Seiring dengan majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, apa pun bisa kita lakukan menggunakan teknologi modern yang sudah tercipta. Tidak terkecuali dalam upaya merekayasa atau mengedit suatu gambar maupun foto. Maka dari itu di sini akan Kurotekno jelaskan  bagaimana cara masking di Photoshop dengan mudah tentunya.

Ada beberapa teknik dalam mengedit foto, sedangkan masking adalah salah satu teknik yang paling mendasar. Sebelum itu kita perlu mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan masking dan apa fungsi dari masking.

Tools yang Wajib dalam Penggunaan Masking Photoshop

Sebelum masuk ke bagaimana cara masking di Photoshop, kamu harus mengetahui tools yang akan sering digunakan dalam melakukan aktivitas dalam aplikasi Photoshop.

Tools yang pertama adalah brush atau kuas. Brush atau kuas merupakan salah satu alat paling dasar untuk melakukan edit foto atau membuat suatu ilustrasi. Alat ini akan sering digunakan di Photoshop. Baik dalam membuat efek, melakukan seleksi, ataupun untuk melukis.

Di Photoshop tersedia berbagai jenis brush yang bahkan bisa kamu buat sendiri. Masing-masing bisa kamu atur dan sesuaikan dalam masalah ukuran dan tingkat ketajamannya. Semakin halus, maka bidang kabur di bagian pinggir akan semakin besar.

Tools berikutnya adalah seleksi. Untuk mengetahui bagaimana cara masking di Photoshop, kamu harus tahu tools ini. Seleksi adalah hal pertama yang harus kamu kuasai. Kamu bisa memisahkan objek di Photoshop untuk proses lebih jauh dengan seleksi. Contohnya dalam hal mengubah ukuran, mewarnai ulang, dan lain-lain.

Dengan mengenali objek dan memilih tool seleksi yang tepat, maka bisa mempermudah kamu memulai proses desain atau mengedit foto.

Pengertian Masking yang ada di Photoshop

pengertian masking
sumber gambar: grafis-media.website

Mask secara bahasa artinya topeng. Masking adalah salah satu tools layer yang sangat bermanfaat untuk para editor Photoshop. Proses ini merupakan sebuah trik dalam Photoshop yang juga perlu dikuasai oleh pemula. Teknik ini berguna dalam memanipulasi sebuah objek dengan cara mengubah objek tersebut tanpa menghilangkan bentuk aslinya selama proses editing. 

Istilah Mask ini tidak akan langsung dapat dimengerti oleh seseorang di luar bidang desain grafis. Pengertian masking secara sederhana adalah cara untuk menerapkan sesuatu ke bagian gambar yang sangat spesifik. Beberapa digital imaging sudah sangat akbrab dengan kebutuhan masking di Photoshop.

Jenis-jenis Masking Photoshop

Ada dua jenis utama dari teknik mask di Photoshop, yaitu Clipping Mask dan Layer Mask. Kedua jenis ini berkaitan erat secara konsep, namun sangat berbeda dalam penerapan 

Layer Mask

Jenis yang pertama adalah Layer Mask. Layer Mask adalah tentang sebuah objek atau komponen yang kamu terapkan ke layer yang tertentu guna mengontrol transparansi. Dalam hal ini, opacity layer mengontrol transparansi seluruh layar sekaligus, mask memberikan kamu kontrol yang lebih tepat pada area yang sangat spesifik.

Jika kamu ingin seluruh layer berada di 30%, kamu harus menurunkan opacity menggunakan masking. 

Clipping Mask di Photoshop

Jenis selanjutnya adalah Clipping Mask. Clipping mask sangat mirip dengan layer mask, hanya saja dalam metode ini kamu menggunakan satu layer untuk menentukan transparansi yang lain. Pada penerapan cara masking di Photoshop, kamu harus menumpuk dua layer atas satu sama lain dengan bagian bawah yang menjadi faktor penentu transparansi bagian atas.

Keunggulan Teknik Masking di Photoshop Dalam Memperbaiki Kesalahan

Teknik masking dipercaya oleh banyak desainer bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan dari sistem masking yang akan sangat bermanfaat. Seperti apa contoh keunggulan dari penggunaan cara masking di Photoshop? Kamu bisa simak contoh berikut.

Apabila kamu melakukan sebuah kesalahan dalam melakukan seleksi, misal penggunaan pen tool, kemudian ada hal yang terlupakan atau bagian yang kurang rapi lalu kamu tidak dapat lagi melakukan fitur undo untuk kembali ke poin tersebut. Maka kamu harus mengulang dari awal untuk melakukan seleksi.

Namun dengan teknik masking ini, kamu hanya perlu membalik atau mengubah foreground color menjadi warna putih dan background color menjadi warna hitam. Maka gambar yang kurang rapi atau salah seleksi tersebut dapat kamu rapikan kembali menggunakan layer mask.

Dengan adanya keunggulan teknik masking ini, maka cara masking di Photoshop ini akan menjadi berguna dan lebih efektif dibanding teknik lainnya.

Cara Masking di Photoshop Dengan Mudah dan Cepat

sumber gambar: photoshopessential.com

Setelah kamu memahami apa itu masking, jenis-jenisnya, serta kelebihan atau keunggulan dari teknik masking ini. Kamu harus mulai mempelajari beberapa langkah cara masking berikut. Lakukan sebagai salah satu upaya praktek agar kemampuanmu bisa bertambah.

Berikut ini adalah cara masking di Photoshop:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka lembar kerja baru di Photoshop
  2. Masukkan dua foto yang akan kamu masking nanti. Sesuaikan posisinya dengan cara resize. Jangan lupa sambil menekan tombol Shift agar gambar tetap proporsional
  3. Lalu klik opsi yang ada di paling bawah bertuliskan “add layer mask”. Jangan lupa klik di kolom layer (foto) utama
  4. Kemudian klik brush dan akan otomatis menghapus
  5. Selanjutnya kamu dapat memilih karakter brush seperti apa. Misalnya jika kamu ingin sizenya dibuat lebih besar. Bisa menggunakan klik kanan dan besarkan sizenya. Alternatif kainnya adalah kamu bisa menggunakan keyboard tanda kurung ([])
  6. Jika salah, kamu dapat menekan X pada keyboard
  7. Langkah terakhir adalah simpan dan beri nama projek yang telah kamu buat

Itulah bagaimana cara masking di Photoshop dari Kurotekno dengan mudah dan praktis yang sangat cocok untuk pemula.