Sakit Kepala saat Kerja? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Sakit Kepala saat Kerja? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Kurotekno.com – Pada tahun 2019, WHO menyebutkan bahwa 30% dari populasi dunia yang berusia 18-65 tahun mengalami migrain. Sebagian besar penderita sakit kepala tersebut mengalaminya saat kerja.

Sakit kepala ini dapat berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. Jika berlangsung lama, hal ini dapat memengaruhi produktivitas bahkan kesehatan.

Sakit kepala atau migrain ini bisa terjadi ketika kamu mengalami stres atau bekerja terlalu lama. Sakit kepala juga bisa kamu alami jika bekerja terlalu lama di depan komputer.

Lalu, bagaimana cara menghadapi kondisi ini saat bekerja? Simak penjelasan Glints berikut.

Tips Mencegah Sakit Kepala saat Kerja

© Pexels.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan diri dengan jam dan lingkungan kerja.

Menurut Kepala Diamond Headache Clinic, Dr. Merle Diamond kepada Time, jam dan lingkungan kerja berpengaruh besar terhadap kemungkinan munculnya sakit kepala atau migrain.

Sebagian besar penderita migrain sensitif terhadap cahaya yang terang. Sebagian lainnya sensitif terhadap bau yang menyengat, seperti parfum.

Jika kamu merupakan orang yang sensitif terhadap cahaya, kamu bisa menghindari kerja di ruangan dengan cahaya lampu yang terang. Cobalah bekerja di ruangan dengan sinar matahari yang cukup.

Kalau kamu juga sensitif terhadap aroma, kamu bisa mengomunikasikannya dengan rekan-rekan kerja.

Kamu bisa berbicara dengan rekan kerja yang menggunakan parfum berlebihan. Tentunya, ada cara menegur rekan kerja yang baik agar tidak menyinggung perasaannya.

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit kepala saat kerja adalah tidak terlalu lama menatap laptop.

Kamu bisa menggunakan metode 20-20. Metode ini dapat digunakan untuk mencegah sakit pada area mata dan mengurangi risiko radiasi.

Caranya, setiap 20 menit cobalah untuk menjauh dari layar laptop selama 20 detik. Selama 20 detik tersebut, cobalah memfokuskan pandangan pada benda yang jauh, minimal sekitar 6 meter.

Terlepas dari tips pencegahan di atas, bagaimana jika kamu tiba-tiba mengalami migrain saat kerja? Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Pertolongan Pertama Sakit Kepala saat Bekerja

© Pexels.com

1. Minum obat pereda nyeri/sakit kepala

Hal pertama yang kamu lakukan jika mengalami sakit kepala saat bekerja adalah mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

Kamu bisa mendapatkannya dari klinik atau kotak P3K yang tersedia di kantormu. Jika tidak, pastikan kamu selalu membawanya setiap saat, terutama jika sering mengalami migrain saat kerja.

2. Minum kopi atau teh jika mengalami sakit kepala saat kerja

Dilansir dari WebMD, kafein membantu mengurangi gejala migrain. Beberapa obat untuk migrain pun menggunakan kafein sebagai salah satu bahannya.

Jika kamu memiliki gejala sakit kepala saat kerja, kamu bisa beristirahat sejenak sambil meminum kopi. Jika kamu tidak menyukai kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh atau minuman berkafein lainnya.

3. Kompres kepala dengan es

Kompres dengan es pada area kepala dan leher dapat membantu mengurangi sakit kepala. Jika es tidak tersedia di pantry kantor, kamu bisa menggunakan air dingin untuk menguranginya.

Jika memungkinkan, selalu simpan es atau icepack yang terbuat dari gel di kulkas pantry kantormu. Hal ini terutama jika kamu sering mengalami migrain saat kerja.

4. Ambil cuti sakit

Jika sakit kepalamu tidak dapat ditahan dan kamu tidak bisa fokus bekerja, akan lebih baik jika kamu mengambil cuti. Cuti sakit karyawan bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat atau memeriksakan diri ke dokter.

Sakit kepala atau migrain saat bekerja dapat mengganggu produktivitasmu, apalagi jika tidak diatasi dengan benar. Selain keempat cara di atas, tentu masih banyak cara lainnya untuk mengatasinya.

Apakah kamu punya trik khusus untuk mengatasi sakit kepala saat kerja? Kamu bisa membagikannya di Glints Komunitas, lho.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab di mana kamu bisa bertanya dan berdiskusi seputar dunia kerja dengan para profesional atau pengguna Glints lainnya.

Yuk, bagikan pengalaman dan tips ala kamu melalui Glints Komunitas!

Sumber

    5 Ways to Cope With Migraines at Work

    How to Deal With Migraines at Work

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: