Kurotekno – HP Gaming Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro dijadwalkan akan rilis di Indonesia pada tanggal 21 September 2022. Bagaimanakah penampakan HP tersebut? kali ini kurotekno akan mengulas spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6 tersebut.

Dari keduanya, ROG Phone 6 Pro tampil dengan layar mini berukuran 2 inci. Layar tersebut bernama ROG Vision. Sebelumnya, Asus juga juga sudah memperkenalkan fitur tersebut pada ROG Phone 5 Pro yang meluncur di tahun lalu tepatnya Juni 2021.

Berbeda dengan versi Pro, ROG Phone 6 hadir tanpa fitur layar vision. Sebagai gantinya, ponsel ini memiliki panel RGB yang terdiri dari lampu berwarna-warni dan dapat menampilkan logo Asus ROG.

Selebihnya, baik ROG Phone Pro dan ROG Phone 6 memiliki desain sama dengan bagian punggung menyertakan tiga kamera tersusun horizontal.

Spesifikasi ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro

OS : Android 12

Chipset : Qulcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm)

Memori Internal : 128GB 8GB RAM, 128GB 12GM RAM, 256GB 12GB RAM, 512GB 16GM RAM

Dimensi : 173 x 77 x 10,3 mm (6,81 x 3,03 x 0,41 in)

Berat : 239g

Tipe Layar : AMOLED, 1B color, 165Hz, HDR10+, 800 NITS (TYP), 1200 NITS (PEAK)

Ukuran Layar : 6,78 inches, 109,5 cm2  (82,2% screen-to-body ration)

Resolusi Layar : 1080 x 2448 pixels

Pelindung Layar : Corning Gorilla Glass Victus

Kamera Utama : 50MP, f/1.9 (wide), 13MP F/2.2 (ultrawide), 5MP (macro)

Kamera selfi : 12MP, 28mm (wide)

Baterai : Li-Po 6000 mAh

Dari spesifikasi di atas, kita dapat melihat baik layar ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro sama-sama menggunakan panel Samsung AMOLED berukuran 6,78 inci dengan teknologi setel eksklusif ROG hingga 165 kecepatan refresh, latensi sentuh ultra-rendah 23md, dan touch sampling rate 720Hz.

Kedua layar HP Gaming ini memiliki dukungan HDR10+ dengan tingkat kecerahan sampai 1.200nit dan terlindung oleh Gorilla Glass Victus. Agar makin canggih lagi bermain games atau menikmati hiburan, Asus memasang sistem audio GameFX dengan fitur speaker ganda tujuh magnet simetris, dan headphone jack 3,5 mm.

Asus juga memasukkan kedua HP gaming barunya dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 kombinasi RAM LPDDR5 sampai 18GB. Tujuannya, agar HP tetap adem saat bermain game.

Sistem pendingin GameCool6 yang menggunakan teknologi pendingin CPU 360 derajat, yang 30% lebih besar dan grafit 85% lebih besar, dengan desain CPU berpusat untuk meningkatkan panas dari inti.

Fitur-fitur Unggulan HP Gaming Asus ROG Phone 6 dan Asus ROG Phone 6 Pro

Setelah melihat spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6 di atas, mari kita bahas lebih detail apa saja kelebihan dari fitur-fitur yang ada pada ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro ini :

1. Layar ROG Vision

Dikutip dari laman asus.com, ROG Vision adalah layar yang ada di bagian belakang ROG Phone. Pada spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6, pengguna dapat mengatur animasi yang ditampilkan pada layar belakang, atau menggunakan editor internal untuk membuat animasi berbeda sesuai preferensi.

Kamu dapat mengaktifkan ROG Vision ketika masuk game, saat mengaktifkan mode X, layar menyala, ketika mencolokkan pengisi daya, mencolokkan aksesoris telepon ROG, dan ketika panggilan masuk. Teknologi ini merupakan inovasi terbaru Asus yang belum pernah terlihat di ponsel manapun hingga saat ini.

2. Teknologi Snapdragon

Spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro dibekali dengan teknologi Qulcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm). Teknologi ini terklaim merupakan andalan smartphone Android kelas premium. Snapdragon 8+ adalah platform mobile tingkat premium yang menghadirkan peningkatan daya dan juga kinerja perangkat menjadi meningkat.

Dengan teknologi ini sangat memungkinkan pemprosesan super rendah ketika bermain game. Dengan begitu, kamu dapat bermain bebas hambatan dan streaming musik tanpa henti. Kamu juga dapat  mendengar musik dengan detail yang kamu inginkan.

3. Layar Panel Samsung AMOLED

AMOLED atau active matrix organix light emmiting diode yaitu jenis teknologi yang mana bahannya berbasis organik yang memancarkan cahaya sebagai respons arus listrik. Nah, keunggulan HP dengan layar panel seperti ini yaitu konsumsi daya lebih sedikit, profil fisiknya juga lebih tipis, kualitas tampilan yang lebih baik.

Dengan penyetelan eksklusif, maka HP dapat menghadirkan refresh lebih tinggi hingga 165 Hz. Dengan begitu, kamu akan menikmati bermain game tanpa bug.

4. Terlindungi Gorilla Glass Victus

Jika pendahulunya Corning Gorilla Glass sudah kamu kenal, kali ini Asus menyertakan teknologi pelindung yaitu Gorilla Glass Victus. Teknologi ini diklaim sebagai sang proteksi mutakhir. Produk paling baru ini dapat bertahan dan melindungi layar ponsel bahkan ketika terjatuh dari ketinggian 2 meter di permukaan keras. Jika sebelumnya, Gorilla Glass hanya bisa bertahan ketika jatuh dari ketinggian 1,6 meter.

Gorilla Glass Victus juga memiliki desain lebih ringan dan tipis sehingga membuat perangkat lebih ringan dan tipis. Dengan begitu, tangan kamu tidak akan kelelahan saat bermain game di ponsel ini.

5. Audio GameFX Speaker Ganda Tujuh Magnet Simetris

Tidak hanya dapur dapur pacu yang menjadi fokus HP gaming kali ini, namun juga kehebatan speakernya. Seolah-olah mengerti dengan penggunanya, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro menyajikan sisi audio terkini yaitu Audio GameFX Speaker.

Karena tidak semua gamer suka bermain menggunakan headset, maka audio jenis ini akan memberikan kualitas audio berkualitas. GameFX merupakan teknologi audio dirac yang ditanamkan pada dua speaker stereo. Audio yang dihasilkan tidak hanya kencang, namun tajam dan detail. Kamu bisa mendengarkan posisi musuh dalam game dengan jelas walau tidak menggunakan headset.

6. Tombol Ultrasonik AirTrigger

Fitur pendukung lain yang membuat unik dari HP Gaming ROG Phone 6 yaitu tombol ultrasonic AirTrigger. Walaupun bukan yang pertama muncul, namun teknologi ini tetap tidak Asus lupakan.

AirTrigger merupakan sensor ultrasonic yang letaknya di sisi kanan dan kanan bawah ROG Phone. Saat bermain game, biasanya HP akan diputar menjadi mode landscape. Nah, saat mode tersebut, sensor AirTrigger akan berada di sebelah kiri dan kanan atas. Fitur memungkinkan kamu memetakkan hingga 14 titik sentuh dan 9 metode input.

7. Audio Dirac Virtuo

Dikutip dari laman dirac.com, teknologi ini memungkinkan adanya pengalaman suara imersif yang luas, alami dengan lokasi suara yang akurat. Ketika audio hidup, kamu dapat merasakan dimensi baru. Audio dapat mewujudkan pengalaman suara yang luas.

ROG Phone 6 membawa solusi audio spesial dirac virtuo dengan alogaritma pengaktifan suara stereo impersif dari speaker internal sekaligus meningkatkan kualitas suara speaker secara keseluruhan.

Itulah spesifikasi HP Gaming Asus ROG Phone 6 beserta berbagai fiturnya yang memanjakan kamu saat bermain game. Harga Asus ROG Phone 6 yaitu RP 13.480.000 dan harga Asus ROG Pro Rp 19.950.000.