Kurotekno– Tahun 2021, Poco telah menjadi merek independen yang terpisah dari Xiaomi. Hal itu tidak lepas dari banyaknya fans Poco termasuk di tanah air. Setelah sukses pada produk pertamanya bernama Pocophone F1, kini Poco juga hadir dengan spesifikasi dan harga HP Poco C40 terbaru.  

Poco C40 resmi dirilis di Indonesia pada awal September 2022. Hadir dengan dua varian penyimpanan, HP ini dijual mulai harga Rp 1.599.000 untuk penyimpanan 3GB+32GB dan Rp 1.799.000 untuk penyimpanan 4GB+64GB. Dengan harga jual dibawah 2 jutaan, itu berarti kamu tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk mendapatkan ponsel ini.

Spesifikasi Poco C40

  • OS : Android 11, MIUI 13 for POCO
  • CPU : Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×1.5 GHz Cortex-A55)
  • GPU : Mali-G57 MC1
  • Kinerja : JLQ JR510 (11 nm)
  • Memori Internal & RAM : 32GB RAM 3GB, 64GB RAM 4GB
  • Desain : Notch /tetesan air
  • Tampilan : Dot Drop 6.71 inci
  • Jaringan : 4G
  • Kamera Belakang : 13 MP F/2.2  (wide) 2 MP F/2.4 (depth)
  • Kamera Depan : 5MP F/2.2
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, non-removable
  • Dimensi : 169.6 x 76.6 x 9.2 mm (6.68 x 3.02 x 0.36 in)
  • Berat : 204 g (7.20 oz)
  • Ukuran : 6.71 inches
  • Resolusi : 720 x 1650 pixels
  • Proteksi : Corning Gorilla Glass

Jika dilihat dari spesifikasi dan harga HP Poco C40 di atas, hal paling menonjol yaitu baterainya yang berukuran 6000 mAH. Dengan kelebihan tersebut ponsel ini diklaim dapat bertahan hingga 357 jam dalam keadaan standby. Sementara untuk game 14 jam, memutar musik 86 jam, telepon 32 jam, streaming video 20 jam, dan merekam video 10 jam.

Kelebihan Poco C40

Namun, apakah hanya baterainya yang menjadi kelebihan Poco C40? Ternyata tidak, berikut ini kurotekno telah merangkum beberapa kelebihan Poco C40 lainnya:

1. Desain dan Layar Poco C40

Pada bagian belakang HP Poco C40 menggunakan plastik yang teksturnya mirip seperti lapisan luar Poco M3. Walaupun terbuat dari plastik, namun bodi HP terbilang cukup kuat dan solid. Tidak lupa Poco C40 juga menambahkan modul kamera yang cukup besar di bagian belakang HP nya.

Modul kamera tersebut dapat menampung dua kamera dan satu flash LED. Kamu juga akan melihat tulisan yang menghiasi pada modul persegi panjang yaitu Poco, Designed by, dan Al Dual Camera.

Poco C40 mengusung layar 6.7 inci dengan bodi 9.18 mm. Walaupun memiliki bodi cukup tebal, namun cukup nyaman untuk kelas entry-level.

2. Performa Poco C40

Jika kamu sudah tidak asing dengan istilah Snapdragon, Media Tek, atau lainnya. Lain dengan Poco C40 yang menggunakan dapur pacu “JLQ”. Banyak orang sempat mengenyitkan dahinya ketika mengetahui dapur pacu Poco C40 ini.

Namun, kamu tidak perlu cemas karena chipset JLQ JR510 terbilang cukup mumpuni bersaing di kelas entry-level. Kamu pun masih bisa menikmati bermain game MOBA, Call of Duty Mobile atau PUBG mobile dengan baik menggunakan perangkat JLQ.

3. Baterai Poco C40

Seperti yang sudah kami singgung di atas, daya tahan baterai Poco C40 merupakan nilai jual utama dari HP ini. Poco C40 termasuk HP entry-level dengan performa baterai tahan lama di kelasnya.

Dengan kekuatan beterai tersebut mampu memberikan pengalaman menonton film atau bermain game hanya menyedot 8 persen selama satu jam.  Jika diakumulasikan, ponsel ini dapat bertahan selama dua hari walaupun digunakan menonton film online selama berjam-jam.

4. Kamera Poco C40

Poco C40 mengusung dua kamera dengan konfigurasi kamera belakang 13MP + 2 MP , sedangkan kamera selfie 5MP. Kamera utama dapat digunakan merekam video Full HD atau HP Plus 30 fps. Hasil kamera akan bagus dalam keadaan cukup cahaya. Sedangkan, gambar mungkin akan kurang bagus saat diambil malam hari atau pada kondisi minim cahaya.

Walaupun kamera Poco C40 bukan yang terbaik di kelasnya, namun HP ini masih bisa memenuhi kebutuhkan kamu untuk merakam atau mengabadikan momen sehari-hari.

5. Bodi Corning Gorilla Glass

Walaupun layarnya tidak terlalu berukuran besar, namun Poco C40 terbilang cukup kokoh. Bahkan layar sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorillah Glass yang berfungsi meminimalisir adanya goresan layar, entah karena goresan oleh kuku, goresan dari celana, atau lainnya.

Selain dilindungi Corning Gorilla Glass, bodi Poco C40 mengantongi IP52. Itu berarti HP telah memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Jadi, cenderung tidak akan kenapa-napa ketika ketumpahan air dari atas.

6. Konektivitas Poco C40 yang Lengkap

Ponsel sudah dibekali dengan sensor infrared yang dapat kamu fungsikan sebagai remote AC atau TV tanpa koneksi internet. Selain itu, Poco C40 juga menyediakan port 3.5 mm jack audio yang bisa terhubung dengan earphone tanpa menggunakan adapter. Di sini kamu dapat menikmati aplikasi FM Radio untuk mendengarkan siaran radio favorit kamu.

Kekurangan Poco C40

Berikut kekurangan Poco C40 yang kurotekno rangkum :

1. Kamera Kurang Memuaskan

Dengan harga ponsel yang cukup terjangkau, membuat HP ini harus rela memangkas dari sisi fotografinya. Oleh sebab itu, konfigurasi kamera yang ditawarkan juga terbilang kurang memuaskan atau biasa saja.

2. Performa Lamban

Sebetulnya, kemampuan JLQ JR510 yang digunakan Poco C40 dianggap sama dengan Snapdragon 450 atau Helio G35. Namun ketika diujikan, seorang YouTuber mengungkapkan pengalaman kurang memuaskan ketika memainkan COD Mobile karena sering terjadi game drop saat bermain.

3. Refresh Rate yang Kurang Tinggi

Satu lagi kekurangan Poco C40 yaitu tidak dilengkapi penyegaran tinggi. Padahal saat ini, refresh rate sedang tren, bahkan di kalangan ponsel terjangkau. Bagi kamu yang tidak terlalu membutuhkan hal ini mungkin bukan masalah. Namun, jika sudah terbilang scrolling feed Instagram, atau lainnya hal ini perlu dipikirkan lagi.

Itulah spesifikasi dan harga HP Poco C40 terbaru di Indonesia. Jika dilihat dari spesifikasinya, Poco C40 memang bukan ditujukan untuk gamers berat. Walaupun begitu, dengan harga kurang dari 2 juta masih fungsional dengan kemampuan baterainya yang tahan lama, dan hasil foto yang oke.