Rangkuman Hari ke-241 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Disebut Akan Ledakkan Bendungan Nova Kakhovka, Menlu AS dan Rusia Kembali Berdiskusi

Rangkuman Hari ke-241 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Disebut Akan Ledakkan Bendungan Nova Kakhovka, Menlu AS dan Rusia Kembali Berdiskusi

Kurotekno.com – Rusia menuduh Ukraina akan ledakkan bendungan Nova Kakhovka dan berencana untuk menghancurkannya. Pejabat Ukraina menyebut ini adalah tanda bahwa Moskwa mungkin akan meledakkannya dan menyalahkan Kyiv.

Berita itu jadi pembuka rangkuman hari ke-241 serangan Rusia ke Ukraina . Dilansir dari Al Jazeera, berikut sejumlah informasi penting lain pada Sabtu (22/10/2022) dari konflik yang kian memanas dan berlarut-larut.

Situasi Perang

– Bagi tentara Ukraina yang ada di utara Kherson, penurunan pergerakan peluru dan lapis baja menandakan bahwa Rusia menderita masalah tenaga kerja, pasokan, dan perangkat keras yang serius.

– Menteri Energi Ukraina menyebut serangan udara Rusia telah menghantam setidaknya setengah dari kapasitas pembangkit termal Ukraina, menyebabkan kerusakan miliaran dollar AS sejak 10 Oktober, meskipun tidak semua unit listrik berhenti bekerja sepenuhnya.

– Menteri energi Ukraina mengatakan dia tidak melihat tanda-tanda kemajuan menuju kesepakatan yang melibatkan Rusia, Ukraina dan pengawas nuklir PBB dalam menyelesaikan situasi di pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia.

– Juru bicara angkatan udara menyatakan Ukraina menjatuhkan 85 persen drone “kamikaze” buatan Iran yang ditembakkan oleh Rusia dan membutuhkan dukungan sekutu untuk mencegah Teheran menjual rudal balistik ke Rusia.

Diplomasi

– Inggris, Perancis dan Jerman menyerukan penyelidikan PBB atas tuduhan bahwa Rusia telah menggunakan pesawat tak berawak asal Iran untuk menyerang Ukraina, dalam apa yang mereka katakan sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

– Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu berbicara dan berdiskusi untuk pertama kalinya sejak Mei. Seorang diplomat top Rusia mengatakan panggilan itu diperlukan untuk menghilangkan kesalahpahaman, kantor berita TASS melaporkan.

– Amerika Serikat akan mempertimbangkan segala cara untuk memajukan diplomasi dengan Rusia jika ada celah, meskipun Rusua tidak menunjukkan tanda-tanda kesediaan untuk terlibat dalam pembicaraan yang berarti, kata Menteri Luar Negeri AS.

Ekonomi

– Kyiv menuduh Rusia sengaja menunda perjalanan kapal yang membawa ekspor biji-bijian di bawah kesepakatan yang ditengahi PBB, dan mengatakan 150 kapal sedang menunggu untuk dimuat.

– Sebuah tim Dana Moneter Internasional mengadakan diskusi yang produktif dengan pihak berwenang Ukraina dan akan bekerja dalam beberapa minggu mendatang atas permintaan mereka untuk meningkatkan pemantauan program setelah invasi Rusia, kata kepala misi IMF Gavin Gray.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: