Kurotekno – Walaupun memiliki manajemen daya panas otomatis, namun kadang-kadang iPhone bisa cepat panas karena beberapa alasan. Seperti adanya masalah pada baterai, atau penggunaan berlebihan. Lalu apa saja penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya?

Alasan lain kenapa iPhone cepat panas bisa karena suhu ruangan, kerusakan baterai, prosesor bekerja terlalu berat atau penggunaan ponsel ketika mengisi daya. Hal tersebut sekaligus ditandai dengan melambatnya atau berhentinya kerja prosesor saat pengisian daya, grafis berfungsi tidak baik, atau layar meredup.

Namun, kamu tidak perlu panik jika iPhone panas, karena pada artikel kali ini kurotekno akan membagikan informasi mengenai penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya.

Penyebab iPhone Cepat Panas

Penggunaan iPhone paling baik berada pada suhu 00C dan 350C. Suhu panas ruangan dapat mempengaruhi suhu pada ponsel. Oleh sebab itu, jika kamu keluar dari mobil sebaiknya jangan meninggalkannya. Berikut ini penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya :

· Prosesor Bekerja Berlebihan

Penggunaan aplikasi yang banyak akan membuat kerja prosesor berlebihan. Hal itu mungkin akan kamu rasakan ketika mengedit, mengekspor video, atau bermain game dengan grafis insentif.

Ponsel menjadi panas, karena tidak ada kipas pendingin prosesor yang biasa kamu temukan pada laptop atau desktop. Selain itu, casing aluminium iPhone juga tidak dapat mengeluarkan cukup panas dengan sendirinya.

· Berada di Tempat Panas

Penyimpanan di tempat panas juga dapat mengakibatkan iPhone cepat panas. Misalnya, meletakkan ponsel di dalam mobil, atau terkena matahari langsung. Hal itu jelas harus kamu hindari, terutama jika casingnya berwarna hitam yang dapat menyerap cahaya.

iPhone yang berada di tempat panas dapat merusak baterai bahkan komponen lain. Namun, jika kamu harus berada di lokasi yang terkena sinar matahari langsung, sebaiknya simpan ponsel di tempat teduh atau di bawah handuk. Sebab, jika terus menerus terkena panas, kemungkinan kinerja ponsel akan melambat karena baterai tidak dapat menyimpan energi dengan efisien.

· Baterai Rusak

Kerusakan baterai juga dapat menyebabkan iPhone menjadi panas. Apabila sudah mengetahui penyebab ponsel panas karena baterai, segera perbaiki perangkatnya. Namun, biasanya masalah ini jarang terjadi karena iOS pada iPhone memiliki beberapa langkah tertentu jika pengguna mengalami kendala pada baterai.

Kamu dapat menjalankan diagnotik baterai untuk memeriksa beberapa tanda kegagalan baterai, hingga mengikuti beberapa langkah memperbaiki perangkat.

· Menggunakan iPhone Ketika Pengisian Daya

Penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya yaitu bisa karena penggunaan ponsel bersamaan dengan pengisian daya. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang hobi bermain game di ponsel.

Penggunaan iPhone saat mengisi daya juga dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Kinerja pengisian saat ponsel kamu gunakan akan melambat. Mungkin jika kamu melakukan hal ini sekali sampai dua kali tidak masalah, namun jika sering dapat memicu cepat panas pada iPhone.

· Menggunakan GPS dan Mode Pesawat Terlalu Lama

Kegiatan intensif CPU seperti menggunakan GPS dan mode pesawat dapat membuat prosesor bekerja lebih keras. GPS yang terlalu lama kamu nyalakan akan menyebabkan ponsel panas karena jumlah daya yang keluar cukup banyak.

Selain itu, banyak aplikasi yang banyak meminta penggunaan GPS setiap saat. Penggunaan aplikasi yang meminta sambungan GPS tersebut dapat menjadi alasan kenapa iPhone cepat panas.

· Streaming atau Bermain Game Terlalu Lama

Ketika menonton streaming video atau bermain game, layar ponsel akan terus menyala sementara GPU dan CPU terus menerus bekerja. Hal tersebut dapat meningkatkan konsumsi daya pada ponsel memanas, apalagi saat data seluler jua sedang kamu gunakan.

Kegiatan streaming atau bermain game terlalu lama bisa menghabiskan banyak daya CPU dan memicu adanya panas berlebihan.

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Dari beberapa penyebab di atas, berikut cara mengatasi iPhone cepat panas yang dapat kamu coba :

· Memeriksa Penggunaan Baterai

Salah satu penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya kemungkinan dari baterai ponsel yang sudah rusak. Oleh sebab itu, sebaiknya rutin memeriksa tingkat baterai secara berkala. Contohnya, apakah tingkat kualitas baterainya masih pada 100 persen, atau sudah turun menjadi 50 persen? Apabila sudah turun, segera mengganti baterainya.

· Menutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Selanjutnya, kamu dapat menutup aplikasi yang tidak terpakai agar iPhone tidak cepat panas. Apabila aplikasi sudah tidak kamu gunakan, segera tutup ya? Sebab, membuka aplikasi terlalu banyak secara bersamaan dapat menyedot banyak daya data seluler dan juga baterai cepat panas.

· Menutup GPS

Selain menutup aplikasi yang tidak kamu pakai, penggunaan GPS terlalu lama dapat memicu panas pada ponsel. Oleh sebab itu, sebaiknya menutupnya jika sudah tidak kamu gunakan. Mulai dari aplikasi streaming video, GPS, atau game yang sudah tidak mau pakai.

· Matikan Ponsel

Cara mengatasi iPhone tidak cepat panas dengan matikan ponsel. Cara ini sangat praktis agar ponsel dapat istirahat total sejenak dari sistem pengoprasiannya. Dengan begitu, ponsel dapat mendingin lebih cepat.

· Mengaktifkan Mode Pesawat

Walaupun kamu tidak dapat mematikan ponsel, kamu bisa mengaktifkan dulu mode pesawat di iPhone agar dapat memberhentikan sementara data seluler sehingga sistem tidak menyedot banyak daya baterai.

· Mengurangi Kecerahan Layar Ponsel

Penerapan tingkat kecerahan juga dapat mempengaruhi daya ponsel. Agar tidak memakan daya yang terlalu banyak, kamu dapat mengurangi tingkat kecerahan layar sementara iPhone sedang panas.

· Jangan Menggunakan Pendingin

Saat iPhone kamu panas, jangan menggunakan pendingin seperti kotak pendingin atau kulkas untuk mendinginkan ponsel. Bukan membuat iPhone membaik, hal tersebut akan merusak ponsel secara permanen.

Itulah penyebab iPhone cepat panas dan cara mengatasinya yang kurotekno bagikan. Kamu dapat menelaah dari mana sumber panasnya ponsel, dan segera ikuti cara memperbaikinya. Semoga ponselnya tidak panas lagi.