Twibbon merupakan sebuah gambar atau foto yang di dalamnya terdapat bingkai. Biasanya media ini orang gunakan untuk melakukan promosi terkait kegiatan tertentu yang tengah berjalan. Dalam penerapan bagaimana cara membuat twibbon di Picsart, media ini biasanya memiliki desain bingkai foto menarik dengan tambahan beberapa ikon mewakili kegiatan tersebut. 

Untuk membuat suatu desain twibbon, kamu memerlukan aplikasi yang bisa memproses seluruh kegiatan membuat desain. Tenang saja, desain twibbon cenderung simpel dan lebih ringan sehingga perangkat rendah pun bisa membuatnya. Salah satu caranya adalah dengan membuat desain di Android menggunakan aplikasi Picaart. 

Apa Itu Picsart dan Kelebihannya

aplikasi foto editor android

Untuk memenuhi kebutuhan media sosial di era digital ini, banyak orang mencari aplikasi edit foto terbaik. Salah satu aplikasi yang banyak orang percaya adalah Picsart. Picsart merupakan suatu aplikasi khusus untuk kebutuhan edit foto yang sudah banyak orang gunakan. Sampai saat ini ada sekitar 500 juta kali pengunduhan Picsart di seluruh perangkat. 

Rilis pada tahun 2014, Picsart memiliki banyak fitur yang mampu mendukung kegiatan edit fotomu. Ada banyak stiker dan efek yang bisa kamu pakai ketika proses mengedit. Selain itu, ada juga fitur menambahkan komponen seperti gambar dan teks. Dengan fitur ini, cara membuat twibbon di Picsart akan jadi lebih mudah. 

Semenjak perilisannya, aplikasi Picsart selalu mendapatkan respon pisitif dari para pengguna. Hal ini karena Picsart memang memiliki sejumlah kelebihan untuk penggunakan smartphone. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapat jika membuat twibbon menggunakan aplikasi edit foto Picsart. 

  1. Cara membuat twibbon di Picsart akan lebih mudah karena aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk membuat bingkai terbaik
  2. Memberikan kebebasan penggunanya dalam proses editing
  3. Mendukung bagi para pemula yamg ingin masuk ke dunia desain

Pahami Kegunaan dan Tips Cara Membuat Twibbon di Picsart

cara membuat twibbon di picsart
sumber gambar: campusnesia.co.id

Seperti yang sudah ada di penjelasan bagian awal, twibbon banyak orang pakai untuk promosi terkait sebuah kegiatan. Tetapi, fungsi dari twibbon sebetulnya lebih luas jika berbanding hanya dengan promosi saja. Berikut ini adalah beberapa poin dari kegunaan twibbon dalam aktivitas di media sosial. 

  1. Twibbon sebagai poster dan ikon
  2. Penggunaan untuk banner media sosial, seperti Facebook dan Twitter
  3. Alat dan media untuk melakukan promosi
  4. Sebagai media untuk melakukan kampanye terkait hal-hal tertentu
  5. Sarana dalam menarik perhatian masyarakat luas

Tips Cara Membuat Twibbon di Picsart

Cara membuat twibbon di Picsart memiliki tahapan yang mudah untuk kamu pelajari. Meski begitu, kamu perlu memahami segenap tips dalam pembuatan twibbon. Tips ini akan berguna dalam menciptakan desain bingkai yang menarik dan tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa poin yang menjadi tips pembuatan bingkai twibbon di Picsart. 

  1. Penyesuaian warna harus simpel. Desain twibbon harus memiliki tampilan sederhana sebagai bingkas. Gunakan 2 atau 3 warna utama saja
  2. Gunakan foto terbaik. Untuk foto utama, gunakanlah yang sekiranya cocok dan selaras dengan twibbon. Dengan begitu hasil twibbon bisa lebih menarik
  3. Perbanyak referensi twibbon. Kamu bisa melihat referensi ini dari berbagai desain yang telah ada sebelumnya, baik dari media sosial maupun situs tertentu
  4. Hindari desain kaku. Dalam cara membuat twibbon di Picsart, pastikan desain kamu tidak kaku, simpel, dan menarik. Desain yang terlalu ramai juga kadang tidak begitu menarik di mata umum. 

Tutorial Cara Membuat Twibbon di Picsart Mudah 2022

Sekarang, saatnya berlanjut ke tutorial cara membuat twibbon di Picsart. Caranya sangatlah mudah dengan beberapa langkah singkat. Berikut adalah uraian dari langkah demi langkah proses pembuatan twibbon menggunakan aplikasi Picsart. 

  1. Buka aplikasi edit foto Picsart di smartphone kamu (pastikan kamu sudah mengunduh dan memasangnya ke perangkat) 
  2. Tekan tombol yang memiliki simbol “+” di bagian bawah navigasi
  3. Scroll layar ke bagian bawah
  4. Pada bagian drawings, pilih opsi pick canvas
  5. Pilih 1:1 untuk twibbon pada foto profil media sosial. Kamu juga bisa memilih ukuran kanvas lain sesuai dengan kebutuhan twibbon kamu
Membuat kanvas picsart
Sumbergambar: itkoding.com
  1. Klik tombol layer yang ada di bagian kanan bawah aplikasi Picsart kamu. 
  2. Kemudian geser layer transparant ke paling bawah
Menambah layer picsart
Sumber gambar: itkoding.com

Catatan: Kamu bisa menggunakan cara dengan menekan bagian layer transparan selama beberapa detik. Kemudian, geser ke paling bawah agar layer ini tertutup oleh layer lainnya. 

  1. Klik pada layer berwarna putih (layer ini akan menjadi warna latar belakang dari twibbon) 
  2. Klik tombol ganti warna yang akan menjadi latar belakang twibbon. Opsi ini ada di bagian kanan bawah kanan layar 
  3. Pilih warna sesukamu. Dalam contoh ini akan menggunakan warna biru sebagai latar belakangnya
  4. Klik bagian layer untuk kembali dan menutup pengaturan warna
menambah bentuk picsart
sumber gambar: itkoding.com

Catatan: mulai dari sini adalah proses pembuatan bagian transparan untuk kamu pasang foto. 

  1. Klik tombol penghapus yang ada di bagian bawah layar aplikasi Picsart 
  2. Kemudian pilih bentuk yang kamu inginkan, contoh: lingkaran
  3. Pilih tombol fill kemudian tekan “ok” agar bisa teraplikasikan ke kanvas
  4. Buat lingkaran yang telah kamu pilih tadi dan sesuaikan dengan kebutuhan. Atur hingga posisi dan ukuran sudah pas

Catatan: sampai sini, proses pembuatan dasar dari cara membuat twibbon di Picsart sudah selesai. Tahap berikutnya adalah dengan memberikan ornamen tertentu agar lebih menarik. 

  1. Tap tombol layer
  2. Klik ikon “+” untuk menambah layer yang ada
  3. Pilih opsi empty layer atau layer kosong
  4. Tap pada bagian tambah gambar yang ada di sebelah tombol layer
  5. Pilih stiker yang sekiranya bagus dan pas untuk twibbon
Penambahan stiker picsart
Sumber gambar: itkoding.com

Catatan: kamu juga bisa menggunakan fitur pencarian untuk menemukan stiker lebih cepat. Contohnya adalah ketika circle frame untuk bingkai berbentuk lingkaran. 

  1. Pilih stiker yang cocok
  2. Atur layer ke satu tingkat di atas layer transparan
  3. Ulangi hingga kamu rasa cukup

Fungsi dari bagian ini adalah untuk menambah detail dan ornamen pada cara membuat twibbon di Picsart. Kamu bisa menambahkan bentuk, gambar, tulisan, dan masih banyak lagi. 

Inilah Cara Memasukkan Foto ke Twibbon yang Simpel

Jika sudah berhasil membuat template seperti di atas, langkah selanjutnya adalah memasukkan foto ke dalam twibbon. Berikut adalah cara membuat twibbon di Picsart bagian pemasukkan foto. 

  1. Buat layer baru seperti tahap sebelumnya
  2. Klik pada layer baru yang berhasil kamu buat
  3. Tambahkan gambar dari galeri

Catatan: pilih gambar mana saja yang sekiranya bagus dan cocok untuk twibbon kamu

  1. Geser layer ke bagian paling bawah agar tertutup oleh bagian lain
  2. Nantinya, foto akan ada di bagian dalam lingkaran, atur sesukamu
  3. Simpan ke galeri
  4. Selesai

Dengan begini, cara membuat twibbon di Picsart telah selesai. Begitu kamu simpan, kamu sudah bisa langsung memasang twibbon tersebut sebagai foto profil media sosial atau kebutuhan lainnnya. Silakan cek di galeri pada folder Picsart untuk melihat hasil twibbon yang sudah disimpan. 

Itulah penjelasan tentang cara membuat twibbon di Picsart dari Kurotekno. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Picsart secara gratis atau berbayar di Google Play Store.