Photoshop merupakan aplikasi editing paling populer di dunia desain. Tak terhitung lagi berapa banyak desainer yang sukses membuat desain menarik dengan menggunakan Photoshop. Aplikasi ini juga menjadi andalan untuk menutupi kesalahan fotografi, termasuk dalam cara membuat mockup di Photoshop.

Mengganti background dari latar perkotaan ke latar di tengah hutan sangatlah mungkin dengan bantuan Photoshop. Banyak juga netizen yang memanfaatkan perangkat lunak ini untuk membuat meme lucu. Meme lucu tersebut tak jarang menjadi trending dalam kategori hiburan. Aplikasi Photoshop juga menawarkan berbagai fitur editing yang menarik untuk dimanfaatkan. 

Salah satu manfaat menarik dari photoshop yang wajib kamu pahami adalah aplikasi ini mampu memproses pembuatan mock up. Untuk pengertian dan prosesnya, kamu bisa simak penjelasan hingga proses mengenai cara membuat mockup di Photoshop berikut ini.

Pengertian Dan Fungsi Cara Membuat Mockup

Pengertian mockup

Mockup adalah sebuah bentuk realistis dari konsep yang tengah diolah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai konsep sebelum memasuki tahap cetak dengan skala besar. Mockup biasanya banyak orang gunakan untuk mempresentasikan konsep di hadapan klien. 

Mockup juga mempermudah klien untuk menentukan persetujuannya terhadap konsep pengajuan dari desainer tanpa perlu melihat bentuk secara fisiknya. 

Alasan Cara Membuat Mockup di Photoshop Jadi Trik Andalan Desainer

Alasan fungsi mockup

Banyak fakta menarik yang bisa kamu simak, mengapa mockup bisa menjadi trik andalan desainer. Maka dari itu pemahaman cara mockup di Photoshop menjadi pengetahuan yang wajib bagi para desainer pemula. Berikut adalah beberapa fakta yang membuat mockup menjadi trik andalan desainer dunia.

Menyiasati Pencahayaan Saat Pemotretan

Jika konsep ingin berupa aplikasi atau bagaimana sebuah karya digital bekerja, seringkali klien berhadapan dengan masalah yang sama. Masalah itu berupa target yang ingin diiklankan ke masyarakat menjadi tidak jelas karena pencahayaan saat pemotretan. Pencahayaan yang baik kamu perlukan agar dapat menampilkan ekspresi model dengan maksimal. Bermula dari masalah inilah jasa desainer menjadi keperluan banyak orang..

Mensiasati Cara Menggambarkan Produk

Jika konsep yang ingin kamu tampilkan berupa gambaran produk, klien menuntut hasil yang baik mengenai konsep yang ditawarkan. Jika kamu harus mencetak produk saat file belum final, justru hal tersebut hanya akan membuang waktu, tenaga, dan uang saja. 

Apalagi biaya yang kamu untuk mencetak suatu produk sangat beragam. Pastinya, setiap kesalahan yang ada harus masuk hitungan untuk menghasilkan produk final. Sangat tidak efisien. Maka dari itu, cara membuat mockup di Photoshop dapat menjadi andalan. Apabila ada kesalahan dan revisi dari klien, kamu hanya perlu mengedit file tanpa perlu mencetak ulang produk.

Jurus Andalan Dalam Presentasi

Setiap orang tentu memiliki pemikirannya masing-masing. Kamu tentu akan kesulitan jika harus mendengar penjelasan mengenai konsep atau ide dari seseorang secara lisan. Maka dari itu, mockup berfungsi untuk memberikan gambaran. Tujuannya agar klien atau peserta presentasi tersebut dapat memahami konsep atau ide yang kamu buat. Trik ini sangat ampuh untuk mensukseskan jalannya presentasi.

Mempermudah Koordinasi Konsep Produk

Pandemi covid-19 benar-benar telah melumpuhkan perekonomian di seluruh dunia. Pandemi yang berlangsung lama membuat banyaknya aturan, seperti pembatasan ke luar rumah. Salah satu dampak terbesar dari pandemi ini adalah adanya aturan Work From Home untuk pekerja di seluruh dunia. Adanya pembatasan aktifitas fisik juga menjadi halangan desainer untuk mempresentasikan idenya. 

Maka dari itu, mockup kamu untuk mempermudah klien memahami gambaran yang diberikan desainer tanpa harus bertemu secara langsung. Selain itu, di perusahaan besar pengambil keputusan tidak hanya terletak di satu orang saja. Tentu akan merepotkan jika harus menjelaskan dengan detail ide ke beberapa orang dalam waktu berbeda. 

10 Langkah Cara Membuat Mockup di Photoshop

Membuat desain mockup
Sumber gambar: kelasdesain.com

Bagi ingin belajar cara membuat mockup di Photoshop, kamu bisa mulai dengan memperhatikan setiap langkah. Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah cara mockup di Photoshop.

  1. Siapkan barang yang kamu perlukan. Disini kamu harus menyiapkan aplikasi photoshop, file yang akan di mockup, dan file desain produk.
  2. Trace bagian gambar produk yang akan kamu jadikan mockup menggunakan pen tool. Pada bagian option pen tool ubah settingannya menjadi shape.
  3. Lakukan tracing pada gambar produk sampai menutupi permukaan yang akan kamu timpa dengan file desain. Lalu ubah shape menjadi smart object.
  4. Klik kanan pada layer shape, pilih Convert to Smart Object. Lalu klik 2 kali pada bagian smart object. 

Catatan: tanda berhasil adalah ketika kamu akan beralih ke new window yang sudah terdapat shapes sebelumnya. 

  1. Selanjutnya, masukkan objek yang kita pilih sebagai gambar yang akan menjadi mock up dengan cara Place > Pilih Folder Gambar > Open.
  2. Gambar yang baru dimasukkan kemudian di transform menggunakan transform control, atau CTRL+T pada layer gambar desain.
  3. Klik kanan pada layer gambar yang kamu jadikan desain sampul buku, pilih Create clipping mask untuk mengikuti outline layer dibawahnya. 

Catatan: outline dalam cara membuat mockup di Photoshop ini berupa shape yang sudah kamu buat mengikuti bagian sudut-sudut buku.

  1. Apabila sudah pas maka lakukan CTRL+S di layer smart object ini, dan kembali ke file PSD utama sebelumnya.
  2. Langkah terakhir adalah retouch gambar mockup yang dibuat agar terlihat 
  3. lebih realistis dengan cara menambahkan efek shadow dan highlight sederhana. Selesai dan jangan lupa untuk save file mockup yang telah kamu buat.

Demikian pemaparan mengenai pengertian, fungsi dan cara membuat mockup di Photoshop dari Kurotekno. Langkah-langkah diatas cocok digunakan bagi desainer pemula maupun desainer profesional.