Walk In Interview: Arti, Teknis, Persiapan, dan Contoh Pertanyaannya

Walk In Interview: Arti, Teknis, Persiapan, dan Contoh Pertanyaannya

Kurotekno.com – Walk in interview merupakan salah satu hal yang ditunggu para kandidat. Sebab, di momen tersebut, proses melamar kerja bisa berlangsung singkat.

Namun, mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang apa itu yang sebenarnya dimaksud dengan walk in interview.

Selain itu, mungkin ada juga yang penasaran soal apa saja yang bisa dilakukan agar sukses menjalani walk in interview.

Tak perlu khawatir. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Glints akan menyuguhkan penjelasannya dalam artikel kali ini. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Walk In Interview?

© Freepik.com

Melansir PeopleHum, walk in interview adalah sesi wawancara layaknya temu dan sapa informal yang diatur oleh perusahaan untuk merekrut sekelompok kandidat dalam waktu singkat.

Tidak seperti wawancara terjadwal, kamu tidak perlu membuat janji resmi dengan pihak rekruter untuk sesi ini.

Sebab, perusahaan akan mengadakannya ketika mereka berencana untuk merekrut sejumlah orang pada saat yang bersamaan, seperti dalam job fair.

Jenis wawancara ini tidak berlangsung lama dan hanya ada beberapa pertanyaan penting yang akan diajukan oleh para rekruter.

Dari segi teknis, tidak ada perbedaan yang signifikan antara walk in interview dengan perekrutan atau interview pekerja secara konvensional.

Perusahaan akan menerima surat lamaran, portofolio serta dokumen lain yang dibutuhkan, dilanjutkan dengan mewawancarai pelamar kerja.

Wawancara dilakukan untuk memastikan pelamar kerja cocok atau tidak di posisi yang tersedia.

Bedanya, proses perekrutan berlangsung lebih cepat karena calon pekerja tidak perlu menunggu respons lamaran hingga berhari-hari atau berbulan-bulan.

Pelamar kerja bisa mendapatkan kepastian apakah lamarannya diterima atau tidak sesegera mungkin.

Teknis Walk In Interview

© Freepik

Setelah mendapatkan informasi tentang apa itu walk in interview, kamu juga perlu tahu teknis atau tata cara pelaksanaan walk in interview.

Kegiatan ini biasanya terbuka untuk umum dengan sasaran utama para job seeker. Lokasinya kebanyakan di hall, hotel, atau tempat besar lainnya.

Waktu pelaksanaan tidak dilakukan sepanjang tahun, melainkan bersifat kondisional, hanya beberapa hari atau pekan saja. Durasi penyelenggaraannya juga menyesuaikan kesiapan dan kebutuhan perusahaan.

Penyelenggara walk in interview biasanya adalah perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan kuota yang cukup banyak.

Mereka ditempatkan dalam booth–booth yang tertata sehingga kamu bisa dengan mudah memasukkan lamaran dan melakukan wawancara dengan perusahaan tertarget.

Kamu juga bisa mengambil brosur terkait promosi dan info perusahaan ketika mendatangi booth-booth tersebut.

Di luar itu, terkadang ada pula perusahaan yang membuka sesi wawancara singkat ini di kantor mereka.

Singkat kata, perhelatan walk in interview ibarat pasar tenaga kerja, di mana di dalamnya terdapat interaksi konkret antara perusahaan pencari tenaga kerja dengan para job seeeker..

Dikarenakan teknis perekrutannya melalui wawancara langsung, kamu harus menyiapkan fisik dan mental agar bisa tampil prima dan menyakinkan, hingga kemudian diterima di perusahaan impian.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan

© Freepik

Kamu tidak bisa datang ke lokasi walk in interview dengan tangan kosong. Ibarat berperang, kamu butuh sejumlah amunisi agar menang dan mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, tidak hanya pengetahuan tentang apa itu walk in interview yang harus kamu kantongi. Kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah hal yang harus dipersiapkan dalam walk in interview.

Ini dia sejumlah hal yang harus kamu siapkan sebelum datang ke tempat walk in interview:

1. Melakukan riset

Kamu tidak bisa datang ke tempat walk in interview dengan kepala kosong. Sebelumnya, kamu harus mencari informasi tentang perusahaan peserta walk in interview.

Selain itu, kamu juga harus memilih beberapa lowongan kerja dengan posisi yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Pastikan pula penyelenggara dan perusahaan penyelenggara benar-benar terpercaya dan bebas penipuan.

Tanpa riset, kamu mungkin akan kebingungan ketika memasuki area walk in interview.

Waktu dan energimu bisa saja habis dengan berkeliling-keliling sambil galau memilih booth perusahaan mana yang harus kamu datangi.

2. Mempersiapkan sejumlah dokumen

Sebagaimana telah disinggung di penjelasan sebelumnya, walk in interview pada dasarnya seperti proses melamar kerja biasa.

Maka dari itu, kamu perlu membawa sejumlah dokumen yang mendukung kelancarannya seperti surat lamaran kerja, cover letter, biodata diri, pas foto, portofolio, serta dokumen lainnya yang dirasa penting.

Pastikan semua dokumen itu berada dalam kondisi yang rapi dan bersih, tidak kotor apalagi terlipat. Dokumenmu akan segera diperiksa dan dibaca oleh pihak perusahaan sembari mereka mewawancaraimu.

Menurut Naukri, Kondisi dokumen yang siaga dan prima akan menambah nilai positif kamu di mata perusahaan.

3. Mempersiapkan diri

Sebagus apa pun dokumen yang kamu bawa, tidak akan ada artinya ketika kamu tidak punya cukup rasa percaya diri.

Jadi, siapkanlah mentalmu dengan baik, sehingga kamu bisa menjawab setiap pertanyaan dalam wawancara kerja dengan baik dan bebas grogi.

Kamu harus meyakinkan diri bahwa kamu punya cukup kualitas untuk diterima kerja di perusahaan yang kamu pilih.

Berpakaian dengan baik dan cukup makan dan minum juga merupakan bagian dari persiapan diri yang tidak boleh diabaikan.

Usahakanlah agar kamu memakai pakaian yang sopan, bersih dan rapi. Kamu bisa membawa makanan atau cemilan agar tercegah dari kelaparan dan kehausan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan dalam Walk In Interview

Kesiapan mental dan rasa percaya diri biasanya terkikis dalam walk in interview ketika kamu bingung menjawab sejumlah pertanyaan dalam wawancara.

Terlebih, jika kamu berstatus fresh graduate dan belum berpengalaman. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang biasanya diajukan dalam interview kerja.

Adapun hal-hal yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja di antaranya:

1. Silakan ceritakan tentang diri kamu

Dengan menanyakan pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui sejauh mana kamu mengenal dirimu.

Sebab, jika kamu telah mengenal diri sendiri dengan baik, sudah bisa dipastikan kamu juga bisa bekerja dengan baik.

Ceritakanlah dirimu sendiri dengan penuh percaya diri dan tidak dibuat-buat. Jangan sampai kamu bersikap manipulatif, karena ini akan sangat merugikan.

2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?

Pertanyaan ini masih berkaitan dengan yang pertama di mana kamu masih harus menceritakan tentang dirimu, lebih spesifik ke kelebihan dan kekuranganmu.

Kamu harus menjawab dengan konsisten, yakni bersikap apa adanya dan penuh percaya diri.

Pertanyaan jenis ini akan membuat pewawancara menganalisis tingkat kepercayaan diri dan kejujuranmu dalam menerima keadaan diri sendiri.

3. Apa alasan kamu melamar ke perusahaan ini?

Menurut The Balance Careers, pertanyaan ini lazim ditanyakan dalam walk in interview.

Kamu harus memiliki motif yang tepat ketika melamar kerja di suatu perusahaan. Artinya, kamu ingin bekerja bukan karena iseng atau untung-untungan belaka.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus terlebih dahulu melakukan riset tentang profil perusahaan, lantas menyesuaikan posisi yang kamu lamar dengan passion dan kemampuanmu.

Cara ini akan membuat jawabanmu terdengar realistis dan meyakinkan.

4. Mengapa kami harus merekrut kamu?

Ketika mendapatkan pertanyaan semacam ini, kamu bisa menceritakan tentang kualitasmu, menyesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kamu bidik di perusahaan tersebut.

Kamu juga harus mengetahui visi dan misi perusahaan sehingga jawaban yang nantiya terlontar akan mendukung kemajuan perusahaan.

Demikianlah informasi lengkap seputar walk in interview hingga strategi terbaik untuk menjalankannya.

Intinya, kunci sukses walk in interview ada di riset, persiapan, serta bekal mental dan rasa percaya diri yang tinggi. Agar tidak bingung, jangan lupa untuk catat semua tips dan trik yang sudah Glints berikan di atas, ya!

Nah, selain pemaparan di atas, kamu bisa simak informasi lain yang serupa dengan mengunjungi kanal tips interview di Glints Blog.

Di sana, terdapat banyak pembahasa seputar tips sukses menjalankan wawancara yang sudah Glints siapkan dalam artikel ringkas khusus untuk kamu.

Menarik bukan? Yuk, langsung cek kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis!

Sumber

    How to Prepare for a Walk-In-Interview?

    Walk in Interview

    What is a walk-in interview?

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: