Kurotekno.com – Sebelum melakukan cara pengisian ulang tinta warna printer canon, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu posisi warna cartridge Canon pada beberapa printer. Hal ini bertujuan supaya memudahkan untuk melakukan proses itu, bahkan agar tetap mendapatkan hasil yang berkualitas pada setiap dokumen.

Posisi Warna Cartridge Canon ip2770

Printer jenis ini memiliki posisi warna cartridge Canon dengan tipe CL-811, terdapat 3 posisi yang tertutup oleh stiker atau label. Jika kamu tidak mau menghilangkan penutupnya, maka bisa menggunakan ujung kuku untuk mencari cekungan dan melubanginya menggunakan paku, mata bor, maupun sekrup.

Pada umumnya posisi warna cartridge Canon berbentuk segitiga, warna merah berada di bagian atas sedangkan biru dan kuning dalam posisi sejajar. Jadi kamu bisa dengan mudah menemukan tempatnya, serta langsung melakukan pengisian ulang tinta agar bisa cepat dipakai kembali.

Beberapa tipe printer memiliki posisi warna cartridge Canon sama dengan ip2770 adalah iP2772/ iP1180/ iP1200/ iP1300/ iP1600/ iP1700/ iP1880/ iP1890/ iP2200/ iP2580/ iP2680/MP145/ MP150/ MP160/ MP170/ MP180/ MP198/, dan masih banyak yang lainnya.

Apakah Posisi Warna Cartridge Canon Bisa Diubah?

Seiring berkembangnya teknologi, membuat banyak perusahaan elektronik meluncurkan printer dengan tinta warna. Meskipun posisi warna cartridge Canon tidak bisa diubah, jika kamu menginginkan dokumen hitam putih bisa merubah peraturan pada file melalui beberapa sistem berikut:

1. Microsoft Word

Microsoft Word sangat mudah diakses oleh setiap individu, bahkan sudah menjadi salah satu rekomendasi sistem operasi yang paling sering dipakai. Mengganti warna tinta juga dapat kamu lakukan dengan klik menu “Grayscale” di dalam “Printer Properties, tempatnya di samping color.

2. PDF

Jika tidak bisa merubah posisi warna cartridge Canon, maka melalui PDF kamu bisa cetak dokumen hitam putih. Namun terlebih dahulu harus download aplikasi Foxit Reader, kemudian memilih file dan memberikan centang pada menu “grayscale” lalu klik “ok” dan “print”

3. Paint

Cara yang satu ini digunakan untuk cetak foto hitam putih, sebenarnya paint merupakan sebuah aplikasi khusus. Langkahnya adalah membuka foto> Open di layar tab> Paint> Print/ketik CTRL+P> Preferences> Dokumen grayscale> Oke atau print, kemudian tunggu sampai hasil keluar.

Keunggulan Tinta Warna pada Printer

Printer tentu sering digunakan sebagai alat untuk cetak dokumen, namun seiring berkembangnya teknologi terdapat fitur yang memberikan mesin multifungsi. Jadi bisa dipakai untuk print dokumen, mencetak foto, maupun scan data, hal ini sangat membantu para pengguna dalam menyelesaikan tugas.

Namun printer multifungsi kebanyakan menggunakan cartridge tinta warna, karena jika hanya hitam putih saja tidak akan memberikan kualitas foto yang baik. Jika kamu masih bingung untuk memilih merek original, maka bisa memakai salah satu rekomendasi berikut ini:

  • Tinta 003 dengan harga Rp 85.000 yang dapat menjaga kualitas cetak tetap awet dan terlihat jelas
  • 680 Tri-Color Original Ink Advantage Cartridge, memakai bahan daur ulang yang ramah lingkungan
  • Tinta T664 1 Set yang menghasilkan warna pekat dan tidak mudah tumpah

Sebenarnya masih terdapat merek tinta lain seperti GI-790, Ink Cartridge LC-3617, GT52 Original Ink Bottle, Tinta Cartridge CL-811 Colour, Tinta Printer, T673 Ink Bottle, 85A Black Original LaserJet Toner Cartridge, dan tentunya sangat membantu untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus.

Penjelasan dari kurotekno di atas bisa memberikan kesimpulan, bahwa sebenarnya posisi warna cartridge Canon pada beberapa printer memiliki kesamaan. Jadi, kamu tidak perlu kebingungan untuk mencarinya ketika akan melakukan pengisian ulang atau mengganti tinta.