Pernahkah kamu ingin menggabungkan gambar yang lebih dari satu secara bersamaan? Dalam dunia editing, hal seperti itu memang kadang dibutuhkan. Untuk menggabungkan dua gambar atau lebih, kamu harus memiliki beberapa bahan, salah satunya adalah Photoshop. Memangnya seperti apa cara menggabungkan gambar di Photoshop?

Mengenal Adobe

Adobe adalah pengembang aplikasi editing di berbagai bidang seperti mendesain (Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign), edit video (Adobe Premiere Pro), edit efek (Adobe After Effects), edit audio (Adobe Audition), membuat animasi (Adobe Flash Professional) dan bahkan hingga mengedit kode program (Adobe Dreamweaver)

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Adobe Photoshop?

Cara menggabungkan gambar di Photoshop
Sumber gambar: 4winmobile.com

Di luar sana, nama Adobe Photoshop sudah cukup mendunia di kalangan desainer. Dengan fitur lengkapnya, aplikasi ini mampu membuat kualitas dengan tingkat superior dibanding aplikasi serupa. Dengan kata lain, Adobe Photoshop ini merupakan editor gambar raster yang sudah terjamin kemampuannya. Jadi kamu tidak akan kesulitan dalam mencari cara menggabungkan gambar di Photoshop.

Raster sendiri atau Bitmap itu adalah format gambar yang bergantung pada jumlah pixel, semakin banyak maka semakin jelas. Kalau kamu zoom gambar raster, maka akan terlihat pecahan gambarnya dengan bentuk kotak-kotak kecil. Nah, kotak-kotak kecil penyusun gambar inilah yang bernama pixel. Format JPG (.jpg) adalah salah satu  contoh format gambar raster yang ada.

Cara menggabungkan gambar di Adobe Photoshop Termudah

Cara menggabungkan foto
Sumber gambar: hitekno.com

Menggabungkan di sini memiliki beberapa arti, bisa menggabungkan dengan menyatukan segala komposisi warna, pencahayaan, dan bahkan resolusi, atau cukup sekedar dengan menaruh dan menambahkan gambar di atas gambar lain. Kemudian, bagaimana cara menggabungkan gambar di Photoshop? Berikut adalah penjelasan lebih lengkap yang bisa kamu simak.

  1. Buka Adobe Photoshop
  2. Persiapkan semua gambar yang akan kamu gabung nanti

Catatan: di sini gambar yang harus kamu siapkan adalah 2 gambar atau lebih.

Karena gambarnya akan digabung, jadi kamu menghilangkan latar belakang di salah satu gambar yang akan digabung. Hal ini bertujuan agar setiap gambar nantinya akan menjadi lebih dan tidak berantakan akibat background yang bertolak belakang.

  1. Jika gambarnya kompleks kamu perlu menggunakan Lasso tool, disarankan Magnetic lasso tool karena bisa mendeteksi objek yang akan kita seleksi nantinya.
  2. Klik kanan di layer
  3. Pilih Layer from Background, lalu pilih Lasso tool yang kamu inginkan. Setelah itu kamu bisa menyeleksinya secara perlahan-lahan di sekitar objek dan dari ujung ke ujung, lalu ketemu lagi di titik awalnya. Kemudian klik mask
  4. Rapikan gambarnya dengan membuat blur di pinggiran masking sehingga terlihat halus. Kamu bisa klik di layer Mask-nya, lalu atur Feathers-nya sesuai kebutuhan gambar. Semakin banyak maka semakin blur.
  5. Masukkan gambar-gambar yang ingin kamu gabungkan menggunakan shortcut CTRL + O. Kamu juga bisa menggunakan fitur open file secara manual.

Catatan: di sini kamu akan memulai memasukkan serta menggabungkan gambarnya. 

  1. Drag and Drop (Geser dan Taruh) gambarnya ke file kerja kamu tadi
  2. Selesai

Cara menggabungkan gambar di Photoshop sebetulnya sudah selesai sampai di sini. Hanya saja, gambar masih berantakan tanpa arah. Untuk memaksimalkan hasil editing, kamu bisa mengatur setiap komposisi dan unsur tiap gambarnya. Mulai dari transparansi, saturasi, hingga pengaturan layer.

Pengaturan layer memang sangatlah penting dalam tahapan cara menggabungkan gambar di Photoshop. Pengaturan ini akan menentukan apakah gambar akan saling tumpang tindih atau tidak. Lapisan yang ada di paling bawah akan menjadi latar belakang, sedangkan objek setelahnya harus berada di atas.

Apabila kamu sudah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya kamu hanya perlu menyimpan file tersebut.

Cara simpan file hasil gabungan gambar:

  1. Klik file di bagian kiri atas
  2. Klik save untuk menyimpan atau bisa juga menggunakan shortcut CTRL + S
  3. Untuk menyimpan dengan format lain kamu bisa klik save as
  4. Pilih ekstensi yang kamu inginkan untuk menyimpan hasil menggabungkan gambar tadi

Tips Cara Menyiapkan Gambar

Tips mengedit gambar
Sumber gambar: genbeta.com

Dalam tahap persiapan gambar, kamu harus memiliki beberapa ketentuan. Contohnya adalah menghapus latar belakang gambar seperti tadi. Tapi ada beberapa cara lain yang bisa kamu pakai untuk menyiapkan gambar. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Mengedit Gambar Secara Manual

Cara di atas termasuk ke dalam mengedit gambar secara manual. Selain menggunakan magnetic lasso tool, kamu juga bisa memakai beragam opsi lain. Contohnya saja menggunakan Magic wand tool untuk melakukan seleksi. Bisa juga menggunakan eraser atau penghapus yang bisa menghilangkan bagian gambar tertentu.

Selain mengedit bagian latar belakang, kamu juga bisa melakukan perubahan pada bagian tertentu. Sebagai contoh adalah menggabungkan dua gambar pada bagian kepala, tangan, atau bahkan pembuatan pemandangan alam yang memadukan beberapa spot sekaligus. Kelebihan dari mengedit secara manual ini adalah kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menggabungkan Gambar di Photoshop Menggunakan File PNG

Jika kamu ingin menggabungkan gambar tanpa menghapus background, cobalah untuk menggunakan gambar dengan format png yang sudah transparan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa website penghapus latar belakang yang tersedia di internet untuk bahan cara menggabungkan gambar di Photoshop. Kekurangan dari cara ini adalah keterbatasan sumber daya, kecuali jika ingin membuatnya sendiri.

Itulah penjelasan tentang cara menggabungkan gambar di Photoshop dengan mudah untuk pemula dari Kurotekno. Agar bisa menggunakan setiap fitur dengan sempurna, pastikan kamu melakukan pemasangan aplikasi Photoshop dengan benar. Jika perlu, cobalah untuk berlangganan agar lebih terjamin lagi keamanannya.