Kurotekno– Pada tanggal 15 Agustus lalu, TWS Oppo Enco Buds 2 resmi rilis dan dijual di Indonesia pertama kali pada tanggal 26 Agustus 2022. True Wireless Stereo (TWS) merupakan kombinasi antara teknologi nirkabel dan format suara stereo yang jernih. Dengan harga jual Rp399 ribu, bagaimana spesifikasi TWS Oppo Enco Buds 2 tersebut? kali ini kurotekno akan membahasnya.

Spesifikasi TWS Oppo Enco Buds 2

  • Model : ETI81
  • Mode Case Pengisi Daya : ETI82
  • Kualitas Suara :  8mm dengan rentang respons 20Hz-20kHz
  • Bluetooth : Versi 5.2, jarak 10m
  • Baterai : 40 mAh jenis Sel Li-ion (dapat isi ulang)/400 mAh (case pengisian daya)
  • Daya Tahan Baterai : 50% volume) : 6 jam (sekali pengisian) / 24 jam (dengan case pengisian daya)
  • Waktu Pengisian 120 menit (earbud)/150 menit (earbud + case pengisian daya)
  • Berat : 4,0g
  • Ukuran Earbud : 22,2 mm x 19,6 mm x 22,7 mm

Dari spesifikasi di atas kita dapat melihat adanya pemakaian Oppo Enco Buds 2 selama 6 jam tanpa henti. Dikutip dari laman oppo.com, Dengan pengisian daya 15 menit saja, kamu dapat memainkan musik selama 1 jam.

Kelebihan TWS Oppo Enco Buds 2

1. Fitur Passive Noice Cancelleation

Fitur ini merupakan teknik meredam kebisingan melalui bentuk desain kedap suara tanpa penambahan komponen elektronik atau teknologi khusus yang sengaja ada pada software.

Earphone yang menggunakan fitur ini mengandalkan kualitas desain yang dapat menyumbat telinga supaya suara dari luar tidak mengganggu suara yang berasal dari gadget atau perangkat yang sedang kamu gunakan. Fitur ini sangat berguna ketika kamu menerima panggilan telepon, kamu dapat mendengarkan dengan seksama tanpa gangguan.

2. Berat Lebih Ringan 0,3 Gram dari Kertas A4

Spesifikasi TWS Oppo Enco Buds 2 memiliki berat 4,0 g/ Earbud, 37g/case pengisian daya 45g. Dengan bobotnya, maka jauh lebih ringan dari bobot kertas sekalipun yaitu 4,3 gram.

Dengan berat yang lebih ringan tersebut, kamu akan lebih nyaman menggunakan earphone walaupun penggunaan yang lama. Bobot ringan pada Enco Bunds 2 yaitu 4,0g mungkin kamu pun tidak akan terlalu merasakan kehadirannya ketika menempel pada telinga.

3. Driver Dinamis

Dengan penanaman driver dinamis 10mm, TWS ini dapat kamu gunakan untuk mendengarkan suara bass yang lebih dominan. Selain itu, Dynamic driver  spesifikasi Oppo Enco Buds 2 diklaim memiliki ukuran lebih besar 2mm daripada seri sebelumnya yaitu.

Kamu dapat memilih efek suara Bass Boost dan Clear Vocal ketika menggunakannya. Mode Clear Vocal dapat kamu pilih untuk jenis musik slow. Cocok bagi kamu yang senang menikmati suara penyanyi yang merdu dengan alunan musik santai. Sedangkan untuk Bass Boost sebaliknya, cocok untuk penyuka musik rock.

4. Kontrol Melalui Gestur Tangan

Satu lagi yang menjadi andalan spesifikasi TWS Oppo Enco Buds 2 yaitu adanya teknologi gestur tangan. Fungsinya untuk memberikan instruksi kepada perangkat. Nantinya, earphone akan menafsirkan gerakan tangan dari pengguna. Teknologi ini dapat dikatakan menjadi fitur inti Enco Buds 2.

Kamu hanya perlu mengetuk dua kali pada sisi samping earphone untuk mendengarkan lagu, atau tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya. Jika ingin mengatur volume suara, cukup sentuh dan tahan sisi samping earphone ke bawah untuk menurunkan volume, atau ke atas untuk menaikkan volume.

5. Dapat Mengambil Foto Selfie

Menariknya, TWS Oppo Enco Buds 2 juga dapat kamu gunakan mengambil foto selfie. Caranya, dengan membuat aplikasi kamera lalu mengetuk 2 kali sisi samping earphone Enco Buds2 untuk mengambil foto.

Fungsi pada kontrol gestur ini dapat kamu lakukan baik pada sisi kanan atau kiri earphone, sehingga akan lebih memudahkan saat penggunaannya.

6. Daya Tahan Baterai 1 Minggu

Sedangkan pada sektor baterai banyak yang mengklaim TWS Oppo Enco Buds2 dapat bertahan hingga satu minggu dengan durasi pemakaian 4 jam per hari.

Di situs resminya, Oppo mengklaim Enco Buds 2 ini dapat kamu pakai selama 6 jam tanpa henti, dan meletakan nya kembali pada case pengisi daya untuk menggunakannya lagi. Dengan pengisian kembali selama 15 menit, kamu dapat mendengarkan musik hingga 1 jam.

7. Transmisi Latensi Rendah

Transmisi Bluetooth yang ada pada Oppo Enco Bunds 2 dapat melampui Bluetooth konvensional dengan menghubungkannya ke telinga. Perangkat dapat menghilangkan penundaan transmisi dari telinga ke telinga.

Latensinya hanya 80ms saja, termasuk ideal dan rendah saat kamu gunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain games.

8. Koneksi Stabil

Dengan teknologi Bluetooth 5,2 Secara teori jenis ini dapat menjaga koneksi lebih stabil. Hasilnya pun cukup memuaskan dan minim gangguan koneksi. Selain itu, spesifikasi Oppo Enco Bunds2 juga mengandalkan transmisi Bluetooth secara bersama antara earbud kanan dan kiri yang bernama Binaural Bluetooth.

Dengan koneksi stabil, kamu dapat bergerak sesuka hati tanpa khawatir adanya panggilan atau koneksi audio. Chip Bluetooth Enco Buds 2 dapat menjaga koneksi tetap stabil sehingga bisa menikmati musik tenang.

Kekurangan TWS Oppo Enco Buds 2

1. Tidak Memiliki Sensor Deteksi Otomatis Saat Earbud Lepas

Ketika Oppo Enco kamu lepas, maka secara otomatis lagu akan terhenti. Hal ini mungkin akan mengganggu ketika earphone/earbud harus kamu lepas sebentar.

2. Tidak Dilengkapi Kabel Charger

Setiap pembelian TWS Oppo Enco Buds 2 tidak termasuk kabel charger dalam paket penjualannya. Mungkin ini akan perlukan.

3. Tidak Didukung ANC

ANC (active Noise Cancelacion) merupakan fitur yang peredam suara yang disematkan pada software perangkatnya. Untuk kelas harganya, sudah ada TWS yang telah didukung ANC.

Demikian spesifikasi TWS Oppo Enco Buds 2. Mengulas kelebihan dan kekurangan di atas TWS Oppo Enco Buds 2 memang menawarkan keunggulan yang lebih banyak dari pada kekurangannya. Hal itu dapat menjadi nilai tambah ketika hendak membelinya.