Kurotekno – Jika sebelumnya, kita sudah membahas mengenai spesifikasi ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro pada artikel Spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6 dan Fitur Unggulannya, sekarang kita lihat bagaimana perbedaan Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro tersebut.

Asus ROG Phone 6 merupakan handphone gaming yang dibekali beberapa teknologi canggih, seperti layar ROG Vision, dapur pacu snapdragon 8+ Gen yang menjadi andalan smartphone Android premium, layar Samsung AMOLED, proteksi gorilla galss victus dengan ketahanan yang lebih tinggi dari versi sebelumnya, hingga tombol ultrasonic AirTrigger.

Bicara  mengenai perbedaan ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro paling mencolok dari harganya. Jika ROG Phone 6 sekitar 13 juta, sedangkan ROG Phone 6 Pro 19 juta. Namun apakah hanya dari sisi harga saja yang berbeda? Tentu tidak, kali ini kurotekno akan mengulas apa saja perbedaan ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro tersebut.

Inilah Perbedaan Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro

Baik ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro sama-sama menyasar gamer dan pengguna yang membutuhkan smartphone dengan performa tinggi. Walaupun menawarkan desain dan juga spesifikasi yang indentik satu sama lain, namun inilah perbedaan Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro :

1. Tampilan Fisik

Pada bagian tampilan fisik baik ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro memiliki dimensi bodi sama yaitu 173 x 77 x 10.3 mm dengan berat sekitar 239 gram. Di sisi kanan terdapat tombol AirTrigger (L1 + R1) yang bisa kamu gunakan untuk mengkontrol karakter pada saat bermain game.

Dengan dimensi yang lebih ringan dari pendahulunya, memungkinkan kamu lebih nyaman saat memegang smartphone tersebut. Apalagi dengan fitur tambahan AirTrigger yang berada di sisi kanan dan kanan bawah HP akan mempermudah memetakkan hingga 14 titik sentuh dalam permainan.

2. Sektor Layar

Di sektor layar, baik ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro membawa layar AMOLED 6.78 inci dengan resolusi 1.080 x 2.448 piksel yang dapat mendukung tingkat refresh hingga 165 Hz, HDR10+ dan proteksi Corning Gorilla Glass Victus.

Tidak cukup dapur pacu untuk membuat HP gaming memiliki performa baik, tetapi juga fitur-fitur tambahan serta kualitas yang terbaik seperti Corning Gorilla Glass Victus ini. Teknologi ini merupakan proteksi terbaru yang diklaim dapat melindungi layar sekalipun jatuh dari ketinggian 2 meter ke permukaan keras.

3. Kamera

Beralih ke kamera, keduanya kompak memiliki kamera selfie 12MP yang dilengkapi dengan tiga kamera belakang dengan kamera utama sebesar 50MP, ultrawide 13MP, dan kamera macro 5MP.

Dengan spesifikasi kamera yang super bokeh ini akan cocok bagi kamu yang sedang mencari HP dengan performa tinggi namun juga kebutuhan dokumentasi video atau foto yang bagus. Hasil video dan foto akan terlihat lebih jernih sehingga tidak perlu membutuhkan banyak edit.

4. Aspek Performa

Pada aspek perfoma, kedua hadir dengan penggunaan chipset sama yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Namun dengan RAM dan memori internal yang berbeda. ROG Phone 6 memiliki RAM 12GB dan memori internal 256GB. Sedangkan ROG Phone 6 Pro mempunyai kapasitas RAM lebih besar yaitu 15GB dan memori internal 512GB.

Walaupun sama-sama menggunakan snapdragon 8+ yang merupakan andalan smartphone android kelas premium, namun perbedaan konfigurasi antara RAM dan memori internal kedua dapat kamu pertimbangan. Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih leluasa baik untuk bermain game atau kegiatan lainnya, sebaiknya pilih tipe Pro.

5. Sistem Pendingin

Dibalik RAM dan memori internalnya berbeda, antara ROG Phone 6 ataupun ROG Phone 6 Pro masih sama dalam hal sistem pendingin. Keduanya memiliki sistem pendingin yang canggih yang bisa menurunkan secara otomatis suhu hingga 10 derajat celcius.

Dengan adanya sistem pendingin ini, kamu dapat meminimalisir panas yang mungkin terjadi saat bermain game. Tentu tidak nyaman bukan, sedang asyik bermain game HP nya panas karena kelamaan bermainnya.

6. Baterai

Untuk urusan baterai, ROG Phone 6 series memiliki tenaga baterai 6.000 mAh yang dapat terisi ulang port USB Type-C. Paling menarik dari baterai HP Gaming ini karena sudah memiliki fitur fast charging 65M sehingga dapat menghasilkan daya 100% hanya dalam waktu 42 menit.

Kamu tidak perlu menunggu waktu lama jika ingin kembali menggunakan ponsel, fitur fast charging akan berguna dengan berbagai kegiatan kamu yang padat.

7. Sensor Sidik Jari

Dengan sistem operasi Android12, keduanya memiliki sensor pemindai sidik jari layar. Sensor ini masih menjadi primadona HP kelas premium.

Pasalnya, kamu tidak perlu mengingat pola atau pin, lebih praktis, sulit terjadi pembobolan, tidak bisa orang intip, dan lebih futuristik.

8. Slot MicroSD

Sebetulnya ini menjadi kekurangan Asus ROG Phone 6 da ROG Phone 6 Pro. Asus tidak menambahkan slot kartu memori pada perangkat ini.

Mungkin karena Asus merasa dengan kapasitas yang sudah besar akan cukup menampung kebutuhkan penggunannya dalam menyimpan berbagai aplikasi. Sayangnya, beberapa orang juga masih merasa butuh penyimpnan lebih namun kesulitan untuk menambahkan pada perangkatnya.

9. Fitur Radio

Hayo siapa yang senang mendengarkan radio? Jangan berharap kamu bisa menikmati sambungn radio melalui perangkat ini.

Sama seperti kebanyakan smartphone terbaru, banyak yang menghilangkan fitur radio. Namun, tenang saja, jika kamu ingin mendengarkan radio kamu bisa mengunduh aplikasi penunjang menikmati siaran radio.

Itulah perbedaan Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Jika kita lihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan perbedaan antara ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro terletak pada harga dan kapasitas memori dan RAM nya saja.