Kurotekno — Aplikasi adobe photoshop memiliki banyak fitur yang sangat memanjakan desainer. Baik desainer pemula maupun desainer professional banyak yang tetap memilih menggunakan aplikasi adobe photoshop dibandingkan aplikasi lainnya. Salah satu fitur editing yang harus diketahui oleh setiap desainer adalah fitur cara seleksi di Photoshop

Menariknya fitur tersebut dapat dilakukan dengan hanya satu aplikasi saja yaitu aplikasi photoshop. Pembahasan berikut ini akan sangat cocok untuk kamu yang tertarik mengenai fitur seleksi

Pengertian dan Fungsi Seleksi di photoshop

sumber gambar: yooutube.com

Seleksi adalah menentukan suatu area di dalam gambar untuk kamu manipulasi atau edit serta memungkinkan untuk mengisolasi satu atau beberapa gambar tertentu. Sederhananya, seleksi berarti memilih suatu bagian di dalam gambar untuk sebelum masuk proses pengeditan. 

Dengan menentukan area tertentu, objek yang diinginkan dapat diubah dengan menerapkan efek dan filter. Uniknya, di sisi lain yang tidak masuk seleksi tidak akan terkena efek dari pengeditan sama sekali. 

Cara Seleksi di Photoshop Dengan Mudah

cara seleksi di photoshop
sumber gambar: kompas.com

Cara seleksi di Photoshop pada umumnya terbagi menjadi 2 cara, yaitu cara manual dan otomatis. Pada setiap cara seleksi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Tetapi tenang saja, aplikasi photoshop menghadirkan lebih dari satu fitur untuk melakukan seleksi di setiap cara yang tersedia. Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai cara seleksi di photoshop dengan mudah.

Cara Seleksi di Photoshop Manual

Cara seleksi di photoshop secara manual memiliki keunggulan daripada menyeleksi otomatis. Hasil yang akan kamu dapatkan dari seleksi manual akan terlihat lebih rapi ketimbang hasil seleksi otomatis. 

Gambar dengan kualitas tidak baik dan warna background yang sama dengan obyek tidak akan menjadi masalah di cara seleksi manual. Namun, cara ini memiliki kelemahan karena langkahnya yang lebih sulit dan rumit.  Diperlukan ketelitian tingkat tinggi untuk menghindari kesalahan. 

Untuk menyeleksi secara manual, Adobe Photoshop menawarkan dua alat utama, yaitu pen tool dan polygonal lasso tool. Polygonal lasso tool cocok untuk menyeleksi gambar dengan garis lurus seperti rumah, jalan, buku, dan lain-lain.

Sedangkan Pen tool lebih cocok digunakan untuk menyeleksi objek yang mempunyai banyak lekukan seperti pohon, gunung, manusia, hewan, dan lain-lain. 

  1. Polygonal lasso tool
  • klik polygonal lasso tool lalu pilih satu kotak jika hanya menyeleksi satu objek, pilih 2 kotak jika ingin menyeleksi dua objek
  • Klik pada objek atau gambar yang ingin diseleksi untuk menentukan titik awal
  • Seleksi dengan cara menarik garis mengitari objek sesuai dengan area yang ingin kamu terapkan hingga bertemu lagi di titik awal
  • Tanda kamu berhasil menyeleksi objek adalah munculnya tanda garis putus-putus di area yang kamu seleksi
  • Jika sudah terseleksi, kamu bisa menduplikat objek dengan cara klik CTRL + J. Jika kamu ingin menghapus background, kamu bisa memilih ADD LAYER MASK yang berada di kanan bawah. 
  1. Pen tool
  • Klik PATH pada pick tool mode
  • Klik ujung gambar atau objek yang akan kamu seleksi lalu lanjutkan dengan menggambar seluruh objek sebelum berakhir dengan menyambungkannya di titik awal tadi
  • Tanda kamu berhasil melakukannya adalah muncul garis biru di objek yang kamu seleksi
  • Klik kanan pada canvas lalu pilih make selection. Lalu ubah father radius menjadi 0,5 

Cara Seleksi di Photoshop Secara Otomatis

Cara seleksi di photoshop secara otomatis terbilang lebih mudah dan praktis daripada manual. Namun, kamu tidak bisa menggunakan fitur ini untuk semua gambar. Penggunaan metode ini hanya akan optimal jika kualitas gambar bagus dan warna objek yang akan kamu harus kontras atau berbeda dengan background

Warna objek yang sama dengan background akan membuat sistem salah mendeteksi bagian sehingga seringkali terjadi penyeleksian acak alias tidak sesuai dengan seharusnya. Untuk menyeleksi secara manual, adobe photoshop menawarkan 4 alat yaitu object selection tool, quick selection tool, magic wand tool, dan select subject.

  1. Object Selection Tool
  • Pada bagian atas klik satu kotak jika ingin menyeleksi satu objek dan klik dua kotak jika ingin menyeleksi lebih dari satu objek. Untuk modenya, kamu bisa memilih rectangle atau lasso
  • Tandai objek yang akan kamu seleksi. Jika menggunakan mode Rectangle, kamu cukup membuat kotak pada objek. Sedangkan jika menggunakan mode Lasso, klik kiri dan tahan, lalu buat garis di luar objek yang akan kamu seleksi. Secara otomatis objek tersebut akan terseleksi
  1. Quick Selection Tool

Keunggulan tool ini kamu bisa membuat seleksi dengan cepat, dan juga bisa menghapusnya lagi jika garis seleksinya tidak rapi atau tidak sesuai.

  • Pilih mode selection-nya, tanda PLUS (+) merupakan mode untuk membuat seleksi, tanda MINUS (-) untuk menghapusnya. Sedangkan yang tidak ada tandanya adalah untuk menggeser garis seleksi yang sudah kamu buat
  • Setelah itu atur juga di bagian ukuran brushnya. Tekan tombol [ untuk memperkecil, dan tombol ] untuk memperbesar ukuran brush.
  • Selanjutnya kamu tinggal seleksi objek yang akan diseleksi, caranya bisa dengan menekan KLIK KIRI + TAHAN lalu pilih objek yang akan diseleksi.
  1. Magic Wand Tool

Kamu hanya tinggal mengklik satu kali untuk menyeleksi bagian yang ingin kamu seleksi.

  1. Select Subject

Fitur ini dapat mendeteksi objek seperti manusia, pohon dan benda sehingga dapat menyeleksi otomatis dengan satu kali klik.Demikian pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan cara seleksi di photoshop mudah dari Kurotekno. Kamu bisa menggunakan cara otomatis maupun manual untuk menyeleksi. Setiap cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, sesuaikan dengan gaya editing kamu.