kamu tertarik dan mengikuti perkembangan bidang desain dari masa ke masa.

3. Hindari menulis informasi yang sudah diketahui

Ada beberapa kalimat yang kamu hindari saat menulis cover letter. Hal itu seperti “nama saya adalah”. Recruiter jelas sudah tahu namamu dari lampiran CV, maupun dari identitas yang kamu tulis pada bagian identitas.

Kamu juga tidak perlu lagi menulis posisi yang ingin ditempati. Pasalnya, lamaranmu sudah melalui proses penyortiran.

4. Jangan biarkan penutup tidak berkesan

Banyak orang yang tidak memperhatikan penulisan pada penutup cover letter. Padahal, bagian penutup bisa menjadi kuncikamu agar diterima di perusahaan. Buatlah kalimat tegas dan meyakinkan pada bagian penutup.

Buatlah penutup yang singkat. Tulis bagaimana pandangan dan pengalaman kamu terkait posisi pekerjaan yang kamu bidik.

Namun, usahakan untuk menulisnya secara singkat. Buatlah kalimat penutup dengan panjang satu atau dua kalimat saja.

Itulah contoh cover letter magang dan tips membuatnya yang telah Glints rangkum untukmu.

Intinya, cover letter merupakan surat lamaran atau surat pengantar lamaran kerja yang penting untuk dimiliki setiap jobseeker.

Yang perlu kamu ingat adalah bahwa cover letter untuk magang, berbeda dengan cover letter biasa. Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal menulisnya, apalagi meniru mentah-mentah dari internet.

Nah, oleh karena itu, pastikan untuk catat semua tips dan trik yang telah Glints berikan. Dijamin nanti cover letter ciptaanmu akan menarik perhatian para rekruter.

Bagaimana? Tentunya kamu kini sudah lebih siap kan untuk melamar magang? Bila ya, kamu bisa segera kunjungi Glints Jobs.

Di sana, terdapat banyak kesempatan internship yang sedang menunggumu. Yuk, daftar sekarang dan temukan karier impianmu di Glints!

Sumber

    Cover Letter for an Internship Samples and Writing Tips

    Cover Letter for Internship (Example + Writing Tips)

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: