Tak Banyak yang Tahu, 7 Lagu Ini Ternyata Ditulis oleh Michael Jackson

Tak Banyak yang Tahu, 7 Lagu Ini Ternyata Ditulis oleh Michael Jackson

Kurotekno.com – Selama berkarir hingga lebih dari empat dekade, Michael Jackson juga diketahui telah menulis lebih dari 150 lagu dan memproduseri sejumlah artis lintas genre.

Bahkan, pada tahun 80-an, Jackson sudah menulis dan memproduksi lagu dari beberapa penyanyi seperti Diana Ross, Jennifer Holliday, Rebbie bersaudara, LaToya dan Janet Jackson, Paul McCartney, dan masih banyak lagi.

Kolaborasi lainnya pun berlanjut dengan lagu amal USA for Africa tahun 1985 yang ditulis bersama Lionel Richie, yakni “We Are the World”, lalu single The Jacksons tahun 1984 “State of Shock” yang menampilkan Mick Jagger.

Kemudian, ada pula “There Must Be More To Life Than This” yang merupakan proyek duetnya dengan Freddie Mercury dan “Whatzupwitu” dengan Eddie Murphy, dari album sang aktor pada tahun 1993 berjudul Love’s Alright.

Selain koleksi lagu-lagu hits-nya, banyak orang yang tidak tahu bahwa Jackson juga menulis beberapa lagu ternama untuk musisi lain.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, inilah tujuh lagu musisi terkenal yang ternyata ditulis oleh legenda pop dunia, seperti yang dilansir dari laman American Song Writer.

1. It Had to Be dari The Brothers Johnson (1980)

Pembuatan lagu dari duo funk dan R&B ini bekerja sama dengan Michael Jackson.

The Brothers Johnson yang berbasis di Los Angeles, yang terdiri dari kakak-beradik George (Lightnin’ Licks) dan Louis (Thunder Thumbs) Johnson, berkesempatan untuk menulis lagu bersama sang raja pop untuk album keempat mereka, Light Up the Night.

Selain ikut menulis lagu bersama Johnsons, Jackson juga memberikan backing vokal pada lagu It Had To Be.

2. Night Time Lover dari LaToya Jackson (1980)

Lagu Night Time Lover awalnya ditulis untuk Donna Summer dengan judul Fire Is the Feeling, tetapi berakhir di album self-titled LaToya Jackson.

Diproduseri dan ditulis bersama sang adik, Michael Jackson, yang juga bernyanyi di lagu tersebut, LaToya pun membawakan lagu tersebut di American Bandstand pada tahun 1980.

3. The Man dari Paul McCartney (1983)

Setahun setelah Michael Jackson merilis duetnya dengan Paul McCartney pada single The Girl Is Mine di album Thriller, mereka pun kembali bekerja sama.

Kali ini, Jackson membantu McCartney menulis beberapa lagu untuk album solo keempatnya, yakni Pipes of Peace, Say Say Say Say dan satu lagu yang mungkin kurang dikenal berjudul The Man.

Lagu The Man awalnya dijadwalkan sebagai single ketiga pada tahun 1984, setelah Pipes of Peace dan Say Say Say Say, tetapi ditunda setelah penangkapan Paul dan Linda McCartney di Bridgetown, Barbados karena kepemilikan ganja.

“The Man itu bisa berarti Tuhan, bisa berarti ‘wanita, dengarkan priamu’, dan itu bisa berarti banyak hal,” kata McCartney tentang lagu tersebut.

“Tapi ketika saya membuatnya dengan Michael Jackson, saya yakin itu berarti Tuhan. Cukup bagus meninggalkan hal-hal yang ambigu,” terangnya.

4. Centipede dari Rebbie Jackson (1984)

Single debut berjudul Centipede milik Rebbie Jackson, saudara tertua dalam keluarga Jackson, juga ditulis oleh adiknya, Michael Jackson, sebagai lagu utama dari album pertamanya.

Michael Jackson dan The Weather Girls (Martha Wash dan Izora Armstead) — dikenal karena lagu hits mereka yang ditulis Paul Jabara dan Paul Shaffer pada tahun 1982, It’s Raining Men — turut memberikan vokal latar pada lagu ini.

5. You’re the One dari Jennifer Holliday (1985)

Jennifer Holliday hanya merilis dua single dari album keduanya Say You Love Me, yakni Hard Time for Lovers dan No Frills Love.

Ada pun lagu utama dan pembuka album You’re the One — yang mengisahkan pencarian seorang wanita muda akan cinta sejati — yang ditulis dan diproduseri bersama Michael Jackson tidak pernah dirilis sebagai single.

6. Eaten Alive dari Diana Ross (1985)

Untuk album solo keenamnya, Diana Ross meminta Gibbs bersaudara dari Bee Gees untuk menulis seluruh album, termasuk title track, yang juga ditulis bersama oleh temannya Michael Jackson, Maurice, dan Barry Gibb.

Lagu ini menduduki peringkat ketiga di tangga lagu dance dan memiliki video hitam putih yang menyertainya, yang disutradarai oleh David Hogan.

7. Alright Now dari Ralph Tresvant (1990)

Ketika Ralph Tresvant sedang menyusun album solo debutnya (self-titled), Michael Jackson ikut menulis satu lagu untuk mantan penyanyi New Edition ini yang berjudul Alright Now.

Meskipun tidak pernah dirilis sebagai single, namun lagu itu membawa Tresvant mencapai peringkat pertama, bersama dengan lagu lainnya seperti Sensitivity, Do What I Gotta Do, dan Stone Cold Gentleman, yang menampilkan sesama anggota New Edition dan rekan satu labelnya, Bobby Brown.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: